15 DAFTAR BUAH DAN UMBI MENGANDUNG RACUN, YANG DAPAT MENYEBABKAN PENYAKIT HINGGA KEMATIAN – Siapa yang menyangka, ternyata buah yang kita makan selama ini dapat menyebabkan kita sakit bahkan yang lebih parah lagi. Ih seram gak tuh..?  Semua bukan terjadi begitu saja, hal ini lebih berpotensi pada seseorang yang menderita penyakit tertentu. Jadi dengan mengkonsumsi buah tersebut, akan memicu penyakit ringan maupun yang lebih serius lagi. Untuk itu sebelum terjadi, sebaiknya Anda kenali dulu daftar buah yang mengandung racun berbahaya yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit baru atau malah memperparah penyakit Anda. Berikut daftarnya :

1. BUAH DURIAN
15 Daftar Buah Mengandung Racun Berbahaya Yang Dapat Menyebabkan Kematian Mendadak

Siapa yang tidak tahu dengan buah durian..? buah ini digemari oleh semua orang, bahkan jika telah memakan satu biji, rasanya tidak mau berhenti ingin menghabiskan semua buah ini. Siapapun yang telah mencoba buah ini pasti akan ketagihana dengan rasanya yang manis dan legit. Apalagi saat ini, banyak sekali aneka makanan yang dapat dibuat dari buah durian ini, seperti cake durian, minuman es durian, es krim durian dan lain sebagainya. Tidak heran jika buah durian ini disebut dengan rajanya buah – buahan.

Selain buah ini terkenal dengan kelezatannya, ternyata buah ini mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan.  Buah ini dapat melancarkan sirkulasi darah, melancarkan pencernaan, menghangatkan tubuh dan mengatasi nyeri haid pada wanita. Hal itu dikarenakan buah durian mengandung banyak vitamin C dan  vitamin B-komplek.

Mungkin kurang lebih itulah manfaat dari mengkonsumsi buah durian, tapi di balik manfaat tersebut terdapat racun mematikan!. Untuk itu, Anda jangan terlena ketika menyantap durian yang manis dan legit ini. Ternyata ada efek yang membahayakan kesehatan Anda.

Untuk Anda ketahui bahwa pada daging buah durian terdapat kandungan kalori yang tinggi. Buah durian ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan.  Dalam 100 gram daging durian terkandung energi sekitar 120 – 180 kalori. Sedangkan dalam 500 gram daging buah durian terdapat kandungan kalori sekitar 600 – 900 kalori. Dapat dibayangkan jika Anda mengkonsumsi buah durian lebih dari itu, apa yang akan terjadi...?.

Apalagi bagi Anda yang menderita penyakit jantung, diabetes dan obesitas sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini. Jikapun tetap ingin menyantap buah yang lezat ini, tidak lebih dari 2 biji perhari, jika tidak maka akan berakibat kematian mendadak. Dan wanita hamil juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah durian.

Selain itu buah durian mengandung sulfur yang cukup tinggi, jadi sangat berbahaya jika Anda mengkonsumsi buah durian bersamaan dengan minum alkohol. Ada juga yang mengatakan berbahaya jika mengkonsumsi buah durian dengan kopi. Akan tetapi hal ini belum diteliti untuk membuktikan kebenarannya.

Tips : untuk menghindari bau menyengat pada buah durian, Anda dapat menyiasati dengan minum air pada kulit bagian dalam durian. Hal ini juga berlaku pada seseorang yang terkena mabuk durian. Dan untuk menghilangkan bau durian yang tertinggal pada tangan, Anda dapat mencuci tangan dengan air yang dituangkan diatas kulit durian bagian dalam sama seperti diatas.

2. BUAH APEL
15 Daftar Buah Mengandung Racun Berbahaya Yang Dapat Menyebabkan Kematian Mendadak

Buah apel ini sudah terkenal semenjak jaman dahulu hingga sekarang. Dengan warna buah yang cantik dan rasanya yang manis, buah ini disukai oleh semua usia baik anak – anak hingga orang tua. Selain rasanya yang manis dan cantik, ternyata buah apel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak heran jika banyak yang merekomendasi untuk mengkonsumsi buah apel satu buah perhari setiap hari untuk menghindarkan Anda dari berbagai penyakit. Pernyataan ini bersumber dari sebuah berita European Journal of Cancer Prevention menyebutkan bahwa hasil penelitian di Polandia terhadap 592 pasien kanker koloreaktal dan 765 pasien sehat. Dengan mengkonsumsi satu buah apel setiap hari secara rutin mampu mengurangi berkembangnya kanker kolorektal.

