14 Manfaat Umbi Bengkoang Untuk Kesehatan Tulang, Kulit, Diabetes, Kolesterol dll - Bengkoang ( pachyrhizus erosus ) menurut para ahli, berasal dari Amerika Tengah dan Selatan ( meksiko ). Di Indonesia tanaman ini dibawa oleh orang spanyol yang menguasai Filiphina dan membawanya ke Ambon pada abad ke - 17, hingga akhirnya di budidayakan di seluruh nusantara.

Kandungan gizi yang terdapat dalam bengkoang per 100 gram adalah, energi 55 kkal, protein 1,4 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 12,8 gram, kalsium 15 mg, fosfor 18 mg, vitamin A, vitamin B1 0,04 mg, vitamin C 20 mg, besi 0,6 mg. Lengkap sekali bukan? 

Biasanya bengkoang ini kita konsumsi langsung, di buat sop buah, rujak dan lain sebagainya. Selain untuk di konsumsi, bengkoang ini juga banyak di olah menjadi berbagai produk  kecantikan seperti sabun bengkoang, lotion bengkoang, luluran dari bengkoang dan lain sebagainya. Setelah Anda mengetahui sedikit manfaat dari bengkoang, saatnya saya akan jelaskan manfaat bengkoang secara lengkap, apa sajakah itu, ini dia :

14 Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan Tulang, Kulit, Diabetes, Kolesterol dll

14 Manfaat Umbi Bengkoang Untuk Kesehatan, Yaitu :
  • Untuk Tulang Dan Gigi
Umbinya mengandung gula dan pati serta fosfor dan kalsium sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kepadatan dan konsistensi tulang dan gigi.
  • Untuk Kulit
Umbinya juga punya efek pendingin karena mengandung kadar air 86 - 90%. Oleh karena memiliki efek dingin, bengkoang dapat dimanfaatkan untuk penurun demam dan menjaga kecantikan kulit, seperti digunakan sebagai luluran yang  menjadikan kulit lebih segar dan tampak lebih putih. Bengkoang bekerja mengangkat  sel - sel kulit mati tersebut.
  • Mengatasi Penyakit Kulit
Selain dapat di jadikan sebagai luluran alami, bengkoang juga dapat mengobati penyakit kulit, yaitu dengan cara ambil bengkoang, lalu haluskan dengan belerang secukupnya dan tempelkan pada bagian tubuh atau kulit yang sakit.
  • Mengatasi Eksim
Untuk mengatasi eksim, cukup dengan makan bengkoang, dan jangan lupa dibuang kulitnya dan dimakan secara langsung. Lakukan secara rutin empat kali seminggu.
  • Mengatasi Konstipasi.
Kandungan inulin dan oligosakarida yang terdapat didalam bengkoang memiliki serat yang tinggi yang sangat baik untuk mengatasi konstipasi atau sembelit.
  • Mengobati Wasir.
Wasir terjadi karena gangguan aliran darah disekitar dubur sehingga pembuluh darah melebar dan membengkak. Kandungan serat dalam bengkoang dapat mengatasi wasir. Karena salah satu fungsi serat yaitu membantu proses saluran pencernaan dan pengeluaran feses dan tidak menimbulkan rasa sakit serta mengurangi penekanan saat mengeluarkannya. Untuk mengatasi wasir, bengkoang dibuat dalam bentuk jus yang diminum setiap bangun tidur dan pagi hari.
  • Mengobati Demam
Bengkoang mempunyai sifat kimia yang bersifat mendinginkan yang dapat digunakan untuk menurunkan demam. Umbinya dapat dimakan langsung atau dibuat jus diminum atau dimakan pagi dan sore.
  • Baik Bagi Penderita Diabetes
Penyakit kencing manis atau diabetes melitus merupakan penyakit bersifat kronis yang terjadi akibat kekurangan insulin yang ditandai meningkatnya kadar glukosa dalam darah. Serat makanan yang terdapat dalam bengkoang berperan menurunkan kadar gula dalam darah dan menjaga agar gula darah tetap normal. Untuk mendapatkan manfaatnya tersebut, ambil bengkoang, parut kemudian saring lalu diambil airnya atau sarinya diminum setiap pagi dan malam hari, dapat juga di buat jus bengkoang.
  • Mengobati Sariawan
Kandungan vitamin C dalam bengkoang bertindak sebagai antioksidan dapat membantu proses penyembuhan sariawan. Dengan cara bengkoang dibuat jus lalu ditambahkan madu dan air secukupnya, diminum pagi dan sore.
  • Sebagai Fitoestrogen Alami.
Bagi wanita yang memasuki masa menopause dimana hormon estrogen tidak lagi diproduksi tubuh, sehingga wanita mengalami kemunduran fisik, kulit lebih cepat keriput dan tulang mudah rapuh. Sangat dianjurkan mengkonsumsi bengkoang karena bengkoang mengandung fitoestrogen yang cukup tinggi sehingga menjadikan wanita yang semakin tua menjadi semakin menarik dan segar.
  • Menurunkan Kadar Kolesterol.
Terapi jus bengkoang dapat dilakukan untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Kandungan air dan seratnya serta vitamin C yang tinggi dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah.
  • Mengurangi Produksi Asam Lambung.
Gangguan asam lambung merupakan penyakit yang terjadi karena pola hidup dan pola makan yang salah, jika tidak segera diobati akan menyebabkan peradangan bahkan luka dalam perut. Dianjurkan untuk memperbanyak makan buah dan mengurangi makan berminyak dan pedas. Ahli naturopati menyarankan untuk mengkonsumsi bengkoang segar. Karena sifatnya dingin yang cepat menyerap asam lambung berlebih.
  • Menjaga Kekebalan Tubuh.
Kandungan vitamin C dan beberapa phytonutrien yang terdapat dalam bengkoang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi bengkoang secara teratur dapat menghindarkan kita dari serangan berbagai macam infeksi maupun penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri maupun mikroorganisme yang berbahaya.
  • Mengobati Penyakit Beri - Beri
Untuk mengobati penyakit beri – beri, yaitu dengan cara mengambil beberapa bengkoang lalu dijus atau diparut dan diminum pagi hari atau siang hari setelah makan.

Itulah manfaat dan khasiat umbi  bengkoang yang tidak kita ketahui selama ini, ternyata cukup lengkap sekali bukan?. Semoga bermanfaat.
   

0 komentar

Post a Comment