Rahasia Meningkatkan Traffik Blog di Blogspot Secara Gratis – Dalam sebuah pernyataan bahwa konten adalah raja, namun konten bukan segala – galanya. Maksudnya di sini, dalam dunia blogging, konten mempunyai nilai tinggi dan bermanfaat tidak cukup hanya sebagai ukuran kesuksesan monetisasi blog. Konten yang bagus, serta sempurna tidak serta merta menarik pembaca. Apa artinya, sebuah konten blog dengan konten yang bernilai tinggi, bermanfaat , dan hebat dalam semua aspek, namun tidak satu orang pun yang membacanya?

Pasti Anda bertanya – tanya, kenapa konten dengan kualitas bagus, tidak satu orang pun yang membacanya, apalagi bermanfaat bagi orang banyak. 
Selain konten bagus, yang terpenting lagi adalah mampu menarik pengunjung sebanyak – banyaknya  ke blog Anda, untuk meningkatkan traffik blog. Apalagi jika blog Anda telah di monetisasi, otomatis pendapatan Anda akan bertambah.

Secara umum, ada dua macam traffik. Ada yang gratis, yang berasal dari sebagian besar pengunjung datang dari halaman pencarian search engine, sisanya dari sosial media, sosial bookmarking, forum dan lain – lain. Kedua traffik berbayar, pengunjung datang dari iklan Pay Per Click seperti Google Adwords atau YPN yang Anda gunakan untuk mempromosikan blog Anda.

Namun dari keduanya, lebih di utama untuk memperoleh traffik gratis untuk menarik pengunjung blog Anda. Traffik berbayar, memang memberikan banyak pengunjung tapi jika Anda berhenti memasang iklan, maka otomatis pengunjung Anda akan hilang. Karena posisi blog Anda akan kembali normal. Karena itulah, artikel ini hanya akan membahas bagaimana cara meningkatkan traffik blog secara gratis. 
Berikut ini adalah hal – hal yang harus Anda lakukan untuk meningkat traffik blog :

Rahasia Meningkatkan Traffik Blog di Blogspot Secara Gratis

1. Daftarkan Blog Anda ke Mesin Pencari

Mungkin ini termasuk hal sepele, namun inilah langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk menarik traffik gratis ke blog Anda. Untuk memperoleh traffik gratis, blog Anda terlebih dahulu di daftarkan ke mesin pencari. Dengan begitu robot mesin pencari akan meng-crawl setiap artikel yang Anda daftarkan. Ada tiga mesin pencari terbesar, yaitu Google si Empunya Blogspot, Yahoo dan MSN. Silahkan daftarkan Blog Anda kesana terlebih dahulu sebelum melakukan langkah selanjutnya.

2. Daftarkan Blog Anda ke Blog Directory

Blog director adalah situs yang berisikan daftar blog yang disusun menurut topik tertentu. Dengan mendaftarkan blog Anda ke blog directory, selain mendapatkan pengunjung, Anda akan mendapatkan backling dari situs blog directory yang kebanyakkan memiliki nilai page rank cukup tinggi. Hasilnya, dimata mesin pencari blog Anda akan memiliki kualitas tinggi pula.

3. Ciptakan Lebih Banyak Konten yang Bernilai Tinggi.

Seperti yang telah di bahas sebelumnya, bahwa konten adalah raja, maka buatlah konten yang bernilai tinggi, ini merupakan syarat mutlak untuk menarik pengunjung ke blog Anda. Buatlah konten yang benar – benar bermanfaat bagi pengunjung blog Anda dan lakukan optimasi keyword terfokus  sesuai dengan topik yang sedang Anda bahas. Mulailah dengan rutin menulis artikel dan melakukan optimasi seo on-page berdasarkan keyword yang Anda bidik. Semakin bagus seo on-page yang Anda lakukan maka akan semakin bagus posisi Anda di SERP, dan itu artinya pengunjung blog Anda semakin bertambah.

4. Bangun Backlink

Untuk meningkatkan nilai SEO off-page yang akan meningkatkan rangking hasil pencarian yaitu dengan membangun backlink. Dengan semakin banyak backlink natural atau organik yang Anda dapatkan, maka akan semakin tinggi SERP blog Anda di mesin pencari. Dengan begitu, tentu semakin tinggi pula pengunjung yang datang ke blog Anda.

5. Promosi Blog Anda

Menurut pakarnya, ada banyak cara mempromosikan blog tanpa mengeluarkan uang sedikitpun. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan adalah :
- Memberikan komentar di blog lain ( bukan spam comment )
- Mendaftar dan meninggalkan signature blog di forum – forum online
- Memanfaatkan layanan RSS Feed, misalnya dari feedburner
- Memanfaatkan layanan RSS melalui email, misalnya dari FeedBlitz
- Memanfaatkan situs sosial networking, semisal friendster, my space dan lain – lain.
- Mencantumkan signature blog email pribadi Anda
- Mendaftar situs – situs sosial media semacam wikipedia
- Memanfaatkan Entrecard
- Menyisipkan alamat blog pada akun yahoo messanger
- Memanfaatkan situs social bookmarking semacam digg, stumbleUpon, atau Lintas Berita
- Menulis untuk blog lain dengan menyertakan alamat blog.

Demikianlah beberapa cara meningkatkan traffik blog di blogspot secara gratis. Dengan begitu, blog Anda akan di kenal kualitas dan kredibilatasnya oleh mesin pencari maupun pembaca yang mendapatkan manfaat dari blog Anda. Dan akhirnya, blog Anda akan menarik pengunjung loyal yang selalu datang mengunjungi blog Anda. Sebaiknya itulah hal – hal yang harus Anda lakukan sebelum Anda berfikir untuk menaikan traffik blog Anda secara berbayar. Semoga bermanfaat.

0 komentar

Post a Comment