Namun dibalik manfaatnya yang tidak terhingga, jika dikonsumsi secara berlebihan akan merusak kesehatan gigi. Bahkan resiko yang ditimbulkan lebih besar dari pada Anda minum minuman bersoda.  Hal itu dikarenakan buah apel mempunyai kandungan gula yang cukup tinggi. Bahkan dalam satu buah apel jika dibandingkan setara dengan 4 sendok gula pasir. Selain kandungan gulanya yang terbilang tinggi, buah apel juga mengandung zat asam cukup tinggi yang dapat menaikan tingkat keasaman mulut. Apabila Anda terlalu sering mengkonsumsi buah apel maka lambat laun gigi Anda akan keropos dan rapuh.

Untuk mengurangi resiko kerusakan gigi, biasakan menggosok gigi sebelum memakan buah untuk membentengi gigi dari zat yang merusak gigi dan biasakan untuk minum air putih setelah mengkonsumsi buah untuk menghilangkan zat – zat sisa buah yang menempel pada gigi. Selain itu, jika buah tersebut di jus, Anda dapat minum melalui sedotan, sehingga jus tersebut tidak mengenai gigi Anda.

Selain dari bahaya diatas, ada hal lain yang harus Anda waspadai. Anda harus pastikan buah apel tersebut baru dipetik. Bagaimana mungkin, jika didaerah tempat tinggal kita tidak ada tanaman apel, apalagi kita mendapatkan apel dari swalayan yang menjual berbagai macam jenis buah. Karena buah apal sangat rentan sekali terhadap penggunaan pestisida untuk mempertahankan kesegarannya. Pestisida merupakan zat berbahaya bagi kesehatan, jika tanpa sadar kita mengkonsumsi maka akan berdampak terhadap gangguan hormon dan kemunduran IQ pada anak –anak, kerusakan saraf dan menyebabkan kanker. Untuk mengurangi dan menghindari bahayanya Anda dapat mencuci buah apel agar benar – benar bersih atau dengan mengupas kulitnya.

Bagian yang paling berbahaya lagi adalah bijinya. Menurut para ilmuwan, biji apel mengandung senyawa sianida yang dapat menyebabkan kematian. Namun belum dipastikan berapa jumlah biji yang termakan sehingga dapat menyebabkan kematian.

15 Daftar Buah Mengandung Racun Berbahaya Yang Dapat Menyebabkan Kematian Mendadak

Buah anggur sangat baik dikonsumsi dalam keadaan segar maupun kering. Buah ini dapat menyuplai gizi yang melimpah, mudah dicerna dan dapat menggemukan badan. Selain itu, anggur juga banyak mengandung senyawa polifenol dan resveratol yang berperan dalam sistem metabolisme tubuh. Buah ini juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Namun, sama halnya dengan buah apel, buah anggur ini rentan sekali terkena pestisida karena petani – petani anggur menggunakan pestisida untuk membunuh hama yang dapat merusak buah anggur. Oleh karena itu, sebelum makan anggur pastikan untuk mencucinya sampai benar – benar bersih dari pestisida dan bakteri yang menempel.

Tapi, ada kandungan lain yang terdapat pada buah anggur yang sangat membahayakan kesehatan. Terdapatnya kandungan logam berbahaya pada anggur merah dan putih. Bahkan menurut penelitiannya kandungan logam tersebut melebihi ambang batas. Penelitian tersebut dilakukan di 16 negara berbeda, penelitian tersebut dipimpin oleh Profesor Declan Naughton dan Dr. Andrew Petroczi menemukan tujuh jenis logam yaitu chromium, mangan, timbal, vanadium, nikel, tembaga dan zink. Ambang batas logam tersebut yaitu 1,0 THQ untuk setiap 250 ml anggur, sedangkan kandungan logam yang terdapat pada buah anggur melebihi batas tersebut. Jika dikonsumsi secara berlebihan dan terus menerus maka akan menyebabkan penyakit pada otak mulai dari parkinson hingga kanker.

