April 17, 2018

Daun Ini Tidak Hanya Pewangi Makanan Tapi Juga Memiliki Khasiat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Daun Ini Tidak Hanya Pewangi Makanan Tapi Juga Memiliki Khasiat Untuk Kesehatan dan Kecantikan - Tanaman pandan yang mempunyai nama latin Pandanus Amaryllifolius atau dalam bahasa inggris dikenal  dengan nama fragrant Pandan,  merupakan tanaman asli dari Asia dan Australia tropis. Pandan sering ditanam dihalaman dan sekitar rumah, selain itu juga sering dijumpai tumbuh liar ditepi sungai, rawa-rawa, serta ditempat-tempat yang agak lembab.

Warna daun pandan berwarna hijau, dengan aroma wangi yang khas, tunggal, duduk dengan pangkal memeluk batang yang mirip membentuk kipas dan tersusun garis spiral, bentuk daunnya seperti pita, tipis, licin, pinggiran rata dengan ujung meruncing (namun seringkali pinggirannya juga bergerigi), panjang sekitar 30 hingga mencapai 80 cm. Bunga pandan majemuk berbentuk bongol dengan warna putih, bunga pandan juga jarang dapat dijumpai namun juga mempunyai sifat afrodisiak atau mampu mer4ngsa4ng hasrat s3ksu4al, buahnya merupakan buah batu yang menggantung berbentuk bola berdiameter 4-7,5 cm, dinding buah berambut dan berwarna jingga. Batang tanaman pandan bulat dengan bekas duduk daun yang menempel, bercabang dan akarnya tunjang yang keluar disekitar pangkal batang dan cabang. Tanaman ini juga dikenal steril, cara memperbanyak atau membudidayakan pandan cukup mudah yaitu  dengan memotong cabang dari batangnya dan menanamnya ditanah, lalu disiram dengan air secukupnya untuk menjaga kelembaban tanahnya.

Daun Ini Tidak Hanya Pewangi Makanan Tapi Juga Memiliki Khasiat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan Daun Pandan
Manfaat herbal yang diperoleh dari daun pandan karena adanya berbagai senyawa yang terdapat didalamnya, senyawa tersebut antara lain seperti : tanin, minyak atsiri, flavonoida, alkoloid, saponin, polifenol dan zat warna. Kandungan zat tanin yang terdapat dalam daun pandan bisa memberikan efek menenangkan atau relaksasi, kandungan polifenolnya juga berfungsi sebagai anti-oksidan yang kuat.

Manfaat Dan Khasiat Daun Pandan
Penggunaan daun pandan dalam makanan bisa menambah aroma yang khas dalam masakan seperti kolak, minuman-minuman, penghias hidangan, dan sebagai pewarna alami. Selain juga bisa digunakan sebagai pengawet dan pewangi, daun pandan bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional seperti mengobati penyakit rematik, gelisah, pereda nyeri, mengurangi demam, meringankan nyeri dada, arthitis, sakit telinga, memperkuat gusi, penyembuh luka, mengobati penyakit cacar dan berfungsi sebagai pencahar yang baik bagi anak-anak. Daun pandan juga efektif dalam mengurangi kram perut, memulihkan kesehatan dari kondisi lemah wanita yang baru saja melahirkan, mengobati penyakit kulit termasuk kusta, fungsi daun pandan untuk penyakit batuk dan diabetes juga sangat signifikan.

Selain berbagai manfaat tersebut, daun pandan juga bisa dimanfaatkan dalam dunia kecantikan yaitu sebagai bahan alami dalam perawatan rambut, seperti : menyuburkan rambut, menghitamkan rambut, mengatasi rambut rontok hingga mengatasi masalah ketombe.

Berikut ini adalah berbagai manfaat dan kegunaan daun pandan serta cara penggunaanya selain yang telah disebutkan sebelumnya, antara lain :

Menurunkan tekanan darah tinggi atau Hipertensi
Cara penggunaan : Ambil 7 lembar daun pandan segar, bersihkan, daun diikat simpul seperti waktu memasukkan dalam campuran kolak lalu rebus sampai mendidih bersama 3 gelas air dan tunggu hingga airnya tersisa menjadi sekitar 2 gelas. Minum air rebusan tersebut 2 kali sehari, pagi dan sore hari.

Obat penyakit reumatik
Cara penggunaan : Ambil 3 lembar daun pandan segar, bersihkan lalu potong-potong kecil lalu campurkan dalam minyak kelapa yang dididihkan sambil diaduk-aduk merata, setelah itu biarkan dingin dan digunakan untuk menggosok bagian tubuh yang terkena penyakit reumatik.

