Manfaat, Gizi Serta Efek Samping Mengkonsumsi Nangka Muda – Nangka muda merupakan sayuran khas Asia Tenggara yang memiliki nama latin botani Artocarpus heterophyllus atau A. Integrifolius. Nangka muda biasanya di masak dalam berbagai macam menu, seperti randang cubadak (rendang nangka ), gulai nangka muda, sayur asem nangka, nangka goreng cabe merah dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri, sayuran ini hampir dapat kita temukan di semua daerah. Namun apakah sayuran ini memiliki kandungan gizi atau tidak, mari kita simak saja penjelasannya di bawah ini :
Manfaat, Kandungan Gizi Serta Efek Samping Mengkonsumsi Nangka Muda Bagi Kesehatan



a. Sayuran Rendah Lemak



Banyak diantara orang yang khawatir mengkonsumsi nangka muda karena takut akan meningkatkan jumlah kalori dalam tubuhnya. Selama di konsumsi dalam jumlah yang wajar, tidak berlebihan maka nangka muda tidak memberi tambahan kalori yang berarti, kecuali jika diolah dengan bahan lain yang memiliki kalori tinggi, seperti daging, santan dan bahan lain yang memiliki kandungan lemak tinggi.


Berbeda dengan nangka masak, kalorinya dua kali lebih tinggi dari nangka muda, yaitu pada 100 gram nangka masak terdapat 106 kcal, sedangkan kandungan kalori nangka muda adalah 51 kcal saja.
Jumlah kandungan kalorinya bergantung pada kandungan gula yang terdapat di dalam nangka. Jika nangkanya makin masak maka otomatis kandungan kalorinya akan tinggi



b. Sumber Mineral Untuk Pertumbuhan Tulang.


Nangka muda memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi, kandungan mineral yang paling tinggi adalah kalsium dan fosfor. Kedua unsur tersebut termasuk dalam kategori baik, dengan jumlah seimbang.


Keseimbangan  antara kandungan kalsium dan fosfor sangat baik untuk membentukan tulang yang normal. Apalagi di masa pertumbuhan, tubuh membutuhkan jumlah kalsium dan fosfor yang cukup. Jika kekurangan salah satunya dapat mengakibatkan pertumbuhan terhambat.

Selain itu, kebutuhan kalsium bagi wanita pascamenopause, kebutuhan kalsium harian mereka meningkat karena daya absorsi kalsium semakin berkurang. Disisi lain, tulang membutuhkan asupan kalsium yang mencukupi untuk menghindari tulang keropos.

c. Menyediakan Vitamin A dan Vitamin C yang Cukup


Kandungan vitamin A dan vitamin C pada nangka muda termasuk dalam jumlah sedang. Jika Anda mengkonsumsi nangka muda, itu telah cukup memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin A dan vitamin C


Cara Meningkatkan Jumlah Kandungan Gizi Nangka Muda


Untuk meningkatkan mutu gizi dari nangka muda, khususnya untuk menambah kadar vitamin dan mineral, sebaiknya nangka muda diolah bersama sayuran lainnya. Seperti pada sayur asem, daun melinjo, jagung, terong dan lain – lain atau sayur lodeh nangka muda juga berisi macam – macam sayuran di dalamnya.




a. Hanya Mengandung Sedikit Nutrisi



Nangka muda mengandung sedikit nutrisi di bandingkan dengan sayuran hijau lainnya. Makan nangka muda terlalu banyak membuat perut terasa kenyang lebih lama tanpa memberikan manfaat gizi yang menguntungkan. Jika Anda ingin mengkonsumsi menu yang tinggi kandungan gizinya.


b. Memicu Gas Dalam Perut

Makan nangka muda terlalu banyak, bagi yang bermasalah dengan pencernaan akan memicu gas dalam perut, sehingga perut akan terasa kembung, sembelit. Sebaiknya sayuran ini tidak di konsumsi bagi yang menderita sakit maag.

Tabel Kandungan gizi pada 100 gram nangka muda

Komponen Gizi
Jumlah

Energi
Protein
Lemak
Karbohidrat
Kalsium
Fosfor
Kalium
Vitamin A
Vitamin B1
Vitamin C
Air
BDD

51 kkal
2,0 g
0,4 g
11,3 g
45 mg
29 mg
0,5 mg
25 mg
0,07 mg
9 mg
85,4 g
80 %


Sumber : Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI ( 1992 )
Sumber Info : AgroMedia

0 komentar

Post a Comment