15 Daftar Buah Mengandung Racun Berbahaya Yang Dapat Menyebabkan Kematian Mendadak

Buah avokad ini merupakan buah yang sudah tidak asing lagi. Buah ini selalu tumbuh disekitar pekarangan rumah kita. Memang buah ini dapat tumbuh di daerah yang beriklim tropis, seperti Indonesia. Manfaat buah avokad ini juga sudah terkenal kemana – mana, seperti dapat menyembuhkan sariawan, sakit gigi, kencing manis, darah tinggi, sakit kepala, nyeri lambung, kencing batu, dan gangguan pernafasan.

Namun dibalik manfaat tersebut, terdapat bahaya bagi kesehatan Anda, seperti kandungan persin. Persin merupakan zat beracun yang terdapat pada buah avokad. Hampir seluruh bagian buah avokad terdapat kandungan persin, zat tersebut dapat merusak otot jantung. Gejala yang ditimbulkan seperti muntah – muntah, diare, gangguan pencernaan, gangguan pernafasan, akumulasi cairan disekitar jantung serta yang lebih parah lagi menyebabkan kematian. Dalam beberapa kasus yang menimpa bayi dibawah 6 bulan, menyebabkan mencret dan terserang diare akut.

Dan jangan mengkonsumsi buah avokad bersamaan dengan keju dan mayonais karena dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak terkendali. Hal ini dikarenakan buah avokad mengandung lemak dan kalori tinggi. Sehingga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi ketiganya secara bersamaan.

5. BUAH CERI
15 Daftar Buah Mengandung Racun Berbahaya Yang Dapat Menyebabkan Kematian Mendadak

Buah ceri ini sering dimanfaatkan sebagai garnis untuk mempercantik tampilan pada kue, cake dan minuman. Selain dimanfaatkan sebagai hiasan pada makanan dan minuman, buah ceri ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Buah ceri bermanfaat sebagai obat yang dapat mengobati sakit demam, jantung, rematik, radang tenggorokan, memperbaiki sirkulasi darah, menyembuhkan jerawat kronis, mengatasi keletihan dan menjaga kesehatan kulit.

Namun Anda harus berhati – hati dalam mengkonsumsi buah yang cantik ini, karena buah ceri ini mengandung gas beracun yang bersumber dari bibit, daun dan bijinya. Sebaiknya jika mengkonsumsi buah ceri untuk membuang bijinya. Karena pada biji ceri terdapat hidrogen sianida yang sangat beracun. Kandungan sianida pada biji buah ceri dapat merusak jaringan tubuh yang ditandai dengan gejala pusing – pusing, kebingungan serta muntah – muntah. Itu jika dikonsumsi dalam jumlah sedikit, sedangkan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat menyebabkan kesulitan bernafas, kenaikan tekanan darah dan jantung. Pada tingkat kronis dapat menyebabkan gagal ginjal yang berakibat pada kematian.

6. BUAH COKLAT
15 Daftar Buah Mengandung Racun Berbahaya Yang Dapat Menyebabkan Kematian Mendadak

Zat beracun yang terdapat didalam buah coklat yang sangat membahayakan itu adalah berupa teobromin. Namun zat ini hanya berbahaya jika dikonsumsi oleh hewan – hewan ternak. Hal ini dikarenakan hewan tersebut tidak mampu mencerna kandungan kimia tersebut secara sempurna. Gejala yang ditimbulkan biasanya berupa pendarahan internal, kejang – kejang, muntah darah, serangan jantung, gelisah, sulit berdiri hingga kematian. Hewan yang sangat rentan terkena zat beracun tersebut yaitu : kuncing, anjing, kuda, tikus – tikus dan burung kakak tua.

Namun kandungan teobromin tidak terdapat pada semua buah coklat, ada beberapa buah coklat dengan kandungan teobromin dengan jumlah sedikit sehingga aman untuk dikonsumsi, seperti coklat putih, coklat cair, coklat mentah, bubuk coklat dan biji coklat.



