February 19, 2018

Anda Harus Tahu, Ini Dia Daftar Makanan Yang Memperparah Penyakit Ginjal

15 Daftar Makanan Yang Memperparah Penyakit Ginjal Anda – Penderita gagal ginjal harus bisa mengatur asupan makanan dalam tubuh, beberapa makanan disarankan untuk dihindari. Dari mulai yang mengandung karbohidrat, hingga yang berbagai macam protein.

Makanan-makanan tersebut terdengar biasa dan bahkan banyak kandungan nutrisi didalamnya yang sangat melimpah. Tetapi untuk penderita gagal ginjal menghindari makanan tersebut karena alasan tertentu.

MAKANAN YANG DAPAT MEMPERPARAH PENYAKIT GINJAL

Penderita penyakit ginjal diharuskan agar menghindari makanan yang mengandung kalium dan protein yang tinggi. Selain itu pula asupan karbohidrat dan mineralnya harus dibatasi.

15 Daftar Makanan Yang Memperparah Penyakit Ginjal Anda.

Beberapa makanan yang diharuskan dibatasi bagi penderita ginjal :

1. Nasi
Nasi merupakan karbohidrat utama pada sebagian besar diri kita, denagn tidak memakn nasi dalam sehari kita akan terasa seperti tidak memakan makanan berat. Tapi untuk penderita gagal ginjal nasi sebaiknya dihindari karena karbohidrat yang terkandung didalamnya mengandung gula dan akan membuat rasa haus timbul setelah mengkonsumsinya

2. Kentang
Seperti halnya nasi, kentang kenatang merupakan karbohidarat yang harus dhindari karena mengandung protein dan kalori yang beasar sehingga bagi penderita gagal ginjalyang memakannya akan menimbulkan rasa haus.

3. Gandum
Gandum dalam bentuk seral dan roti tentunya harus didhindari, karena gandum bukanlah karbohidrat yag baik untukpenderita gagal ginjal. Meskipun gandum berupa bahan makanan yang sehat penderita gagal ginjal dilarang mengkonsumsi makanan olahan sepert itu. Karena tidak mudah dicerna dalam tubuh.

4. Umbi-umbian
Selain kandungan gulan yang ada dalam umbi-umbian, protein juga termasuk didalamnya. Bagi penderita gagal ginjal yang memakannya menimbulkan rasa haus yang lumayan.

5. Telur
Protein yang terkandung dalam telur sangatlah tinggi dan itu juga disarankan untuk didhindari. Sebab asupan makanan yang kandungan proteinnya tinggi akan sulit disaring oleh ginjal dan akan menumpuk menjadi racun bagi ginjal itu sendiri.

6. Daging
Kandungan protein dalam daging ayam dan sapi juga sangat tinggi, itu sebabnya penderita ginjal dilarang untuk tidak mengkonsumsi dua jenis daging itu. Penderita ginjaal hanya diharuskan mengkonsumsi daging ikan yang terkandung omega-3 didalamnya.

7.  Keju
Keju berupa salah satu olahan yang terbuat dari susu yang mana penderita penyakit ginjal dilarang untuk mengkonsumsi nya. Sebab dalam keju terkandung kalium dan fosfor yang kaya akan potasium. Dua hal ini yang dapat berakibat menumpiknya fosfor dalam aliran darah dan menyedot kalsium dalam tubuh.

8.  Cokelat
Kandungan potsium dan fosfor yang tinggi ada dalam coklat. Jika dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal berdampak sangat buruk bagi tubuh yang menyebabkan gagal jantung karena tidak dapat dikeluarkan oleh ginjal. Kandungan potasium akan melemahkan jantung, membuat detakannya tidak stabil, hingga kematian akibat serangan jantung.

9.  Buah-Buahan
Buah-buahan sering disajikan bagi mereka yang sedang sakit, tetapi bukan yang menderita penyakit ginjal karena terkandung banyak mineral yang tidak diharuskan mengkonsumsinya.

10. Sayuran
Sama halnya denag buah-buahan, sayuran yang mengandung banyak mineral tidak boleh dikonsumsi oleh penderita ginjal. Karena mineral yang terlau banyak tidak mudah di cerna oleh ginjal yang sudah rusak dan akan menumpuk di paru-paru yang dapat menyebabkan kematian.

11. Gorengan
Makanan yang digoreng patut dihindari oleh penderita gagal ginjal. Minyak yang berlebih akan menjadikan keracunan asam dalam tubuh kartena ginjal menolak untuk mencerna. Alangkah baiknyakonsusi makanan yang direbus atau dikukus saja namun tetap perhatikan kadar mineral dalam makanan tersebut.

12. Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan mengandung fosfor yang tinggi dan juga menimbulkan rasa haus.

13. Makan Makanan yang Diawetkan
Pngawet dalam makanan seperti sosis, cornet dan lain-lain banyak mengandung sodium dan potasium. Pengawet tersebut akan menjadi racun yang ampuh untuk memperparah kondisi ginjal yang tidak sehat.

14. Garam
Makanan yang mengandung garam memperbanyak produksi air dalam tubuh. Selain karena tidak dapat dicerna oleh ginjal, makanan yang asin akan memicu tekanan darah tinggi dimana akan memperparah kondisi ginjal. Penderita penyakit ginjal wajib mengatur tekanan darah agar selalu dalam keadaan normal.

15. Gula
Mengkonsumsi makanan yang bersifat manis tentunya akan menimbulkan rasa haus sehingga tentu perlu dijauhi dan dihindari.

Sangatlah banyak makanan yang harus dihindari bagi penderita penyakit ginjal. Dan setiap penderita tentunya berbeda-beda dalam memiliki pantangannya, sehingga harus terlebih dahulu konsultasi dengan dokter seperti apa asupan kalori hingga mineral untuk anda penderita penyakit ginjal

Maka dari itu haruslah paham mengapa makanan tersebut dilarang untuk dikonsumsi , karena tidak sedikit yang menderita penyakit ginjal kekurangan nafsu makan karena menu yang dibatasi

Jika anda sudah menghindari Pantangan Makanan penderita Gagal Ginjal dan Mengkonsumsi Makanan Sehat Penderita Gagal Ginjal tetapi penyakit gagal ginjal yang diderita tidak membaik maka sebaiknya Anda harus melakukan pengobatan.

No comments:

Post a Comment