Jenis Makanan Tertentu Dapat Membuat Anda Tertidur Lebih Nyenyak - Mengonsumsi makanan tertentu sebelum tidur bisa membuat Anda terjaga semalaman. Tapi sebaliknya ada juga beberapa jenis makanan yang bisa membuat Anda tertidur dengan pulas.

Makanan yang akan membuat Anda terlelap adalah yang mengandung tryptophan (asam amino yang berubah menjadi zat kimia otak yang membuat rileks seperti serotonin dan melatonin), karbohidrat dari gandum utuh yang meningkatkan produksi serotonin, mineral seperti kalsium dan magnesium, dan beberapa herbal yang memberi efek menenangkan.

Berikut enam jenis makanan yang bisa Anda konsumsi agar tidur lebih nyenyak, dilansir dari laman Sleep.org, beberapa waktu yang lalu :

Jenis Makanan Tertentu Yang Dapat Membuat Anda Tertidur Lebih Nyenyak

1. Separuh pisang dan segenggam almond
Kombinasi tryptophan, karbohidrat, dan magnesium dapat menenangkan dan membuat Anda mengantuk. Jika tak suka pisang, Anda bisa menggantinya dengan cherry, buah ini juga merupakan sumber alami melatonin yang memiliki efek yang sama.

2. Biskuit gandum utuh dan selai kacang
Ini merupakan paduan yang sempurna (tryptophan dan karbohidrat kompleks) yang akan membuat Anda tertidur dengan pulas.

3. Segelas susu hangat
Minum segelas susu hangat sebelum tidur membantu Anda terlelap lebih nyenyak. Susu mengandung tryptophan, kalsium, dan magnesium.
Anda cukup meminum susu hangat dalam takaran mug kecil untuk mendapat manfaatnya.

4. Semangkuk sereal dengan susu
Tryptophan, kalsium, dan magnesium dalam susu yang dipadukan dengan karbohidrat dan magnesium dari sereal ampuh membuat Anda mengantuk. Pilihlah sereal dengan kandungan gula sedikit sehingga tak meningkatkan kadar gula darah secara berlebihan.

5. Setengah porsi sandwich kalkun
Pilih roti gandum utuh yang kaya karbohidrat kompleks dan magnesium lalu tambahkan daging kalkun (sumber tryptophan) untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

6. Secangkir teh herbal
Teh chamomile, passion flower, dan teh valerian memiliki efek sedatif. Untuk efek lebih menenangkan, Anda bisa menambahakn satu sendok teh madu (mengandung tryptophan). Namun, sebaiknya Anda menghindari teh ginseng karena memiliki efek stimulasi.

Pastikan Anda tidak mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah berlebihan. Agar dapat memperoleh hasil yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Semoga bermanfaat.

0 komentar

Post a Comment