June 25, 2018

Kelengkapan Dokumen, dan Cara Mengurus Akte Kelahiran Anak Dengan Cepat

Kelengkapan Dokumen, dan Cara Mengurus Akte Kelahiran Anak Dengan Cepat - Apakah Anda memiliki rencana ingin mengurus akte kelahiran anak Anda?. Jika iya, sebaiknya Anda cek semua kelengkapan dokumen sebelum mulai mengurusnya. Jika Anda tidak ingin bolak - balik kesana kemari dan menghabiskan banyak waktu. Apalagi jika Anda seorang pekerja yang sibuk. Pastinya ingin jika mengurus apapun, bisa segera selesai tanpa harus bolak balik karena lupa bawa kelengkapan dokumen inilah itulah..

Baiklah, sebelum Anda mulai mengurus akte anak, pastikan Anda telah memiliki Surat Keterangan lahir anak dari Dokter atau Bidan yang membantu persalinan Anda sebelumnya. Selanjutnya, datangi Kantor Lurah setempat. Disana Anda akan diminta mengisi data - data anak yang ingin dibuat Akte Kelahirannya. Data yang Anda isi tidak sulit kok, seperti Nama anak, Tanggal lahir, Nama orang tua dan lain - lain.

Jangan lupa juga sertakan foto copy KTP saksi sebanyak 2 orang, boleh dari kakek neneknya yang memiliki KTP yang sama dengan Domisili kita tinggal, contohnya untuk membuat Akte Kelahiran anak yang tinggal di Kota Pekanbaru, saksinya harus tinggal di Kota Pekanbaru juga.

Untuk lebih jelasnya, apa saja Dokumen yang harus Anda sertakan adalah sebagai berikut :

  1. Akte Kelahiran Asli dari Dokter/ Bidan + Foto Copy
  2. Kartu Keluarga Asli + Foto Copy
  3. Formulir/ Blanko yang berisi data anak dari Lurah
  4. Foto Copy KTP Orang Tua dan Saksi, masing - masing 2 Lembar
  5. Foto Copy Surat Nikah, 2 Lembar
  6. Membayar Rp 50.000, jika usia anak telah lebih dari 3 bulan.
Kelengkapan di atas, lalu di bawa ke Kantor Camat. Setelah petugas disana mengecek semua kelengkapan, maka kita akan dibuatkan Tanda Terima untuk pengambilan Akte Anak dan Kartu Keluarga yang baru. Jadi Kartu Keluarga Asli yang sebelumnya akan diambil, nantinya akan diganti dengan Kartu Keluarga yang baru.

Silahkan tunggu 1 bulan atau lebih tergantung, kapan Anda mulai mengajukan pengurusan. Maksudnya, saya pribadi hari itu seminggu sebelum Bulan Puasa mengantarkan berkas - berkasnya, sampai saat ini belum selesai, katanya karena kemaren Libur Lebaran jadi lama selesai, gak tau seminggu lagi apa udah selesai atau belum. Mudah - mudah aja selesai karena saya perlu banget Kartu Keluarga yang asli.

Demikianlah kelengkapan dokumen yang harus Anda siapkan untuk mengurus Akte Kelahiran anak, semoga bermanfaat ya.




1 comment:


  1. Terimakasih atas informasinya, semoga sukses selalu dan Silahkan Kunjungi website kami ^^
    Obat Herbal Glaukoma

    ReplyDelete