HOME SPA BAG-2 : CARA MEMBUAT LOTION WAJAH DENGAN MINYAK ESENSIAL UNTUK MEREGENERASI SEL KULIT MATI AGAR WAJAH LEBIH SEGAR – Pemakaian kosmetik yang salah, berbahaya dan sering berada di bawah sinar matahari dapat membuat kulit wajah menjadi kusam dan tidak bercahaya. Hal ini tentu saja merupakan masalah yang sangat besar bagi seorang perempuan. Jika tidak segera di lakukan perawatan dengan rutin maka kulit wajah akan semakin kehilangan kesegarannya. Produksi sebum yang terdapat di dalam kulit wajah dalam batas normal dapat di stimulasi dengan menggunakan lotion wajah. Lotion merupakan zat yang mengandung bahan dasar air dan minyak, termasuk di dalamnya minyak esensial aromatik. Kandungan lotion lebih banyak menngandung air dibandingkan dengan krim sehingga membuat bahan – bahan formulanya lebih sedikit. Lotion wajah berbahan dasar minyak mawar dan minyak cendana dapat membantu meregenerasi sel – sel kulit mati dan membuat kulit wajah Anda tampak lebih segar.

Untuk membuat lotion wajah membutuhkan minyak mawar dan minyak cendana, serta bahan pengisi lotion, dan pilihlah bahan pengisi lotion yang tidak beraroma wangi agar dapat bekerja maksimal. Sebelum Anda mengetahui cara membuat lotion wajah menggunakan bahan dasar dari minyak cendana dan minyak mawar, sebaik Anda ketahui dulu kandungan yang terdapat pada bahan – bahan tersebut sebagai berikut :

Home SPA Bag-2 : Cara Membuat Lotion Wajah Menggunakan Minyak Esensial Untuk Meregenerasi Sel Kulit Agar Lebih Segar

MINYAK ESENSIAL MAWAR ( ROSE OIL )

Minyak mawar ini diperoleh dengan cara destilasi bunga, komponen kimia yang terdapat di dalamnya adalah berupa bahan aktif dari senyawa sitronelol, geraniol, alkana, dan alkena. Proses destilasi yang sempurna akan menghasilkan minyak mawar yang jernih dengan wewangian bunga mawar segar yang semerbak.

MINYAK ESENSIAL CENDANA ( SANDALWOOD OIL )

Minyak cendana di peroleh dari destilasi kayu cendana. Komponen kimia bahan aktifnya berupa senyawa cis-α-santalol dan cis-β-sanatalol. Minyak ini berwarna aagak pekat dan ada yang berwarna kuning pucat hingga kuning terang. Aroma wewangiannya khas aroma kayu ketimuran, manis, eksotis, bersifat tahan lama dan tidak menyengat.



KHASIAT DARI KOMBINASI MINYAK ESENSIAL

Minyak mawar sangat cocok untuk merawat kulit wajah menjadi halus dan mengembalikan kontur wajah kembali normal. Minyak cendana memiliki fungsi sebagai pelembut permukaan pori kulit wajah. Saat minyak esensial telah meresap kedalam pori – pori kulit dan terbawa aliran darah maka khasiatnya sebagai emolien ( penghalus kulit ) akan terasa. Selain itu, minyak cendana dapat menyeimbangkan kulit kering dan berminyak sehingga lebih dikenal dengan nama wonderful balancing oil.


1. CARA PERTAMA
  • Siapkan wadah bersih untuk membuat campuran formula lotion wajah.
  • Larutkan 2 ½ sendok makan butter coklat atau bahan emolien lain yang netral dalam 7,5 ml air mawar. Bubuhkan masing – masing minyak cendana 20 tetes dan minyak mawar 2 tetes, aduk sampai tercampur rata.
  • Tempatkan lotion tersebut pada botol berwarna gelap yang telah steril, tutup rapat.
  • Gunakan lotion wajah ini dua kali sehari, yaitu pada saat pagi sebelum memakai riasan dan malam sebelum tidur. Lotion ini dapat mengatasi masalah kulit kering dan menghilangkan garis – garis kerutan di bawah kelopak mata.
2. CARA KEDUA
  • Siapkan wadah bersih untuk membuat campuran lotion wajah.
  • Ambil 30 gram lanolin, masukan dalam wadah di atas kukusan, panaskan hingga terbentuk lapisan cair yang tipis.
  • Bubuhkan minyak jojoba kedalamnya, lalu aduk rata dalam suhu pemanasan sedang. 
  • Di tempat berbeda, panaskan 9 ml air mawar pada suhu yang sama. Lalu campurkan perlahan kedalam campuran lanolin tadi sambil diaduk dengan cepat secara terus menerus. Angkat. 
  • Jika campuran telah dingin merata, bubuhkan 20 tetes minyak cendana dan aduk kembali hingga rata.
  • Simpan lotion tersebut didalam botol berwarna gelap yang telah steril, lalu simpan di tempat yang sejuk.
Demikian beberapa cara membuat lotion wajah menggunakan minyak esensial untuk meregenerasi sel – sel kulit mati agar kulit wajah kelihatan lebih segar. Anda dapat memilih salah satu dari cara di atas untuk Anda praktekkan.  Semoga bermanfaat ya.

0 komentar

Post a Comment