Tahukah Anda ? Ternyata Talas Atau Keladi Merupakan Sumber Vitamin A dan C ! Tapi Hati – Hati Dengan Efek Sampingnya ! – Talas merupakan sejenis umbi khas Asia yang memiliki nama  botani Colocasia esculenta atau yang biasa disebut dengan keladi. Ternyata ada 200 jenis varietas talas atau keladi yang tumbuh di daerah tropis, ada yang dapat dimakan dan ada juga yang tidak bisa dimakan.

Talas jarang sekali di konsumsi, jikapun ada tidak sebanyak konsumsi ubi atau singkong. Biasanya orang hanya memanfaatkan batangnya untuk dibuat gulai yang dimasak dengan campuran siput. 
Namun, dalam budaya Cina, talas rebus merupakan hidangan yang sangat disukai. Namun akhir – akhir ini orang telah banyak mengolah talas menjadi berbagai macam kudapan maupun kue.
Selain untuk dinikmati, adakah manfaat talas bagi kesehatan..? berikut penjelasannya buat Anda :

Tahukah Anda ? Ternyata Talas Atau Keladi Merupakan Sumber Vitamin A dan C ! Tapi Hati – Hati Dengan Efek Sampingnya !


1. SEBAGAI PENGGANTI NASI

Umbi talas sangat tinggi kandungan karbohidrat sehingga sangat baik jika dijadikan sebagai pengganti nasi atau gandum. Dengan mengkonsumsi umbi talas perut akan terasa kenyang dan dapat memberikan energi tambahan bagi tubuh. Sedangkan pada daun talas, hanya terdapat sedikit kandungan energi tapi kaya vitamin dan mineral.

2. KAYA KANDUNGAN PROTEIN

Ternyata umbi talas mengandung protein yang lebih tinggi dari pada makanan pokok yang lain seperti beras, singkong dan sagu. Protein sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Jadi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein, Anda dapat memanfaatkan umbi talas.

3. KAYA MINERAL PENTING

Umbi dan daun talas kaya akan mineral penting seperti fosfor dan kalsium. Kedua mineral ini merupakan mineral makro yang harus tersedia dalam jumlah cukup. Selain daun talas kaya akan kandungan kalsium, daun talas juga kaya kandungan zat besi.

4. SUMBER VITAMIN A DAN VITAMIN C

Daun talas merupakan sumber vitamin A dan C yang sangat baik. Ini merupakan alternatif lain selain dari vitamin A yang terdapat pada wortel. Vitamin A pada daun talas sangat dipengaruhi oleh kandungan beta- karoten yang terdapat didalamnya. 

Untuk mendapatkan manfaat vitamin A dan C yang optimal, Anda harus secepat mengolah daun talas agar kandungan gizinya tidak hilang. 


1. MENYEBABKAN ALERGI

Tanaman talas atau keladi banyak mengandung kalsium oksalat. Sebagian orang, ada yang peka terhadap kalsium oksalat akan merasa gatal dimulutnya setelah mengkonsumsi talas tersebut.

2. MENGGANGGU KESEHATAN GINJAL

Selain akan merasa gatal dimulut, kalsium oksalat juga sangat berbahaya bagi kesehatan ginjal. Kalsium oksalat akan membentuk batu ginjal yang akan menyumbat saluran kemih.
Nah itulah, manfaat, kandungan gizi serta efek samping atau bahaya mengkonsumsi talas atau keladi bagi kesehatan. Namun jika Anda tidak memiliki masalah kesehatan, tentu Anda dapat mengkonsumsi makanan ini berapa pun Anda mau, asal jangan berlebihan. Semoga bermanfaat ya.

Sumber : Agro Media

0 komentar

Post a Comment