CARA MENGGANTI TEMPLATE DENGAN BAWAAN BLOGGER DAN HASIL UNDUHAN SECARA LENGKAP JELAS - Template merupakan tampilan blog yang berisi artikel yang dibaca pengunjung. Template terdiri dari judul blog, menu navigasi, judul artikel, bagian isi dan sidebar serta footer. Warna template dapat disesuaikan dengan keinginan Anda, begitu juga dengan tulisan dan ukurannya. Template merupakan bagian terpenting dalam sebuah blog. Salah satunya yaitu akan menentukan kualitas blog.

Maksudnya disini adalah, melalui template kita dapat mengatur dan menentukan kecepatan blog, template yang responsife juga menentukan agar artikel kita dapat di buka disemua perangkat. Template juga dapat menentukan kenyamanan pengunjung blog Anda. Selain itu, yang tidak kalah penting, katanya template juga merupakan salah satu penentu diterima atau tidaknya kita menjadi publisher adsense. 

Terlepas dari semua hal itu, kadang kita suka mencari kesana kemari model template yang dibagi - bagikan secara gratis. Template yang dibagi - bagikan tidak hanya gratis tapi tampilannya keren - keren. Itu yang membuat kita tertarik untuk menggonta ganti template, tapi Anda harus waspada katanya dengan sering menggonta ganti template sangat mempengaruhi visitor Anda. Bahkan, bisa saja sebelum Anda mengganti template visitor Anda banyak lalu setelah Anda mengganti template visitor Anda akan turun.

Saya pernah membaca artikel dari Juragan Cipir, katanya jika kita ingin mengganti template maka lakukanlah dengan cepat, agar robot mesin pencari tidak mengetahui jika kita mengganti template. Baiklah bagi Anda yang ingin mengganti template dengan bawaan blogger dan hasil unduhan, berikut langkah - langkahnya :


1. Login ke dash board blogger Anda
2. Klik "Template" lalu "Sesuaikan"
3. Akan terbuka jendela baru, lalu Anda dapat memilih bermacam - macam model template seperti " Sederhana, Tampilan Dinamis, Jendela Gambar dan PT Keren Sekali.
4. Selain itu, Anda dapat mengatur ukuran lebar content dan sidebar, latar belakang, warna template dan ukuran fontnya seperti pada contoh gambar di bawah ini :

Cara Mengganti Template Dengan Bawaan Blogger dan Hasil Unduhan Secara Lengkap Jelas

5. Terakhir, setelah Anda berhasil mengganti template dan mengeditnya, lihat ke bagian atas sebelah kanan, terdapat Tombol " Terapkan ke Blog ", klik tombol tersebut.

Maka lihatlah hasil template editan Anda, sekarang Anda telah berhasil mengganti template Anda yang lama dengan yang baru bawaan blogger. Selanjutnya, saya akan bagikan cara mengganti template dengan hasil unduhan, seperti berikut :


Untuk mengganti template Anda yang lama dengan template baru hasil unduhan, tentu saja Anda harus mendownload terlebih dahulu template yang akan Anda ganti. Saya yakin, Anda pasti tahu bagaimana cara mendownload template. Ok, saya anggap Anda telah memiliki template baru yang akan Anda ganti. Selanjutnya adalah :

1. Login ke dash board blogger Anda
2. Klik Template, lalu Anda lihat ke bagian pojok kanan atas terdapat Tombol " Cadangkan/ Pulihkan ". Lalu klik " Unduh Template " untuk menyimpan template Anda yang lama. Mungkin saja template baru yang Anda ganti tidak sesuai dengan keinginan Anda, jadi Anda dapat mengubahnya kembali seperti template sebelumnya.
4. Klik " Choose File " untuk memilih template yang telah Anda unduh. Jika template Anda masih dalam bentuk "Zip" maka Anda harus mengekstrak template nya terlebih dahulu dari zip menjadi xml.
5. Terakhir, klik Tombol " Unggah ". Seperti contoh gambar di bawah ini :

Cara Mengganti Template Dengan Bawaan Blogger dan Hasil Unduhan Secara Lengkap Jelas


Maka Anda telah berhasil mengganti template Anda yang lama dengan tamplate hasil unduhan, Namun, Anda harus sedikit mengeditnya agar tampilannya rapi dan sesuai dengan yang Anda inginkan. selamat mencoba ya 😊

0 komentar

Post a Comment