Daftar Objek Wisata Kota Bukittinggi Yang Wajib Anda Kunjungi  Sebagai Seorang Traveller– Ketika Anda berjalan – jalan ke Kota Bukittinggi, pastinya Jam Gadang merupakan tempat tujuan wisata Anda. Tapi tahukah Anda di sekitar Kota Bukittinggi terdapat banyak sekali Objek Wisata, seperti Panorama Lubang Jepang, Ngarai Sianok, Jembatan Limpapeh yang terdapat di dalam Kebun Binatang Bukittinggi, jenjang 1000 dan lain sebagainya. Ketika Anda telah berada di Kota Bukittinggi, tentu sayang sekali Objek wisata yang lain terlewatkan. Jika Anda mempunyai cukup waktu, silahkan untuk mengunjungi semua Objek Wisata yang terdapat disana.

OBJEK WISATA JAM GADANG BUKITTINGGI

Daftar Objek Wisata Kota Bukittinggi Yang Wajib Anda Kunjungi  Sebagai Seorang Traveller

Objek wisata Jam Gadang Bukittinggi terdapat di Pusat Kota Bukittinggi, tepatnya disebelah Hotel Novotel Bukittinggi. Jam Gadang ini berupa menara  yang tingginya 26 meter dan terdiri dari beberapa tingkat. Menara jam ini memiliki ukuran jam yang cukup besar di empat sisinya, itulah karenanya jam ini disebut Jam Gadang yang artinya “ Jam Besar “.

Menurut sejarah Jam Gadang di bangun pada tahun 1926 sebagai hadiah dari Ratu Belanda kepada Rook Maker, Sekretaris pada pemerintahan Hindia Belanda. Arsitektur jam ini dirancang oleh Yazid Rajo Mangkuto, sedangkan peletakan batu pertama dilakukan oleh putra pertama Rook Maker yang pada saat itu masih berusia 6 tahun.

Jam Gadang dibangun tanpa menggunakan penyangga besi dan adukan semen, namun dibuat hanya dari campuran kapur dan putih telur. Biaya yang dihabiskan untuk membangun Jam Gadang pada masa itu cukup fantastis yaitu 3000 Gulden. Semenjak itulah Jam Gadang telah menjadi pusat perhatian dan penanda pusat Kota Bukittinggi.

Sejak didirikan Jam Gadang telah mengalami beberapa kali perubahan pada bagian atapnya. Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, bagian atap Jam Gadang  berbentuk bulat dengan patung ayam jantan menghadap kearah timur diatasnya. Kemudian setelah Indonesia di jajah oleh Jepang, bagian atapnya di ubah menjadi bentuk Pagoda. Terakhir setelah Indonesia merdeka, atap Jam Gadang diubah menjadi bentuk gonjong menyerupai atap pada rumah adat Minang Kabau yaitu Rumah Gadang.

Jika Anda berkunjung kesana, dan bingung untuk mencari oleh – oleh untuk dibawa pulang, disekitar Jam Gadang banyak sekali orang berjualan pernak pernik khas Bukittinggi, kerajinan tangan, dan aksesoris serta dapat berwisata kuliner disekitar lokasi tersebut.

JEMBATAN LIMPAPEH PENGHUBUNG TAMAN MARGA SATWA DAN BUDAYA KINANTAN DENGAN BENTENG FORT DE KOCK

Daftar Objek Wisata Kota Bukittinggi Yang Wajib Anda Kunjungi  Sebagai Seorang Traveller

Masih tidak jauh dari lokasi Jam Gadang, Anda dapat berjalan kira – kira 5 menit akan menemukan Objek Wisata Kebun Binatang Bukittinggi yang didalamnya terdapat Benteng peninggalan masa penjajahan Belanda dan Jembatan Limpapeh. Jembatan Limpapeh menggantung di atas jalan Ahmad Yani Bukittinggi yang menghubungkan Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan dengan Benteng Fort de Kock. Jembatan ini memiliki panjang 90 meter dengan lebar 3,8 meter.

Ditaman marga satwa Anda dapat menyaksikan berbagai macam satwa yang tidak pernah Anda saksikan sebelumnya dan merupakan dengan koleksi hewan terlengkap serta satu – satunya kebun binatang yang ada di Sumatera Barat. Ditengah lokasi kebun binatang juga terdapat rumah adat Minang Kabau yaitu Rumah Gadang.

Sedangkan untuk lokasi benteng Fort de Kock biasanya di manfaatkan oleh warga sekitarnya sebagai tempat rekreasi, kawasan sekitar Benteng telah di Pugar oleh Pemerintah setempat menjadi sebuah taman yang banyak ditanami dengan pepohonan rindang dan tempat bermain anak – anak. Benteng Fort de Kock ini terletak 1 km dari pusat Kota Bukittinggi yaitu Jam Gadang.

TAMAN PANORAMA LUBANG JEPANG DAN NGARAI SIANOK

Daftar Objek Wisata Kota Bukittinggi Yang Wajib Anda Kunjungi  Sebagai Seorang Traveller

Setelah Anda puas menikmati indahnya Jam Gadang, berkeliling mengintari satwa dan menyebrangi Jembatan Limpapeh menuju Benteng Fort de Kock. Selanjutnya Objek Wisata yang wajib Anda kunjungi adalah Taman Panorama yang didalamnya terdapat pintu masuk Menuju Objek Wisata Lubang Jepang. Dahulunya Lubang Jepang ini merupakan sebuah terowongan ( bunker ) tempat berlindungnya Tentara Pendudukan Jepang sebagai kepentingan pertahanan.

Selain itu di Taman Panorama ini Anda dapat menyaksikan pemandangan ngarai sianok dengan lembahnya yang hijau dan curam dengan kedalaman 100 meter yang dialiri batang sianok dengan disamping kiri dan kanan terdapat bukit yang mengelilingi daerah tersebut.

Jika Anda ingin menyaksikan pemandangan Ngarai Sianok dari bawah, Anda dapat berjalan ke Ngarai nama daerahnya, dengan lokasi yang tidak jauh dari Taman Panorama. Anda dapat menyusuri jalan sepanjang sungai sambil menikmati indahnya Pemandangan Ngarai Sianok.

Daftar Objek Wisata Kota Bukittinggi Yang Wajib Anda Kunjungi  Sebagai Seorang Traveller

Yang pasti sebelum Anda melakukan perjalanan wisata Anda di Kota Bukittinggi, jangan lupa untuk mempersiapkan snack untuk menemani perjalanan Anda, kamera agar dapat mengabadikan setiap momen yang Anda lakukan bersama keluarga. Sedangkan untuk mengisi perut yang lapar, tidak usah khawatir di Kota Bukittinggi banyak sekali terdapat tempat makan yang memanjakan lidah Anda dengan berbagai macam kuliner khas Sumatera Barat. Selamat menikmati perjalanan Anda.

Sumber : wikipedia

0 komentar

Post a Comment