February 27, 2018

Hati - Hati Bagi Penyuka Makanan Pedas! Bermanfaat Atau Berbahayakah Bagi Kesehatan?

Hati - Hati Bagi Penyuka Makanan Pedas! Bermanfaat Atau Berbahayakah Bagi Kesehatan? - - Hampir semua makanan orang Indonesia menambahkan bumbu cabai untuk menambahkan rasa pedas. Sebagian orang bilang, jika gak pedas sama juga gak makan. Bahkan ada juga beberapa makanan dengan tingkat kepedasannya diatas rata - rata, seperti level 1, level 2 dan seterusnya. Jujur aja, saya tidak begitu menyukai makanan yang terlalu pedas. Ya pedasnya sedang aja. 

Coba kita lihat artikel dibawah ini, ternyata makanan pedas memiliki manfaat, sekaligus bahaya?? Nah, tu bagi Anda yang menyukai makanan pedas, wajib baca. Ini dia manfaat dan bahaya mengkonsumsi makanan pedas, dari berbagai sumber.

Bagi Anda Penyuka Makanan Pedas, Wajib Baca! Manfaat dan Bahaya Makan Pedas

MANFAAT MENGKONSUMSI MAKANAN PEDAS ATAU CABAI
  1. Senyawa turmeric (yang ada di makanan kari) dalam makanan pedas memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan sendi dan kerusakan tulang pada manusia, sehingga bisa bermanfaat untuk orang dengan arthritis (peradangan sendi).
  2. Beberapa penelitian menunjukkan konsumsi cabai dan kari secara teratur bisa mengurangi risiko kanker. Senyawa capsaicin dalam cabai bisa membunuh sel kanker dengan menyerang mitokondria tanpa merusak sel-sel yang sehat serta meringankan rasa sakit di mulut bagi penderita kanker, sedangkan kurkumin dalam bumbu kari memiliki efek anti kanker.
  3. Makanan pedas dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung serta meningkatkan kemampuan tubuh untuk melarutkan bekuan darah.
  4. Mengonsumsi makanan rempah seperti cabai bisa membuat seseorang berkeringat sehingga mengurangi derita saat pilek dan flu.
  5. Sebuah studi menetapkan makanan pedas bisa mempercepat metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori lebih cepat.
  6. Konsumsi cabai bisa meningkatkan sirkulasi peredaran darah dan menurunkan tekanan darah, serta tingginya kadar vitamin A dan C bisa membantu memperkuat dinding pembuluh darah yang membuatnya menjadi elastis dan lebih mampu menyesuaikan diri dengan perbedaan tekanan darah.
  7. Mengurangi rasa nyeri dan ketidaknyamanan, senyawa capsaicin diketahui bisa mengurangi kadar dari zat P, yaitu suatu neurotransmitter dari sinyal rasa sakit.
Dan masih banyak lagi manfaat mengkonsumsi makanan pedas. Selain itu, menkonsumsi makanan pedas juga ada bahayanya. Diantaranya:

BAHAYA MENGKONSUMSI MAKANAN PEDAS

Gastritis
Gastritis adalah inflamasi atau peradangan yang terjadi pada lambung. Biasanya gastritis atau yang biasa disebut dengan maag ini disebabkan karena bakteri tetapi terlalu banyak makan cabai juga bisa menjadi salah satu penyebabnya karena makanan pedas dipercaya dapat menurunkan kemampuan lapisan pelindung lambung. Lapisan ini berfungsi melindungi lambung dari asam lambung.

Refluks asam lambung
Salah satu yang tidak dibolehkan pada orang yang memiliki penyakit refluks asam lambung adalah mengkonsumsi makanan yang pedas-pedas. Refluks asam lambung kronis dapat menimbulkan berbagai komplikasi seperti kanker esophagus, pneumonia dan gigi rusak karena asam lambung.

Insomnia
Kebanyakan kita tidak tahu bahwa selain kafein ternyata makanan pedas juga bisa menimbulkan kesulitan tidur. Ini terjadi karena setelah memakan makanan pedas maka suhu tubuh akan naik (itu sebabnya kita berkeringat setelah memakannya) sementara tubuh perlu melambatkan metabolisme sebelum tidur. Supaya lebih mudah tidur, hindari makanan pedas mendekati jam tidur.

Menurunnya kepekaan lidah
Semakin lama orang terbiasa mengkonsumsi makanan yang pedas maka kepekaan lidahnya menurun. Bagi orang lain satu sendok sambal sudah sangat pedas tetapi bagi orang yang terbiasa maka hanya sedikit merasakan pedas. Ini tidak hanya berlaku pada rasa pedas saja tetapi juga berpengaruh terhadap pengecapan rasa lainnya seperti manis, asin, asam dan pahit. Menurunnya indera pengecapan ini tidak jauh berbeda pada berkurangnya pendengaran orang berada dilingkungan bising, keduanya mempunyai akibat yang permanen.

Sakit perut dan diare
Ini akibat iritasi pada organ pencernaan karena makanan pedas. Meskipun sifatnya akut dan tidak persisten tetapi ini merupakan suatu tanda bahwa kita sudah kelebihan makanan pedas.

Itulah manfaat dan bahaya mengkonsumsi makanan pedas bagi kesehatan. Semua tergantung Anda, jika tidak terjadi masalah kesehatan yang berarti, mungkin Anda masih bisa menikmati makanan pedas sesuai keinginan Anda. Namun, jika menimbulkan penyakit dan membuat Anda tidak nyaman, sebaiknya dihindari. Semoga bermanfaat.

Sumber : alianurafni.wordpress.com

No comments:

Post a Comment