Manfaat Serta Efek Samping Mengkonsumsi Buah Nanas Yang Wajib Anda Ketahui – Nanas ( Ananas comocus L. ) Merr. ) merupakan salah satu jenis tanaman buah – buahan yang yang sudah lama di kenal dan di sukai semua orang. Nanas biasanya di konsumsi dalam bentuk segar, dimakan langsung, dijus, di buat rujak, salad, acar dan lain sebagainya. Buah nanas yang telah masak, rasanya sangat manis dengan berwarna kuning terang sedangkan nanas yang masih muda berasa sangat asam dengan daging buah berwarna putih dan kulitnya berwarna hijau. Biasanya nanas muda, di olah menjadi masakan dan bahan campuran gulai ayam. Rasanya sangat sedap, silahkan Anda coba sendiri. 

Manfaat mengkonsumsi buah nanas sangat tinggi, salah satunya yaitu dapat mengeliminasi sel kanker. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda baca kelanjutannya di bawah ini :

Manfaat Buah Nanas di Lihat Dari Kandungan Gizinya, Yaitu :

Manfaat Serta Efek Samping Mengkonsumsi Buah Nanas Yang Wajib Anda Ketahui

1. Mangan

Buah nanas merupakan buah yang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Kandungan mangan pada buah nanas termasuk unggul, yaitu dari 100 gram mangan telah memenuhi 59 persen kebutuhan mangan sehari – hari. Mangan sangat di butuhkan tubuh untuk memecah glukosa menjadi energi dan pembentukan lemak dari asam lemak. Selain itu mangan sangat berperan penting dalam pembentukan superoksida dismutase ( SOD ), yaitu enzim di dalam tubuh yang berperan sebagai antioksidan alami.

2. Vitamin C

Selain kandungan mangan yang unggul, kandungan vitamin C juga termasuk yang paling tinggi yaitu mencapai 30,3 ( batas unggul adalah lebih besar dari 7,5). Vitamin C di kenal sebagai senyawa yang di butuhkan tubuh dalam berbagai proses penting, mulai dari pembentukan kolagen ( protein berserat yang membentuk jaringan ikat pada tulang ), pengangkut lemak, pengangkut elektron dari berbagai enzimatik, menjaga gusi agar tetap sehat, mengatur tingkat kolesterol, serta meningkatkan imunitas tubuh terhadap serangan radikal bebas. Selain itu, buah nanas kaya akan antioksidan.

3. Kalium 

Kandungan kalium pada buah nanas juga sangat baik. Kalium sangat di perlukan untuk mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi, serta membersihkan karbondioksida di dalam darah. Kalium juga bermanfaat memicu kerja otot  dan simpul saraf. Dengan adanya kalium yang tinggi pada tubuh maka pengiriman oksigen ke otak akan berjalan dengan lancar.

4. Enzim Bromelin

Nanas segar kaya akan kandungan bromelin, bromelin termasuk ke dalam sulfur yang mengandung proteolitik. Enzim ini sangat berguna dalam pencernaan dan pereduksi peradangan. Enzim bromelin ini sangat efektif mengatasi sinusitis akut, artritis, dan asam urat.

Enzim bromelin ini sudah lama di gunakan untuk mengempukan daging. Selain terdapat pada daging buah nanas, bromelin juga terdapat pada batang buah nanas. Kandungan enzim bromelin meningkat dengan bertambah matangnya buah nanas. Bagian nanas yang lebih banyak kandungan bromelin terdapat pada bagian tengah buah nanas yang sedikit keras. Selain itu, bagian daun, kulit, tangkai juga terdapat kandungan bromelin dengan jumlah yang berbeda – beda.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa, pada buah nanas  terdapat CCS DAN CCZ didalam enzim bromelin. CCS sangat berperan penting untuk mereduksi 30 persen sel kanker, sedangkan CCZ  berperan penting dalam meningkatkan imunitas tubuh dan mengeliminasi sel kanker. Jadi dua komponen ini sangat berperan sebagai anti tumor.

5. Thiamin

Thiamin sangat berperan penting dalam metabolisme tubuh, khususnya dalam penguraian karbohidrat menjadi energi, serta bersama – sama dengan mangan sebagai ko-faktor dalam pembentukan antioksidan.

Efek Samping Mengkonsumsi Buah Nanas

Mengkonsumsi buah nanas dapat menyebabkan rasa gatal di tenggorokan, hal ini di sebabkan oleh kadar asam oksalatnya yang cukup tinggi. Oleh karena itu, pada saat ingin mengkonsumsi buah nanas harus benar – benar dibersihkan bagian matanya yang menyebabkan rasa gatal.

Selain asam oksalat, nanas juga mengandunga kalsium oksalat, jika di konsumsi secara berlebihan akan mengakibatkan batu ginjal. Kalsium oksalat adalah persenyawa garam antara ion kalsium dengan ion oksalat. Senyawa ini dalam bentuk kristal pada yang tidak larut dalam air, namun dapat larut dalam kadar asam yang sangat kuat.

Untuk membuang kandungan oksalat dalam buah nanas yaitu dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan suhu tinggi atau pemanasan. Pemanasan dapat di lakukan dengan penjemuran, pemasakan, perendaman dengan air hangat, pemanggangan dan pengeringan. Selain hal tersebut, dengan cara di fermentasi juga dapat menghilangkan kandungan oksalat pada buah nanas.

Namun, selayaknya konsumsi buah nanas secara wajar tidak akan merugikan. Karena kandungan gizi dan manfaat buah nanas jauh lebih tinggi di bandingkan dengan efek sampingnya yang hanya sedikit.

Tabel Komposisi Gizi Per 100 Gram Buah Nanas

Kandungan Gizi
Nilai Gizi
Energi
Protein
Lemak
Karbohidrat
Serat Pangan
Gula
Kalsium
Besi
Magnesium
Fosfor
Kalium
Natrium
Seng
Tembaga
Mangan
Selenium
Vitamin C
Thiamin
Riboflavin
Niasin
Vitamin B6
Folat
Vitamin B12
Vitamin A
Retinol
Vitamin E
Vitamin K
48 kkal
0,54 gram
0,12 gram
12,63 gram
1,4 gram
9,26 gram
13 mg
0,28 mg
12 mg
8 mg
115 mg
1 mg
0,1 mg
0,1 mg
1,18 mg
0,1 mg
36,2 mg
0,08 mg
0,03 mg
0,49 mg
0,11 mg
15 mkg
0 mkg
56 IU
0 mkg
0,02 mg
0,7 mcg

Sumber : www.nutritionanalyser.com
Sumber Info : DR

0 komentar

Post a Comment