Mengobati pegal linu
Cara penggunaan : Ambil 7 lembar daun pandan, 15 daun serai, lalu bersihkan ke 2 bahan tadi. Setelah itu tumbuk hingga halus dengan ditambahkan sesendok makan minyak kayu putih dan minyak gandapuro, kemudian gunakan ramuan tadi untuk mengurut dan menggosok tubuh yang terasa sakit akibat pegal-pegal karena bekerja keras.

Mengatasi gelisah dan pikiran kurang tenang
Cara penggunaan : Ambil 1 lembar daun pandan ukuran sedang, lalu bersihkan, setelah itu iris tipis-tipis. Seduh dalam segelas air panas seperti membuat teh, kemudian setelah agak hangat minum ramuan tersebut, akan cukup baik bila membuat nya menjelang tidur atau malam hari.

Menambah nafsu makan
Cara penggunaan : ambil 3 lembar daun pandan, bersihkan lalu iris  atau potong kecil-kecil, setelah itu rebus sampai mendidih bersama 3 gelas air dan tunggu hingga airnya tersisa menjadi setengahnya. Minum air rebusan tersebut 2 kali sehari, pagi dan sore hari.

Membantu mengobati L3mah Syahw4t
Selain bisa digunakan sebagai obat lemah saraf, daun pandan wangi tersebut juga berguna untuk membantu mengatasi masalah pria.

Cara penggunaan : Ambil 3 lembar daun pandan segar, bersihkan dan potong kecil-kecil, setelah itu rebus sampai mendidih bersama 4 gelas air dan tunggu hingga airnya tersisa menjadi sekitar 2 gelas. Kemudian setelah dingin, minum air rebusan tersebut 2 kali sehari, pagi dan sore hari.

Daun Pandan Untuk Kecantikan
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, khasiat daun pandan juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan terutama  berguna untuk perawatan rambut. Ada sebuah peribahasa yang mengatakan bahwa  “ Rambut merupakan mahkota setiap wanita “ , selain itu Rambut juga bisa menjadi sebuah pertanda dari kepribadian seseorang, bila rambut terlihat indah maka besar kemungkinan kepribadian orang tersebut juga baik, oleh karena itu rawatlah rambut Anda sebaik mungkin agar bisa terlihat indah. Berikut ini adalah berbagai cara penggunaan daun pandan dan beberapa campuran bahan lainnya untuk merawat rambut serta mengatasi masalah-masalah rambut.

Menghitamkan rambut
Caranya : Ambil 7 lembar daun pandan, bersihkan lalu potong kecil-kecil, setelah itu rebus bersama 1 liter air, tunggu hingga airnya burubah warna menjadi hijau. Kemudian embunkan air tersebut semalamam dan keesokan harinya campurkan air tersebut dengan air perasan tiga buah mengkudu yang sudah masak. Gunakan ramuan tersebut untuk keramas dan lakukan cara tersebut selama 3 kali  dalam seminggu, niscaya rambut Anda akan terlihat indah dan terlihat lebih hitam.

Mengatasi kerontokan rambut
Caranya : siapkan selembar daun pandan, 9 lembar daun waru, 5 lembar daun mangkok’an, segenggam daun urang aring, 10 kuntum bunga melati,  sekuntum bunga mawar, setengah cangkir minyak kelapa, minyak wijen dan minyak kemiri. Kemudian bahan-bahan tersebut dibersihkan lalu dimasukkan dalam sebuah wadah panci dan direbus sampai mendidih, setelah itu disaring. Untuk menggunakannya, oleskan ramuan tersebut pada rambut dan kulit kepala secara merata dengan agak dipijit-dipijit, lalu tutup kepala Anda dengan handuk, lakukan cara tersebut dimalam hari. Keesokan harinya keramas seperti biasa, ulangi mengoleskan ramuan tersebut 2 atau 3 kali dalam seminggu.

Menghilangkan ketombe
Caranya : Ambil 7 lembar daun pandan wangi segar, bersihkan lalu iris-iris kemudian dihaluskan dan diblender dengan ditambahkan setengah gelas air bersih. Setelah itu saring dan gunakan air tersebut untuk membersihkan rambut serta kulit kepala, dan biarkan sampai kering dengan sendirinya. Setelah kering bilas dengan air bersih dan keramas seperti biasa, lakukan 2 atau 3 kali seminggu sampai ketombe dirambut Anda benar-benar hilang.

Demikian tadi segala Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan Dan Keindahan Rambut yang bisa kita peroleh dan mungkin tanpa kita sadari akan berbagai manfaat serta khasiatnya untuk kesehatan, mungkin setelah membaca artikel ini Anda akan mulai menanam tanaman pandan disekitar rumah, baik dalam pot-pot maupun tanah kosong dekat rumah Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.

No comments:

Post a Comment