Segudang Manfaat Pepaya Muda dan Daun Pepaya serta Efek Sampingnya Bagi Kesehatan – Pepaya merupakan buah tropis dari keluarga caricaceae. Buah yang memiliki nama botani carica papaya ini berasal dari Amerika Selatan. Selain di makan buah pepaya yang telah masak, buah pepaya muda dan daunnya di olah menjadi sayur yang memiliki gizi lengkap. Mungkin selama ini yang Anda tahu tentang gizi pepaya yang telah masak sangat tinggi. Ternyata pepaya muda dan daun pepaya tidak kalah gizi dan manfaatnya di bandingkan dengan yang telah masak. Mungkin bagi yang selama ini kurang suka dengan rasa daun pepaya yang agak pahit. Untuk menghilangkan atau mengurangi rasa pahit dari daun pepaya, Anda dapat meremas daun pepaya dengan garam, setelah itu dapat di olah seperti biasa. Sedangkan pepaya muda dapat diolah menjadi sayur putih yang di beri sedikit santan. Asalkan semua sayur tersebut diolah dengan benar maka itu tidak akan mengurangi nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Untuk lebih jelasnya mari disimak saja penjelasan di bawah ini :

A. GIZI DAN MANFAAT PEPAYA MUDA DAN DAUN PEPAYA

Buah pepaya mentah mengandung kalori yang sangat rendah yaitu sekitar 26 kcal/100 gram. Sebaliknya daun pepaya mengandung kalori yang lebih besar 79 kcal/100 gram. Dengan melihat perbadingan kalori dan komponen gizi yang dimiliki keduanya. Anda dapat memilih buah pepaya muda atau daun pepaya yang cocok bagi memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Berikut ini uraiannya :

Sumber Vitamin Antioksidan

Buah pepaya mengandung vitamin yang lengkap, terutama vitamin A, vitamin B9 (folat ), vitamin C dan vitamin E. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin A, vitamin C, vitamin E merupakan serangkaian vitamin  yang memiliki peran sebagai antioksidan.

Bagi Anda memiliki kadar kolesterol tinggi, perbanyaklah makan makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E. Untuk mencegah oksidasi kolesterol.

Kolesterol yang teroksidasi akan menggumpal sehingga akan menyumbat pembuluh darah. Setelah pembuluh darah tersumbat maka akan menyebabkan jantung koroner dan memicu terjadinya stroke.

Beberapa studi ilmiah membuktikan bahwa kecukupan vitamin C mampu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan mencegah oksidasi kolesterol baik HDL. Penurunan LDL dan peningkatan HDL adalah dua syarat untuk mencapai kadar kolesterol baik.

Segudang Manfaat Pepaya Muda dan Daun Pepaya Serta Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

Mengikat Kolesterol

Kadar kolesterol seseorang dapat turun  dengan mengkonsumsi serat yang cukup banyak dari buah dan sayur, seperti buah pepaya muda dan daun pepaya. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi takut jika kolesterol Anda akan naik. Karena serat pada buah pepaya muda dan daun pepaya mengikat lemak di dalam usus dan mengeluarkannya dalam bentuk tinja.

Mencegah Kerusakan Pembuluh Darah.

Buah pepaya mengandung folat yang cukup tinggi. Folat berfungsi untuk mencegah pengaruh buruk homosistein yang menyebabkan kerusakan pembuluh darah. Bagi penderita penyakit jantung koroner, bisa mencoba makan sayur buah pepaya muda agar terhindar dari kerusakan pembuluh darah yang memicu serangan jantung.

Selain itu, folat pada buah pepaya muda dapat membantu mencegah kerusakan DNA dari radikal bebas sehingga risiko terkena kanker pun menurun. Bagi Anda yang gemar makan makanan berlemak, resiko kanker kolon akan semakin tinggi. Untuk itu Anda harus memperbanyak makan makanan yang mengandung serat tinggi seperti pepaya muda ini.

Melancarkan BAB

Buah pepaya muda kaya akan kandungan enzim papain dan chymopapain. Papain adalah enzim proteolik yang berfungsi melunakan protein pada daging. Bagi Anda yang gemar menyantap daging, kedua enzim ini akan membantu dalam mencerna protein yang masuk ke dalam tubuh. Tidak hanya itu, keduanya juga akan meningkatkan masa tinja menjadi lebih lunak, sehingga BAB menjadi lancar.

Obat Luka Bakar

Bagi Anda yang mengalami luka bakar, olesi bagian yang sakit dengan getah pepaya. Enzim papain memiliki kemampuan menyembuhkan luka bakar dan mencegah agar tidak terjadinya infeksi yang berkelanjutan.