7. BELIMBING BUAH
15 Daftar Buah Mengandung Racun Berbahaya Yang Dapat Menyebabkan Kematian Mendadak

Belimbing buah ini tidak hanya segar dimakan langsung, dibuat jus, rujak dan lain – lain. Tetapi banyak memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Buah ini memiliki khasiat sebagai obat antipiretik dan ekspektoran. Efek tersebut mampu meredakan batuk yang sering menyerang anak – anak. Selain itu kandungan vitamin C yang terbilang tinggi dapat dimanfaatkan sebagai anti inflamasi, analgesik, dan deuretik.

Namun manfaat diatas tidak selamanya berlaku bagi seseorang yang mengindap penyakit tertentu., seperti pada penderita diabetes dan ginjal. Hal ini karena belimbing memiliki kandungan oksalat yang sangat tinggi yang sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita ginjal dan diabetes. Selain itu, kandungan neurotoksin yang terdapat buah belimbing dapat mempengaruhi kerja otak dan saraf. Untuk itu sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini dalam jumlah banyak, karena beresiko buruk terhadap kesehatan hingga dapat menimbulkan kematian.

8. BUAH KOPI
15 Daftar Buah Mengandung Racun Berbahaya Yang Dapat Menyebabkan Kematian Mendadak

Sebagian orang sangat menyukai kopi, aromanya yang wangi, apalagi jika diseduh dengan air panas ditambah gula. Bahkan ada yang hanya minum kopi dipagi hari sebagai pengganti sarapan. Disamping itu kenikmatan kopi ini mampu mengurangi resiko terserang berbagai penyakit  seperti diabetes, kanker, jantung dan batu empedu.

Akan tetapi, dibalik manfaat dan kenikmatan kopi ini tersimpan zat senyawa berbahaya yang dapat mempengaruhi pikiran seseorang. Efek yang ditimbulkan adalah berupa kecanduan setelah mengkonsumsinya. Zat yang memberikan efek kecanduan tersebut adalah kafein. Kandungan kafein dalam kopi sangat tinggi.

Oleh sebab itu, jika mengkonsumsi kopi terus menerus dalam  waktu yang panjang dapat menimbulkan bahaya seperti pengerasan dinding arteri yang pada akhirnya berujung pada gangguan kinerja jantung. Selain itu mengkonsumsi kopi secara berlebihan dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan, diantaranya :

  • Bagi penderita hipertensi,senyawa kafein dapat menimbulkan munculnya tekanan darah tinggi.
  • Bagi wanita yang sedang hamil, dapat meningkatkan denyut jantung secara drastis dan langsung menyerang plasenta.
  • Menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang diakibatkan oleh endapan lemak sehingga beresiko serangan jantung dan stroke.
  • Merangsang munculnya pengeroposan tulang
  • Bayi yang dilahirkan oleh wanita pencandu kopi akan mengalami kesulitan bernafas.
  • Menyebabkan insomnia, cepat marah, sakit kepala, mudah gugup, dan merasa tegang.
  • Menimbulkan penyakit kanker payudara dan kandung kemih.

Di samping efek diatas terdapat gejala secara psikologis bagi pecandu kopi yaitu munculnya kekhawatiran yang berlebihan, sering muntah – muntah perasaan gelisah dan kebingungan mental yang sangat kronis. Untuk itu bagi Anda pecinta kopi agar tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya.

9. BUAH JENGKOL
15 Daftar Buah Mengandung Racun Berbahaya Yang Dapat Menyebabkan Kematian Mendadak

Buah jengkol ini memang terbilang unik karena bau atau aromanya yang kurang sedap, namun jika dikonsumsi dapat menggugah selera. Banyak sekali masakan berbahan dasar jengkol, seperti semur jengkol, kalio jengkol, jengkol balado dan jengkol yang masih muda biasanya dikonsumsi mentah untuk meningkatkan selera makan.

Tidak hanya itu, buah jengkol ini ternyata banyak mengandung zat gizi seperti vitamin A, vitamin B dan vitamin C, saponin, tanin, steroid, glikosida, fosfor, minyak atsiri, protein, karbohidrat, serta kalsium yang berkhasiat bagi kesehatan.

