5 DAFTAR SAYUR, BUAH DAN UMBI YANG MENGANDUNG OKSALAT TINGGI PENYEBAB SAKIT GINJAL  AKUT - Sebelumnya saya telah bahas satu persatu tentang manfaat dan efek samping mengkonsumsi sayur dan buah. Jadi agar Anda tidak bingung, maka saya akan mengelompokkan sayur dan buah yang mengandung oksalat tinggi yang dapat merusak fungsi dari ginjal Anda. Seperti yang kita tahu bahwa organ ginjal merupakan organ yang sangat penting yang dapat menetralisir racun yang berasal dari makanan yang kita makan. Jika kesehatan ginjal kita terganggu, otomatis tubuh akan mudah terpapar oleh racun sehingga menyebabkan berbagai macam penyakit.

Sayur dan buah yang kita makan, tidak saja mengandung banyak sekali manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Namun, bagi Anda yang memiliki masalah atau beresiko terkena gangguan ginjal sebaiknya menghindari makanan yang akan memperparah kondisi ginjal Anda. Anda pasti tahu kan..? Jika ginjal telah rusak dan tidak berfungsi, pengobatan dan perawatannya sangat mahal, sekali cucu darah saja telah menghabiskan ratusan juta.

Nah sebelum hal ini terjadi pada diri Anda, sebaiknya kenali buah dan sayur yang dapat memperparah kondisi ginjal Anda. 

1. SAWI PUTIH

5 DAFTAR SAYUR, BUAH, UMBI YANG MENGANDUNG OKSALAT TINGGI PENYEBAB SAKIT GINJAL AKUT

Sawi putih mengandung banyak sekali vitamin dan mineral penting yang sangat baik untuk kesehatan. Selain itu kandungan seratnya juga tergolong tinggi, namun rendah kalori. Khasiatnya dapat menurunkan kolesterol jahat, mencegah serangan jantung, mencegah diabetes melitus, membantu proses pembekuan darah dengan cepat pada saat kita terluka, dan yang lebih hebat lagi adalah mampu menangkal  kanker.

Tapi sayang sekali, bagi seseorang yang menderita gangguan ginjal untuk menghindari konsumsi sayur yang lezat ini dalam bentuk olahan apapun. Agar kondisi ginjal Anda tidak semakin parah. Penyebabnya adalah karena kandungan asam oksalat pada sayuran ini terlalu tinggi. Jika Anda tetap mengkonsumsi sayuran ini maka asam oksalat akan membentuk kristal - kristal jarum yang tajam membentuk batu ginjal dan menumpuk pada saluran kemih. Lama kelamaan akan menyebabkan Anda terkena penyakit gagal ginjal yang dapat saja berujung pada kematian.


DAFTAR SAYUR DAN BUAH YANG MENGANDUNG OKSALAT TINGGI MENYEBABKAN GANGGUAN GINJAL

Talas tidak hanya banyak dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam makanan olahan yang nikmat. Talas juga mengandung vitamin dan mineral penting. Selain itu, sebagian orang memanfaatkan talas sebagai bahan dalam pembuatan obat herbal.

Namun, talas juga mengandung senyawa kalsium oksalat yang sangat tidak baik untuk kesehatan ginjal Anda. Tidak hanya itu, kalsium oksalat juga mempengaruhi kesehatan kulit dengan menyebabkan gatal - gatal pada kulit dan juga mulut.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus mengolah talas dengan benar sehingga aman untuk dikonsumsi. Untuk menghilangkan senyawa oksalatnya, Anda dapat melakukan hal - hal sebagai berikut :

  • Talas di cuci bersih selama 5 menit dengan perbandingan air yaitu 1 : 4
  • Lalu talas yang telah bersih, direndam dengan larutan garam selama 20 menit.
  • Terakhir, talas dicuci kembali hingga benar - benar bersih.
3. TERUNG

DAFTAR SAYUR DAN BUAH YANG MENGANDUNG OKSALAT TINGGI MENYEBABKAN GANGGUAN GINJAL

Terung merupakan jenis sayuran yang selama ini dianggap sepele. Namun, tahukah Anda dalam sayuran terung ini terdapat kandungan nutrisi yang sangat ampuh dalam mengatasi berbagai macam penyakit, seperti menstabilkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, mencegah rematik, meningkatkan gairah seksual pada wanita/ pria dewasa, sumber antioksidan dan yang lebih dahsyat lagi terung mampu mencegah penyakit kanker yaitu penyakit yang paling ditakuti oleh semua orang.



Tapi bagi Anda yang menderita gangguan ginjal atau telah menderita penyakit ginjal untuk menghindari konsumsi sayuran terung ini. Karena sayur terung mengandung kalsium oksalat yang sangat tinggi yang akan memperparah penyakit Anda terutama pada bagian organ ginjal.

4. BUNCIS

DAFTAR SAYUR DAN BUAH YANG MENGANDUNG OKSALAT TINGGI MENYEBABKAN GANGGUAN GINJAL

Khasiat buncis, kurang lebih sama dengan khasiat yang terdapat pada terung. Sayuran ini merupakan sayuran rendanh kalori yang dapat meningkatkan kolesterol baik dan menekan kolesterol jahat didalam tubuh. Kandungan seratnya, mampu menjaga sistem pencernaan, dengan begitu sampah yang terdapat pada usus dengan mudah dapat dikeluarkan. Sayuran ini juga sangat baik bagi ibu yang sedang hamil karena mengandung asam folat yang cukup tinggi untuk menghindari bayi cacat. Untuk mencukupi kandungan zat besi harian Anda, Anda juga dapat memanfaatkan sayuran ini untuk dikonsumsi.

Tapi karena kandungan oksalatnya tergolong tinggi maka bagi penderita gangguan ginjal, dilarang untuk mengkonsumsi sayuran ini.

5. BELIMBING BUAH

DAFTAR SAYUR DAN BUAH YANG MENGANDUNG OKSALAT TINGGI MENYEBABKAN GANGGUAN GINJAL

Siapa sih yang tidak tergoda untuk menikmati buah yang segar ini, apalagi pada saat cuaca panas begini. Selain rasanya yang segar manis, buah belimbing ini juga memiliki kandungan vitamin C yang melimpah yang dapat dimanfaatkan sebagai antiinflamasi, analgesik, dan deuretik.

Namun bagi penderita penyakit tertentu dilarang untuk mengkonsumsi buah yang satu ini, seperti bagi penderita ginjal dan diabetes. Ahli penyakit ginjal yaitu Med Salim Lim dalam sebuah seminar yang diadakannya mengatakan bahwa jika orang sehat yang mengkonsumsi buah belimbing ginjal mampu membuang dan menyaringnya sedangkan bagi penderita gangguan ginjal, racun tidak dapat dibuang, bahkan dapat memperparah kondisi ginjal.

Hal lain yang harus Anda waspadai adalah didalam buah belimbing terdapat kandungan neurotoksin. Yaitu suatu zat yang sangat mempengaruhi terhadap kerja otak dan saraf. Bagi penggemar buah ini untuk berhati - hati, jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah ini.

Demikian dulu ya Sahabat Qu yang Smart, lain waktu akan saya sambung lagi. Berhubung telah lewat waktu makan siang, saya mau makan dulu 😊

Sumber : TIP

0 komentar

Post a Comment