Tahukah Anda? Jambu Air Memiliki Kandungan Vitamin C Yang Lebih Tinggi Dari Apel  – Secara ukuran, jambu air memiliki dua jenis yaitu jambu air dengan ukuran yang besar  (syzygium samarangense) dan jambu air dengan ukuran yang kecil (syzygium quaeum). Dalam segi bentuk, buah jambu air yang berbentuk apel di sebut dengan “ jambu air apel “ dan “ jambu air mawar “, memiliki aroma harum seperti mawar. Daging buahnya mengandung pektin tinggi serta buahnya yang masih segar terasa sepat. 

Buah jambu air mawar sering di masak atau di awetkan untuk berbagai keperluan rumah tangga. Buahnya disuling untuk memperoleh air mawar yang menurut mitos sama baiknya dengan air mawar yang berasal dari kelopak bunga mawar. Buah jambu air mawar mudah sekali busuk, dan lecet. Oleh sebab itu, buah jambu mawar ini kurang laku di pasaran, pada umumnya buah ini hanya di tanam di pekarangan rumah untuk di konsumsi sendiri.

Ciri khas dari buah jambu air ini adalah memiliki bekas kelopak berwarna merah yang sangat kontras dengan warna buahnya. Buah jambu air ini memiliki tiga proses perubahan warna, yaitu yang pertama dengan warna hijau sangat muda, putih bila tua, dan putih violet jika telah matang. Daging buahnya bertekstur keras dengan rasa yang manis jika telah matang, sedangkan  yang muda, rasanya lebih asam dan kelat.

Tahukah Anda? Jambu Air Memiliki Kandungan Vitamin C Yang Lebih Tinggi Dari Apel

Buah Jambu Air Merupakan Sumber Cairan Tubuh

Jambu air mempunyai komposisi gizi yang cukup baik. Untuk melihat perbandingan dengan apel dan jeruk mandarin, Anda dapat melihatnya pada Tabel. Dari namanya jambu air, artinya memiliki sejumlah besar kandungan air pada buahnya, kandungan airnya mencapai 93 gram/ 100 gram. Hampir seluruh bagian buahnya terdapat air, jika dikonsumsi akan terasa kesegarannya. Bagi Masyarakat pedalaman Kalimantan, biasanya memanfaatkan buah jambu air untuk memperlancar pelepasan air seni.

Mungkin banyak sekali orang yang menganggap sepele manfaat air bagi tubuh, padahal air merupakan komponen gizi jyang sangat penting bagi tubuh. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi air sebanyak 2-3 liter perhari. Cairan tersebut dapat saja berasal dari air minum, kuah sayur, buah maupun minuman lainnya.

Air juga sangat berfungsi sebagai cairan pembersih ginjal dari asam urine dan urea. Kedua kotoran tersebut harus dilarutkan di dalam air, sebelum di buang bersama air seni. Apabila  didalam ginjal tidak cukup air, kotoran tersebut tidak dapat dikeluarkan dengan lancar, sehingga dapat membentuk batu ginjal.

Buah Jambu Air Memiliki Kandungan Vitamin C Yang Tidak Kalah Dari Apel

Mungkin selama ini kita menganggap sepele buah jambu air, tapi tahukah Anda? Kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya lebih tinggi dari apel “ sangat mengejutkan”. Selain tinggi kandungan vitamin C, jambu air juga kaya kandungan vitamin A. Untuk kandungan vitamin C dalam 100 gram jambu air terdapat 22 mg/ 100 gram buah. Kandungan vitamin A juga lebih tinggi dari kandungan vitamin A yang terdapat pada buah Apel. Itulah sebabnya, dengan mengkonsumsi jambu air dapat mempercantik kulit.

Selain mempercantik kulit, vitamin C nya berfungsi  sebagai anti-oksidan untuk menjaga kesehatan sel, meningkatkan penyerapan asupan zat besi dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Bagi pria dewasa, antioksidan ini sangat bermanfaat untuk memperbaiki mutu sperma dan mencegah radikal bebas untuk merusak lapisan pembungkus sperma. Selain sebagai antioksidan, vitamin C juga memiliki fungsi untuk menjaga dan memelihara kesehatan pembuluh kapiler, kesehatan gigi dan gusi.
Sedangkan, kandungan vitamin A sangat berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini, karena vitamin A dapat meningkatkan fungsi sel darah putih yang berfungsi sebagai antibodi dan antivirus.

Angka kecukupan gizi vitamin A pada usia 0-9 tahun berkisar antara 3.000-4.000 SI, sedangkan ketika menginjak dewasa kebutuhan tubuh akan vitamin A meningkat menjadi 5.000-7.000 SI. Ketika hamil, seorang ibu membutuhkan tambahan vitamin C 2.000 SI dan ketika menyusui  membutuhkan tambahan sekitar 3.500 IU.

Seperti buah – buahan lain, jambu air mengandung serat pangan yang cukup tinggi. Dan mengandung sejumlah mineral penting yang cukup tinggi dibandingkan dengan buah apel dan buah jeruk mandarin. Untuk melihat perbandingan kandungan gizi antara jambu air, apel dan jeruk mandarin, berikut ini tabelnya :

Kandungan Gizi
Jambu Air
Apel
Jeruk Mandarin
Air (g)
Energi (kkal)
Protein (g)
Lemak (g)
Karbohidrat (g)
Kalsium (mg)
Besi (mg)
Magnesium (mg)
Fosfor (mg)
Kalium (mg)
Seng (mg)
Tembaga (mg)
Mangan (mg)
Vitamin C (mg)
Vitamin A (IU)
Thiamin (mg)
Ribiflavin (mg)
Niasin (mg)
93,0
25
0,60
0,30
5,7
29
0,07
5
8
123
0,06
0,016
0,029
22,3
339
0,02
0,03
0,80
83,9
59
0,19
0,36
15,2
7
0,18
5
7
115
0,04
0,041
0,045
5,7
53
0,017
0,014
0,08
87,6
44
0,63
0,19
11,2
14
0,10
12
10
157
0,24
0,028
0,032
30,8
920
0,105
0,022
0,16

Sumber : www.asiamaya.com
Sumber Info : DR

0 komentar

Post a Comment