Cara Membuat Aplikasi Android Menggunakan Software Android Studio - Tahukah Anda, bahwa aplikasi yang sering Anda down-load di Playstore maupun tempat yang menyediakan aplikasi untuk di down-load, di buat menggunakan software Android Studio. Software android studio merupakan tempat membuat aplikasi seperti game, map, aplikasi resep dan lain sebagainya. Selain Anda dapat membuat aplikasi, Anda juga dapat memonetisasi aplikasi Anda melalui Admob. Admob merupakan periklanan dari Google khusus untuk mobile, dengan ini setiap aplikasi yang Anda buat di buka oleh seseorang maka Anda akan memperoleh Dollar yang terus mengalir ke Rekening pribadi Anda. Jika Anda tertarik untuk mencoba membuat aplikasi menggunakan android studio, ini merupakan tempat yang pas untuk memulai. Namun, sebelum Anda memulai membuat projek pertama Anda, lengkapi terlebih dahulu syarat - syarat di bawah ini :

  • Unduh software Android Studio versi terbaru
  • Unduh Software JDK 64 Bit
  • Unduh Software JDK 32 Bit
Setelah semuanya lengkap, jangan lupa untuk langsung di Instal ke komputer Anda, sekarang mari ikuti langkah - langkahnya sebagai berikut :
  • Memulai Proyek Baru
Buka Android Sudio yang telah Anda Instal, maka akan terbuka tampilan " Welcome to Android Studio " seperti di bawah ini :

Cara Membuat Aplikasi Android Menggunakan Software Android Studio


Jika Anda melihat tampilan seperti diatas, maka pilih start new project, seperti yang dilingkar merah, maka akan terbuka proyek baru, seperti gambar dibawah ini :
  • Memberi Nama Proyek

Cara Membuat Aplikasi Android Menggunakan Software Android Studio

Pada contoh gambar di atas menggunakan nama " BannerExample ", jika Anda memiliki nama lain, Anda dapat menggantinya. Untuk nama domain, jika Anda memiliki Website/ Blog, Anda dapat mengisinya dengan nama tersebut. Sedangkan untuk lokasi, secara otomatis telah di tentukan, namun jika Anda ingin mengubahnya, silahkan saja. Setelah semuanya terisi, tekan Tombol " Next "
  • Menyetel Versi SDK
Cara Membuat Aplikasi Android Menggunakan Software Android Studio

Anda dapat mengubah versi SDK yang lebih tinggi, tapi versi SDK API 9 merupakan versi minimum yang di dukung oleh Google Mobile Ads SDK, Klik " Next " untuk melanjutkan.
  • Menambahkan Aktivitas Utama
Cara Membuat Aplikasi Android Menggunakan Software Android Studio


Pilih saja Empty Activity, lalu " Next "
  • Memberi Nama Aktivitas Anda
Cara Membuat Aplikasi Android Menggunakan Software Android Studio

Untuk nama aktivitas, beri saja nama default, setelah itu klik " Finish ". Tunggu sampai proses Rebuild selesai. Setelah itu coba jalankan Aplikasi Anda. Jika tidak terjadi eror maka Anda telah berhasil membuat aplikasi pertama Anda. Tampilannya lebih kurang seperti gambar di bawah ini, namun pada gambar ponsel di bawah telah sedikit di modifikasi. Untuk yang belum di edit, atau di tambahkan, gambar ponsel berupa halaman kosong dengan tulisan " Hello World ", berikut gambarnya :

Cara Membuat Aplikasi Android Menggunakan Software Android Studio

 Disinilah Anda dapat menambah, mengedit dan mengisi konten yang akan Anda buat Aplikasi. Untuk saat ini sekian dulu, lain waktu di sambung lagi ya. Silahkan Anda coba - coba edit sendiri dulu, mana tahu berhasil, dan sambil baca - baca tutorialnya dari teman - teman. Semoga bermanfaat.

0 komentar

Post a Comment