Anggur Memiliki Kandungan Gizi 20 Kali Lebih Tinggi dari Vitamin E Yang Dapat Melawan Kolesterol Jahat dan Membasmi Kanker  - Anggur merupakan buah yang memiliki kandungan gizi yang sangat luar biasa. Terutama dalam mengobati penyakit kanker payudara. Antioksidan yang terkandung di dalam buah anggur dapat melindungi tubuh dari radiasi fibrosis, yaitu pengerasan jaringan di sekitar payudara akibat radioterapi yang sangat menyakitkan. Kondisi ini di alami oleh ribuan wanita di seluruh dunia setiap tahunnya. Radiasi fibrosis ini di duga disebabkan oleh radikal bebas yang di lepaskan selama radioterapi. Radikal bebas ini bahkan dapat merusak DNA.

Nilai gizi yang terkandung di dalam buah anggur adalah vitamin C, vitamin B1, vitamin B6 dan mineral seperti mangan dan kalium. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat tabel di bagian paling bawah.

Mangan yang terdapat di dalam buah anggur termasuk dalam kategori unggul,  karena mempunyai nilai densitas nutrisi yang sangat tinggi. Kandungan mangan sangat di perlukan tubuh dalam sintesis energi, sehingga menjaga kestabilan gula darah. Selain itu, mangan juga sangat diperlukan untuk metabolisme lemak dan pembentukan jaringan ikat dan tulang.

Kandungan vitamin B6 pada anggur sangat penting untuk otak agar dapat menjalankan fungsinya secara normal, membantu membentuk protein, hormon dan sel darah merah, sedangkan kandungan thiamin berperan untuk sistem saraf, anti beri – beri dan anti- neuretik faktor.

Kandungan kalium pada anggur bermanfaat mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi serta dapat membersihkan karbondioksida di dalam darah. Kalium juga bermanfaat memicu kerja otot dan simpul saraf. Mengkonsumsi buah yang mengandung kalium tinggi seperti anggur ini akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan di dalam tubuh, sehingga dengan mengkonsumsi anggur tubuh menjadi segar.

Anggur Memiliki Kandungan Gizi 20 Kali Lebih Tinggi dari Vitamin E

Kandungan gizi anggur yang lebih tinggi dari vitamin E adalah kandungan flavanoid. Flavanoid merupakan senyawa fitokimia yang memberikan warna ungu pada buah anggur. Flavanoid dapat mencegah oksidasi LDL (kolesterol jahat) 20 kali lebih kuat dari vitamin E, yang selama ini dikenal sebagai antioksidan alami. Dengan kemampuannya yang begitu tinggi sehingga buah anggur dapat menghambat penggumpalan keping sel darah merah, serta dapat merangsang oksidasi nitrit yang dapat melebarkan pembuluh darah.

Bagi penderita kolesterol tinggi, anggur merah sangat baik untuk di konsumsi. Kandungan saponin pada anggur sangat bermanfaat untuk menghambat dan mencegah penyerapan kolesterol dalam darah, sedangkan anggur putih sangat baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan bahwa jus anggur berhasil  menekan pertumbuhan sel kanker dengan mencegah sintesis hormon estrogen yang berperan besar dalam perkembangan kanker payudara. Jus anggur terbukti mampu menghentikan produksi hormon estrogen dalam sel. Penelitan tersebut dilakukan pada tikus yang memiliki sel tumor, yang diberi jus anggur sebanyak 5 ml selama lima minggu, akhirnya ukuran tumor pada tikus tinggal sepertiga.

Anggur dapat melawan kolesterol jahat dan membasmi kanker

Sedangkan menurut penelitan di Amerika, kandungan pterostilbene pada buah anggur dengan kuat melawan sel kanker payudara. Pada ilmuwan Perancis juga menemukan pada buah anggur merah terdapat acutimissin A yang dapat menghambat enzim yang menyebabkan terbentuk sel kanker. Acutimissin A memiliki senyawa anti kanker 250 kali jauh lebih efektif dibandingkan dengan obat – obatan anti kanker VP-16

Anggur Memiliki Kandungan Melatonin dan Antimikroba

Melatonin merupakan suatu zat yang terdapat di dalam buah anggur yang dapat mengontrol tidur seseorang. Bagi yang mengalami sulit tidur dapat mengkonsumsi buah anggur agar Anda dapat tertidur dengan pulas di malam hari. Jika terganggunya produksi melatonin akan menyebabkan seseorang kehilangan rasa kantuk.

Selain itu kandungan melatonin akan membantu menurunkan tekanan darah seseorang. Pria yang mendapat asupan melatonin selama tiga minggu akan mengalami penurunan tekanan darah sistolik secara signifikan,sedangkan mereka yang hanya mengkonsumsi sedikit melatonin tidak akan mengalami penurunan darah tinggi.

Khasiat lain dari buah anggur adalah untuk mengatasi kelelahan dan hipoglekemia karena kandungan gula alami yang sangat tinggi, terutama dalam bentuk glukosa dan fruktosa. Buah anggur juga telah lama dikatakan sebagai buah yang dapat meningkatkan gairah seksual seseorang. Selain itu, anggur juga di yakini dapat membantu penyembuhan berbagai jenis kanker, mencegah serangan jantung,dengan melancarkan aliran darah dan menyingkirkan plak yang menempel pada pembuluh darah, serta anti virus.

Menurut hasil penelitan dua orang mikrobiologis dari Kanada menunjukan bahwa dengan minum jus anggur dapat mencegah dan membantu penyembuhan berbagai penyakit infeksi virus seperti influenza, polio, herpes simpleks Tipe 1. Hal tersebut disebabkan oleh konsentrasi tanin dalam buah anggur yang sangat potensial untuk membunuh dan menonaktifkan virus penyebab penyakit.

Tabel Kandungan Gizi Buah Anggur Segar per 100 gram
Kandungan Gizi
Jumlah
Energi
Protein
Lemak
Karbohidrat
Serat Pangan
Gula
Kalsium
Besi
Magnesium
Fosfor
Kalium
Natrium
Seng
Tembaga
Mangan
Selenium
Vitamin C
Thiamin
Riboflavin
Niasin
Vitamin B6
Folat
Vitamin A
Vitamin E
Vitamin K
69 kkal
0,72 g
0,16 g
18,1 g
0,9 g
15,48 g
10 mg
0,36 mg
7 mg
20 mg
191 mg
2 mg
0,07 mg
0,13 mg
0,07 mg
0,1 mg
10,8 mg
0,07 mg
0,07 mg
0,19 mg
0,26 mg
0,09 mg
66 IU
0,19 mg
14,6 mcg

Demikian tingginya manfaat anggur bagi kesehatan tubuh dan melawan berbagai jenis kanker serta melawan kolesterol jahat. Mulai hari ini tambahkan buah anggur sebagai menu sehat harian Anda untuk memperoleh manfaat yang optimal.

Sumber : www.whfoods.org
Sumber Info ; DR

0 komentar

Post a Comment