February 2, 2018

Pengertian Shalat Sunnah Taubat, Waktu Mengerjakan, Jumlah Rakaat dan Tata Caranya Lengkap

Pengertian Shalat Sunnah Taubat, Waktu Mengerjakan, Jumlah Rakaat dan Tata Caranya Lengkap -Sholat Sunnah Taubat adalah Sholat Sunnah yang sangat dianjurkan bagi setiap kaum muslimin. Mengapa demikian? Karena kita tahu bahwa setiap hari kita tidak luput dari segala dosa, baik itu dosa besar maupun dosa kecil yang selalu kita anggap biasa. Jika dosa - dosa tadi tidak kita bersihkan maka dosa tersebut akan menggunung dan akan menjadi adzab bagi kita baik di dunia maupun di akhirat.

Jika kita terlanjur melakukan dosa maupun kemaksiatan maka segera mengucapkan Istigfar. Bunyi kalimat istighfar yaitu Astaghfirullahal Adzim, kemudian bertaubat dan berjanji untuk tidak melakukan dosa itu lagi. Agar diterimanya Taubat kita maka kita harus Bertaubat dengan Tata Cara Bertaubat yang Benar. Oleh karena itu kita dianjurkan Sholat Taubat sebagai langkah awal untuk memperbaiki segala dosa dan kesalahan. 

Pengertian Shalat Sunnah Taubat, Waktu Mengerjakan, Jumlah Rakaat dan Tata Caranya Lengkap


Perhatikan Hadits berikut :

حَدَّثَنَا أَبُو كَامِلٍ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي زُرْعَةَ عَنْ عَلِيِّ بْنِ رَبِيعَةَ عَنْ أَسْمَاءَ بْنِ الْحَكَمِ الْفَزَارِيِّ قَالَ سَمِعْتُ عَلِيًّا كَرَّمَ اللَّهُ وَجْهَهُ قَالَ كُنْتُ إِذَا سَمِعْتُ مِنْ
رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَدِيثًا نَفَعَنِي اللَّهُ بِهِ بِمَا شَاءَ أَنْ يَنْفَعَنِي مِنْهُ وَإِذَا حَدَّثَنِي غَيْرُهُ اسْتَحْلَفْتُهُ فَإِذَا حَلَفَ لِي صَدَّقْتُهُ وَحَدَّثَنِي أَبُو بَكْرٍ وَصَدَقَ أَبُو بَكْرٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا مِنْ عَبْدٍ مُؤْمِنٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا فَيَتَوَضَّأُ فَيُحْسِنُ الطُّهُورَ ثُمَّ يُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ فَيَسْتَغْفِرُ اللَّهَ تَعَالَى إِلَّا غَفَرَ اللَّهُ لَهُ ثُمَّ تَلَا وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ

Artinya : Dari Ali dari Abu Bakar AsShidiq ia berkata, Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “siapapun dari hamba yang beriman, ia melakukan sebuah dosa, kemudian ia berwhudhu’ dan ia membaguskan wudhu’nya kemudian ia sholat dua rakaat, lalu ia meminta ampun kepada Allah, maka Allah akan ampunkan dosanya. 
Kemudian beliau membacakan ayat Al-Qur’an yang artinya sebagai berikut” Dan orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri., mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. (Qs: Al-Imran 135)

وَالًّذِيْنَ اِذَا فَعَلُوا فَاخِشَةً أَوْ ظَلَمُوْا أنْفُسَهُمْ ذَكَرُاللهَ فَإسْتَغْفَرُوْا لِذُنُوْبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُالذُّنُوْبَ إلَّا الله وَلَمْ يُسِرُّوْا عَلَى مَا فَعَلُوْا وَهُمْ يَعْلَمُوْنِ

Perhatikan Hadits berikut yang memuat anjuran bagi siapa saja yang melakukan dosa dan kemaksiatan, maka segera bertaubat untuk memohon ampunan

