PERBEDAAN BATU EMPEDU DAN BATU GINJAL, PENYEBAB, GEJALA SERTA RAMUAN HERBAL UNTUK MENGATASINYA SECARA LENGKAP – Kadang kita berpikir bahwa sakit batu empedu dengan batu ginjal itu sama saja. Tapi ternyata penyakit tersebut berbeda penyebab, gejala serta ramuan herbal yang harus diberikan kepada sipenderita. Baiklah untuk lebih jelasnya mari disimak artikelnya dibawah :

BATU EMPEDU

Perbedaan Batu Ginjal Dan Batu Empedu, Penyebab, Gejala Serta Ramuan Herbal Untuk Mengatasinya Secara Lengkap

Batu empedu merupakan suatu keadaan terbentuknya batu dalam kantung empedu. Batu yang terdapat pada kantung empedu biasanya tidak menimbulkan gejala. Namun jika batu tersebut telah menyumbat saluran empedu atau mengakibatkan peradangan pada kantong empedu akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

PENYEBAB BATU EMPEDU

Batu empedu kebyakan terbentuk dari kolesterol yang larut di dalam empedu. Selain kolesterol, batu empedu juga terbentuk dari  campuran biliburin dan kolesterol atau biliburin dan kalsium. Batu empedu terbentuk karena telah lama tersimpan dalam kantong empedu, kemudian batu berjalan mengikuti aliran darah ke saluran empedu dan menyangkut disana.

GEJALA YANG DITIMBULKAN

Batu empedu tidak menimbulkan gejala, hanya pada saat terjadi peradangan akan terasa nyeri akut pada bagian atas perut sebelah kanan dan menjalar hingga ke punggung. Umunya serangan datang setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi. Gejala lain yang ditimbulkan adalah penyakit kuning jika batu empedu telah menyumbat saluran empedu, mual, muntah, gas dalam perut, sendawa, kolik, berkeringat, kedinginan dan feses berwarna coklat.

RAMUAN HERBAL UNTUK MENGATASINYA

RAMUAN 1

- 30 gram daun keji beling segar
- 15 gram daun ungu segar
- 100 gram rambut jagung
- Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, lalu saring dan minum           2 x 1 hari.

RAMUAN 2

- 30 gram daun kumis kucing kering/ 60 gram daun kumis kucing segar
- 7 tongkol jagung muda yang belum ada bijinya
- 25 gram kunyit, potong – potong
- Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, lalu saring dan minum           2 x 1 hari.

RAMUAN 3

- 30 gram daun tempuyung segar
- 10 gram daun sambiloto kering
- Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 600 cc air hingga tersisa sebagian, lalu saring dan                   minum 2 kali sehari.

RAMUAN 4

- 4 gelas jus apel
- ½ gelas air lemon
- ¼ gelas minyak zaitun
- Minum jus apel selama 5 hari. Pada hari ke 6 lakukan puasa, pada saat berbuka minum air putih         ditambah garam inggris. Pada pukul 8 minum campuran air lemon dan minyak zaitun.

Pilih salah satu resep yang mudah buat Anda, jika keluhan serius maka konsultasikan ke dokter.

BATU GINJAL

Perbedaan Batu Ginjal Dan Batu Empedu, Penyebab, Gejala Serta Ramuan Herbal Untuk Mengatasinya Secara Lengkap

Batu ginjal merupakan suatu endapan dalam ginjal yang berbentuk seperti batu atau kristal yang dapat menghambat saluran ginjal, saluran kemih dan kandung kemih. Jenis batu yang mengendap juga sangat beragam, ada yang terbentuk dari kalsium, fosfor atau asam urat. Umumnya terjadi dari kombinasi tersebut.

PENYEBAB BATU GINJAL

- Terlalu pekatnya kadar garam dalam urin sehingga mengendap menjadi batu dalam saluran kemih
- Terlalu lama menahan kemih sehingga urin menjadi pekat
- Kurang minum air putih sehingga urin yang dikeluarkan kurang
- Terlalu banyak bahan kimia yang terdapat dalam urin seperti kapur dan garam oksalat
- Kelebihan vitamin D, kadar asam urat atau terlalu banyak mengkonsumsi kalsium

GEJALA YANG DITIMBULKAN

Jika batu bergeser dan menggelinding dari ginjal ke saluran di bawahnya, timbul beberapa gejala, seperti rasa sakit mulai dari pinggang bawah menuju ke pinggul, buang air kecil tidak tuntas dan urin bercampur darah. Jika batu menyangkut di kandung kemih maka akan timbul rasa nyeri  di tas kemaluan pada saat kencing.




Untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan, minum air putih sekitar 2,5 liter sehari, minum jus buah dan jangan terlalu sering menahan kencing serta kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi seperti susu, keju, sarden, teri, kepiting, udang, ikan asin  dan hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi seperti jeroan, bayam, melinjo dan daun singkong.

RAMUAN HERBAL MENGATASI BATU GINJAL

RAMUAN 1 

- 30 gram keji beling
- 30 gram tumbuhan kumis kucing
- 20 gram meniran
- Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, lalu saring dan minum           200 cc 2 kali sehari.

RAMUAN 2

- 30 gram daun sendok
- 60 gram krokot hijau
- 60 gram akar alang – alang
- Cuci bersih semua bahan lalu rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, lalu saring dan                 minum 200 cc 2 kali sehari.

RAMUAN 3

- 30 gram daun tempuyung
- 5 lembar daun avokad
- 5 buah tongkol jagung
- Cuci bersih senua bahan, rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, lalu saring dan minum 2         x 1 hari 200 cc

RAMUAN 4

- 30 gram daun keji beling
- 30 gram pegagan
- 30 gram rambut jagung
- Semua bahan di cuci hingga bersih, rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, lalu saring             minum 2 kali sehari

Demikianlah perbedaan antara batu empedu dan batu ginjal, penyebab, gejala dan ramuan herbal untuk mengatasinya secara lengkap dan jelas. Dari semua resep yang telah di berikan Anda dapat mencoba salah satunya, semoga Anda semua selalu diberikan kesehatan. Aaamiiin..

0 komentar

Post a Comment