Setelah Anda mengetahui manfaat dari jengkol ini tidak serta merta Anda boleh mengkonsumsi buah ini secara berlebihan. Karena di dalam buah jengkol ini terdapat asam jengkolat, jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan keracunan jengkol khususnya jengkol mentah.

Gejala yang dirasakan terjadi sekitar 5 – 12 jam setelah mengkonsumsi jengkol. Gejala tersebut seperti pegal – pegal di bagian punggung yang luar biasa, kemudian berlanjut dengan rasa nyeri yang melilit. Dan yang lebih parah lagi yaitu rasa nyeri diperut yang tidak karuan iringi mual – mual, muntah dan susah buang air kecil. Sampai tidak bisa kencing karena saluran kencingnya tersumbat oleh asam jengkolat.

Untuk menghindari racun yang terdapat pada jengkol caranya adalah dengan membuang mata biji jengkol karena bagian tersebut yang mengandung racun paling banyak.  Lalu direbus dengan abu dan garam selama 4 – 6 jam dengan tujuan menghilangkan asam jengkolatnya didalam air. Terakhir dibilas dengan air lalu dimasak.

15 Daftar Buah Mengandung Racun Berbahaya Yang Dapat Menyebabkan Kematian Mendadak

Buah yang manis dan segar ini sangat cocok dinikmati pada saat cuaca panas, dimakan langsung atau dibuat rujak. Selain rasanya yang menggoda, khasiat dari buah nanas sudah tidak diragukan lagi yaitu mampu mengobati peradangan, melancarkan proses pencernaan, menyeimbangkan kadar asam dalam darah, dan yang lebih dahsyat lagi adalah sebagai obat yang mampu mengatasi kanker.

Namun dibalik manfaat dan khasiatnya itu, tidak semua orang dapat menikmatinya. Seperti pada penderita diabetes, dilarang untuk mengkonsumsi buah ini secara berlebihan karena kandungan gulanya terbilang tinggi. Selain itu dapat menyebabkan sakit kepala dan reaksi alergi berlebihan yang ditandai dengan gatal – gatal dan kulit berubah menjadi merah. Selain itu bagi penderita rematik juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah ini jika tidak ingin rematik Anda menjadi kambuh.

Untuk mengurangi dampak negatif dari buah ini Anda dapat merendam buah nanas yang telah dipotong – potong dengan air hangat yang dicampur dengan garam.

15 Daftar Buah Mengandung Racun Berbahaya Yang Dapat Menyebabkan Kematian Mendadak

Buah yang memiliki warna kuning cantik ini sungguh menggoda, juga aroma dari buah nangka ini begitu wangi ingin segera mencicipi rasanya yang manis. Tidak hanya itu, manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan seperti melancarkan sistem pencernaan, menurunkan kolesterol, mencegah anemia, meningkatkan energi dan lain sebagainya.

Seperti pada buah – buahan diatas, dibalik manfaatnya tersimpan racun yang sangat berbahaya bagi bagi kesehatan. Yaitu dapat memunculkan asam lambung bagi penderita maag. Apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan perut kembung disertai mual dan muntah yang sangat sakit.

12. KETELA POHON
15 Daftar Buah Mengandung Racun Berbahaya Yang Dapat Menyebabkan Kematian Mendadak

Sebagian orangmenganggap ketela pohon merupakan makanan kampung. Tapi jangan salah, sekarang telah banyak aneka olahan makanan dari ketela ppohon ini. Dan yang paling terkenal dari dulu hingga sekarang adalah kerupuk sanjai dari bukittinggi sumatera barat yang terbuat dari ketela pohon.
Akhir – akhir ini juga heboh diberitakan tentang manfaat dahsyat dari ketelah pohon yaitu mampu mengobati tumor dan kanker. Selain itu ketela pohon ini berkhasiat sebagai antioksidan, obat rematik, sakit kepala, diare, demam dan lain sebagainya.

