Tips Cara Mengatasi Gatal - Gatal Pada Kulit Dengan Bahan Alami - Ada banyak cara untuk menyingkirkan kulit gatal secara alami. Penyakit kulit gatal juga dikenal sebagai pruritus, itu adalah perasaan yang timbul secara otomatis membuat seseorang ingin menggaruk secara spontan. Tapi tindakan menggaruk dapat menyebabkan sesuatu yang lebih parah yang menimbulkan kemerahan pada kulit, goresan, bahkan jika terus digaruk dan dibiarkan maka akan menyebabkan infeksi dan akan bertambah parah.

Sebelum Anda mengetahui bahan alami apa aja yang dapat dijadikan sebagai penghilang rasa gatal pada kulit, ada baiknya kita kenali dulu penyebab gatal pada kulit. Berikut penyebab gatal pada kulit :

Tips Cara Mengatasi Gatal - Gatal Pada Kulit Dengan Bahan Alami

# PENYEBAB KULIT GATAL

Kulit gatal dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti gigitan serangga, alergi, obat-obatan dan sebagainya. Tapi mayoritas disebabkan oleh alergi dan jamur.

Ada cara sederhana yang dapat digunakan untuk membedakan penyebab gatal-gatal, dengan memperhatikan lokasi dan pada awal gatal. Rasa gatal di bagian lipatan basah, biasanya disebabkan oleh jamur. Sementara di tubuh yang kontak dengan benda-benda yang mudah menyebabkan reaksi alergi. Sebagai contoh, setelah menggunakan sabun, obat gosok, deterjen, kosmetik, plastik, logam (jam tangan atau perhiasan imitasi), kulit, atau semen.


1. Baking Soda
Baking soda (sekitar 1 mangkuk kecil) juga bisa dicampur ke dalam bak air hangat untuk mengurangi gatal-gatal akibat iritasi, gigitan serangga, sengatan lebah, dan banyak lagi. Rendam sekitar 30-60 menit. Untuk sedikit luka di kulit, campurkan tiga bagian baking soda dengan satu bagian air dan oleskan pasta ini ke area yang gatal. Namun, jangan melakukan hal ini pada kulit yang terluka.

2. Jeruk Nipis
Oleskan air jeruk nipis pada gatal bagian tubuh, biarkan hingga kering. Lemon mengandung anestesi dan bahan-bahan anti-inflamasi untuk mengatasi gatal.

3. Lidah Buaya
Oleskan daging lidah buaya pada bagian yang gatal. Zat dalam lidah buaya tidak hanya bisa mengatasi luka bakar, tapi juga gatal.

4. Minyak Pepermint
Mandi dengan air dibubuhi dengan minyak peppermint. Atau cukup dengan membasuh area yang gatal pada bagian kulit. Menthol mint mengandung anestesi dan sifat anti-inflamasi. Rosmarinik asam juga anti-inflamasi di dalamnya yang mudah diserap ke dalam kulit.

5. Cuka Sari Apel
Tambahkan dua sendok makan cuka sari apel dalam air mandi dan gatal-gatal akan berkurang.



  • Selalu menjaga kulit Anda bersih dengan mandi minimal 2x sehari 
  • Selalu menjaga kulit agar tetap kering dan lembab 
  • Untuk jenis gatal menular, hindari kontak langsung dengan penderita gatal 
  • Hindari memakai pakaian yang digunakan oleh orang yang menderita gatal 
  • Hindari memakai pakaian yang terbuat dari nilon 
  • Jangan mengkonsumsi makanan dan obat-obatan yang dapat menyebabkan alergi.
Semoga Tips Kesehatan Mengatasi Kulit Gatal Dengan Bahan Alami Disekitar Kita diatas bisa membantu anda yang sedang mencari solusi alternatif dengan biaya yang murah dan bahkan gratis. Namun, jika rasa gatal masih berlanjut segera hubungi dokter.

0 komentar

Post a Comment