Anti – Inflamasi

Papain juga merupakan anti-inflamasi yang cukup ampuh. Enzim ini bekerja sama dengan beta-karoten, vitamin A, C, dan E untuk mencegah peradangan. Kerja sama yang baik tersebut akan mencegah inflamasi yang dapat menyebabkan asma serta penyakit sendi seperti osteoarthritis dan rheumatoid arhtritis.

Menjaga Kesehatan Mata

 Daun pepaya kaya dengan beta-karoten. Beta-karoten merupakan bahan baku produksi vitamin A. Di dlam tubh, beta-karoten akan di ubah menjadi vitamin A untuk menjaga kesehatan mata dan sebagai antioksidan.

Membantu Penyerapan Zat Besi

Kandungan vitamin C pada daun pepaya termasuk paling tinggi. Jika Anda kurang mengkonsumsi buah maka Anda dapat menggantinya dengan mengkonsumsi daun pepaya. Seperti yang kita tahu bahwa vitamin C sangat berperan penting untuk menyembuh sariawan dan membantu penyerapan zat besi.

Mengatasi Jerawat

Bagi Anda yang memiliki jerawat kemungkinan besar Anda kekurang vitamin C. Kekurangan vitamin C membuat kulit Anda peka terhadap bakteri penyebab jerawat. Untuk mengatasi hal tersebut Anda harus memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin C. Seperti daun pepaya ini, selain itu daun pepaya dapat membersihkan darah dari alergi penyebab berkembangnya jerawat.

Dengan begitu, kulit wajah Anda akan terbebas dari jerawat, tanpa meninggalkan bekas jerawat karena daun pepaya memiliki sifat sebagai antiperadangan.

Obat Kontrasepsi Alami

Dalam sebuah penelitian yang diadakan di India terungkap bahwa pepaya muda dan bijinya merupakan obat kontrasepsi alami yang telah teruji. Uji coba dilakukan terhadap tikus yang di berikan ekstrak pepaya muda secara terus menerus akan mengalami keguguran.

Penelitian ini memang perlu di tindak lanjuti untuk mengetahui efek kontrasepsi tersebut terhadap manusia. Jika memang terbukti, tentu ini merupakan pilihan yang tepat bagi yang alergi terhadap obat Kontrasepsi kimia.

Demikian, manfaat dan kandungan gizi yang terkandung di dalam buah pepaya muda dan daun pepaya yang sangat lengkap. Untuk membuktikan khasiatnya, patut dicoba untuk mengkonsumsinya.

B. EFEK NEGATIF PEPAYA MUDA DAN DAUN PEPAYA

Memicu Kenaikan Asam Urat

Daun pepaya termasuk jenis sayuran yang memiliki kadar purin yang cukup tinggi. Itu artinya bagi Anda yang memiliki keluhan asam urat tidak dapat mengkonsumsi sayur ini. Apalagi kadar asam urat di dalam tubuh diatas normal. Batas asam urat normal orang dewasa berada pada skala 5,6 mg/ dl. Untuk wanita, kadar asam urat disebut tinggi bila menunjukan angka di atas 6,0 mg/ dl, sedangkan untuk pria yaitu di atas 7,0 mg/ dl.

Menurunkan Tingkat Kesuburan

Seperti yang telah di jelaskan tadi bahwa daun pepaya muda merupakan obat kontrasepsi alami. Artinya jika wanita mengkonsumsi daun pepaya maka tingkat kesuburannya akan menurun. Sedangkan jika pria yang mengkonsumsi maka akan menonaktifkan kemampuan sperma untuk membuahi sel telur. Namun bagi Anda yang ingin memiliki keturunan sebaiknya tidak mengkonsumsi sayuran ini.

Dibawah ini merupakan Tabel perbandingan kandungan nutrisi antara buah pepaya muda dan daun pepaya pada 100 gram.

Komponen Gizi
Buah Pepaya Muda
Daun Pepaya

Energi
Protein
Lemak
Karbohidrat
Kalsium
Fosfor
Kalium
Vitamin B1
Vitamin A
Vitamin C
Air
BDD

26 kcal
2,1 g
0,1 g
4,9 g
50 mg
29 mg
0,5 mg
25 mg
0,07 mg
9 mg
85,4 g
80%

79 kcal
8,0 g
2,0 g
11,9 g
353 mg
63 mg
0,8 mg
18.250 mg
0, 15 mg
140 mg
75,4 g
71%


Sumber : Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI (1992)
Sumber Info : AgroMedia

0 komentar

Post a Comment