Waktu Mengerjakan Sholat Sunnah Taubat
Apakah masih butuh untuk melakukan sholat Taubat. Karena Amalan ini termasuk yang dianjurkan oleh Nabi maka seharusnyalah kita harus mengamalkannya. Mengamalkan suatu kebaikan walaupun sedikit saja tetap akan mendapatkan Pahala. Sebelum Kita membahas Tata Cara Sholat Sunnah Taubat alangkah baiknya kita harus mengetahui hal-hal sebelum lelakukan sholat sunnah Taubat, Sholat Sunnah Taubat ini seharusnya dilakukan setiap hari untuk waktu melaksanakan sholat sunnah taubat yang bagus adalah setelah habis sholat Magrib, kemudian melakukan sholat Sunnah Awwabin ( Shalat Sunnah yang dijalankan diantara waktu Maghrib dan Isya, lalu disambung dengan sholat Sunnah Taubat. Merenungi kesalahan selama satu hari yang tertinggal kemudian persiapkan untuk melakukan Thaharoh (berwudlu).

Jumlah Rakaat Sholat Taubah
Mengenai Jumlah Rakaat Sholat Sunnah Taubat 2 atau 4 rakaat dengan 2 salam. ini saja jika dilakukan dengan Istiqomah, insyaAllah akan membawa kebaikan pada diri kita. Jika sudah melakukan Sholat Taubat dengan benar kemudian disambung dengan berdzikir memohon ampun pada Allah agar segala dosa-dosa kita diampuninya.

Tata Cara Sholat Taubat

1. Bacaan atau lafadz niat sholat taubat adalah sebagai berikut :

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّوْبَةَ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى. الله اكبر

 Ushalli Sunnatat Taubata Rak’ataini Lillahi Ta’ala. Allahu Akbar

 Artinya: Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah. Allah Maha Besar

 2. Doa sholat taubat 

 Setelah selesai sholat taubat, kemudian berdzikir setelah sholat, kemudian membaca doa sholat taubat dengan Bacaan doa sholat taubat adalah sebagai berikut :

اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمَ الَّذِىْ لَااِلَهَ اِلّاَهُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَاَتُوْبُ اِلَيْهِ تَوْبَةَ عَبْدٍ ظَالِمِ لَايَمْلِكُ لِنَفْسِهِ ضَرًّاوَلاَ نَفْعًا وَلَامَوْتاً وَلَاحَيَاةً وَلَانُشُوْرًا.

 Artinya : saya memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung, saya mengakui bahwa tiada Tuhan selain Allah, Tuhan yang hidup terus dan selalu mengawasi, saya memohon taubat kepada-Nya, selaku taubatnya seorang hamba yang banyak berdosa, yang tidak mempunyai daya upaya untuk berbuat mudharat atau manfaat untuk mati atau hidup maupun bangkit nanti.

 3. Memperbanyak Istighfar

 Pada Sholat Taubat, sangat dianjurkan untuk memperbanyak membaca Istighfar. Bacaannya adalah sebagai berikut : 

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَااِلَهَ اِلّاَ اَنْتَ. خَلَقْتَنِى وَاَنَاعَبْدُكَ وَاَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااسْتَطَعْتُ. اَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ مَاصَنَعْتُ اَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَىَّ وَاَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْلِى فَاِنَّهُ لَايَغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلَّا اَنْتَ

Artinya : Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hamba-Mu. Dan aku pun dalam ketentuan serta janji-Mu sedapat mungkin aku lakukan. Aku mohon berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah Engkau ciptakan, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tidak ada yang dapat memberi pengampunan, kecuali hanya Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan dari segala kejahatan apa yang kulakukan.

Demikian Pengertian Shalat Sunnah Taubat, Waktu Mengerjakan, Jumlah Rakaat dan Tata Cara Pelaksanaannya. Semoga kita semua mampu menjalankannya dengan ikhlas karena Allah. Aamiin..

No comments:

Post a Comment