Pengertian, Tata Cara Pelaksanaan, serta Keutamaan Shalat Sunnah Dhuha  – Pengertian shalat sunnah dhuha adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada waktu matahari sedang naik setinggi tombak hingga matahari diatas kepala atau benda. Kira – kira antara jam 08.00 sampai jam 12.00 WIB. 

Pengertian, Tata Cara Pelaksanaan, serta Keutamaan Shalat Sunnah Dhuha


Shalat sunnah dhuha dikerjakan sekurang – kurangnya dua rakaat dan sebanyak – banyaknya adalah 12 rakaat. Jika pelaksanaan shalat dhuha lebih dari dua rakaat maka dikerjakan dengan 2 rakaat salam dan seterusnya.

Adapun cara mengerjakannya adalah pada rakaat pertama sesudah membaca surat Al-Fatihah dianjurkan membaca surat An-nash, sedangkan pada rakaat kedua membaca surat Al-Khautsar atau surat – surat lain yang dikuasai.

Sesudah melaksanakan shalat sunnah Dhuha, di anjurkan untuk membaca do’a yang artinya memohon kepada Allah agar diampuni segala dosa – dosanya, diberikan ridha oleh Allah dan dimudahkan segala urusannya. Do’a tersebut berbunyi sebagai berikut :

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقَى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Artinya : Ya Allah.. Sesungguhnya waktu dhuha itu adalah waktu dhuha Engkau, keagungan adalah keagungan Engkau, keindahan adalah keindahan Engkau, kekuatan adalah kekuatan Engkau, kekuasaan adalah kekuasaan Engkau dan penjagaan adalah penjagaan Engkau. Ya Allah...Apabila rizkiku diatas langit, maka turunkanlah, apabila ada didalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar maka mudahkanlah, apabila haram maka sucikanlah, apabila jauh maka dekatkanlah, dengan hak waktu dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan Engkau, Ya Allah...Berikanlah kepadaku apa – apa yang telah engkau berikan kepada hamba – hamba-Mu yang shaleh.


Shalat sunnah dhuha adalah salah satu shalat sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah untuk dikerjakan dari sekian banyak shalat sunnah. Di dalam Shalat sunnah dhuha terkandung keutamaan, diantaranya adalah

  1. Orang yang selalu mengerjakan shalat sunnah dhuha akan mendapatkan ridha dari Allah
  2. Orang yang senantiasa melaksanakan shalat sunnah dhuha akan dimudahkan rizqinya oleh Allah.
  3. Orang yang melaksanakan shalat sunnah dhuha dengan rutin sebanyak 12 rakaat akan dibangunkan oleh Allah istana di surga.
  4. Siapapun yang melaksanakan shalat sunnah dhuha dengan langgeng maka Allah akan ampuni dosanya, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan.
  5. Barang siapa yang mengerjakan 4 rakaat shalat sunnah dhuha maka akan Allah cukupkan semua kebutuhannya hingga sore hari.

Luar biasa sekali bukan..? Manfaat dari shalat sunnah dhuha, semoga ke depannya kita semua bisa sama – sama menjalankan ibadah yang sangat di anjurkan oleh Rasulullah ini. Aamiiin...

Sumber : wikipedia

0 komentar

Post a Comment