Namun, ada hal lain yang perlu Anda waspadai, yaitu terdapat kandungan sianida pada ketela pohon setengah matang. Ketela pohon yang masih mentah dan setengah matang kandungan zat racunnya berubah menjadi Hidrogen Sianida, namun kadarnya berbeda tiap jenis pohon. Pada singkong manis terdapat kandungan sianida sekitar 50 mg per kg, sedangkan pada ketela pohon yang pahit melebihi dari kadar singkong manis.

Gejala yang ditimbulkan akibat dari keracunan sianida adalah muntah – muntah, penyempitan kerongkongan,  dan sakit kepala. Pada kasus yang parah dapat menyebabkan sipenderita mengalami kesulitan bernafas, dan akhirnya berujung pada kematian.

13. BUAH RAMBUTAN
15 Daftar Buah Mengandung Racun Berbahaya Yang Dapat Menyebabkan Kematian Mendadak

Buah eksotis yang memiliki kadar vitamin C cukup tinggi ini sangat digemari oleh semua kalangan, mulai dari anak – anak hingga orang tua. Selain kandungan vitamin C, buah ini juga kaya protein, karbohidrat dan lemak.

Namun bagi penderita diabetes agar berhati – hati dalam mengkonsumsi buah ini. Karena buah rambutan ini tinggi sekali kandungan gulanya. Dan yang harus Anda tahu, ternyata jika buah ini sudah terlalu matang akan berubah menjadi alkohol. Jika telah begitu, rambutan tidak lagi bermanfaat bagi kesehatan, malah akan sangat berbahaya khususnya bagi penderita kencing manis.

14. TOMAT HIJAU
15 Daftar Buah Mengandung Racun Berbahaya Yang Dapat Menyebabkan Kematian Mendadak

Tomat memiliki rasa manis keasaman. Biasanya kita memanfaatkan buah tomat ini sebagai tambahan bumbu pada masakan, sedangkan tomat merah dibuat minuman seperti jus. Manfaat mengkonsumsi buah ini juga telah sering diberitakan didunia maya seperti memperlancar sistem pencernaan, membantu memulihkan fungsi liver, menyembuhkan penyakit kolera, membantu mengurangi resiko kanker prostat dan sebagainya.

Namun, berbeda dengan tomat muda, siapa yang menduga jika tomat muda mengandung zat citropin dan solanin yang beracun. Gejala yang ditimbulkan adalah mulut seperti terbakar, sakit pada perut, mual dan muntah.

Pastikan Anda mengkonsumsi buah tomat hijau yang telah matang untuk menghindarkan bahaya racun yang terkandung didalamnya. Jika tomat tersebut telah matang maka kandungan solaninnya akan berubah menjadi solanidin yang tidak berbahaya bagi kesehatan.

15. KACANG MEDE

15 Daftar Buah Mengandung Racun Berbahaya Yang Dapat Menyebabkan Kematian Mendadak


Kacang mede ini berasal dari buah jambu mede, keduanya dapat dikonsumsi. Buah jambu ini rasanya manis sepat sedangkan kacang mede yang telah dikeringkan dan digoreng akan terasa garing dan renyah. Sudah tidak diragukan lagi kacang mede ini memiliki khasiat dan manfaat yang luar biasa bagi tubuh.


Akan tetapi dibalik manfaatnya terkandung racun yang harus Anda waspadai. Racun pada buah jambu mede ini terletak pada getahnya yang membahayakan bila terkena manusia. Gejala yang ditimbulkan biasanya diawali dengan iritasi pada kulit, pembengkakan serta peradangan.
Oleh sebab itu, jika Anda mengkonsumsi jambu mete pastikan getah yang menempel pada biji telah terbuang.

Demikianlah daftar buah dan umbi yang mengandung racun berbahaya yang dapat mengakibatkan kematian bagi yang mengkonsumsinya secara tidak benar. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda.

Sumber : TIP

2 komentar:

  1. wah masa sih buah yg sehat2 bisa jadi sumber penyebab penyakit berat kaya gtu??

    ReplyDelete
  2. Berbahaya itu karena di konsumsi secara berlebihan, apalagi jika yang mengkonsumsi buah tersebut mengindap penyakit tertentu yang dapat membuat penyakit tersebut kambuh atau malah semakin parah..

    ReplyDelete