TIPS SEDERHANA UNTUK MENGHINDARI DAN MENCEGAH TERJADINYA KERACUNAN HERBAL, SAYUR SERTA BUAH – Manfaat dan khasiat dari sayur, buah dan herbal sudah tidak diragukan lagi. Tidak hanya bermanfaat sebagai nutrisi bagi tubuh tapi dapat menggantikan khasiat dari obat modren.  Hal itu dikarenakan oleh kandungan vitamin dan mineral penting yang terdapat didalamnya. 

Namun, dibalik manfaat dan khasiat yang terdapat didalam sayur, buah dan herbal tersebut, terdapat racun yang mengintai keselamatan jiwa kita. Jangan kita malah ingin sehat tetapi sebaliknya kerancunan atau mendapatkan penyakit setelah mengkonsumsi sayur, buah dan herbal tersebut.

Pada hal ini terjadi karena masalah sepele yang sering  diabaikan oleh sebagian orang. Misalnya dalam proses penanaman dan pemeliharaan yang salah maupun kesalahan dalam mengolahnya. Seperti penggunaan pestisida untuk mencegah tanaman terjangkit hama, terkontaminasi oleh bakteri dan virus yang dibawa oleh seseorang dan lain sebagainya.

Namun sekarang, Anda tidak perlu khawatir, banyak cara yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari keracunan dari buah, sayur dan herbal. Berikut langkah – langkahnya :

7 TIPS MENGHINDARI DAN MENCEGAH TERJADINYA KERACUNAN HERBAL, SAYUR SERTA BUAH


1. MENCUCI TANGAN TERLEBIH DAHULU
Sebelum Anda mencuci buah dan sayur, pastikan tangan Anda juga bersih terlebih dahulu. Setelah itu Anda dapat mencuci buah dan sayur dibawah air mengalir agar terhindar dari pestisida, bakteri atau jamur.

2. GUNAKAN SIKAT LEMBUT UNTUK MENGGOSOK BAGIAN TERLUAR 
Pada herbal, buah dan sayur yang memiliki kulit, gunakan sikat gigi yang baru untuk menggosoknya agar permukaan kulit benar – benar bersih. Terakhir tetap bilas menggunakan air mengalir agar kotoran yang menempel benar -  benar terbuang.

3. BUANG BAGIAN TERLUAR DARI BUAH, SAYUR DAN HERBAL
Untuk sayur, buah dan herbal yang memiliki lapisan terluar seperti daun atau kulit yang tebal, Anda dapat mengupasnya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi atau dimasak. Sedangkan buah dan sayur yang mengandung lapisan lilin, Anda dapat mencucinya menggunakan air hangat yang dicampur lemon, garam atau cuka.

4. JANGAN MENCUCI BUAH DENGAN SABUN ATAU DETERJEN
Sabun atau deterjen mengandung bahan kimia, di khawatirkan nanti kandungan kimianya akan menempel pada buah, sayur dan herbal yang hendak kita konsumsi.


5. MASAK SAYUR , BUAH DAN HERBAL HINGGA MATANG
Mungkin dengan cara ini, kandungan gizinya akan sedikit berkurang tapi ini cara yang paling aman  agar kita dapat terhindar dari bakteri yang menempel.

6. JANGAN MENGKONSUMSI BUAH, SAYUR DAN HERBAL DALAM JUMLAH YANG BERLEBIHAN
Pastikan Anda menghabiskan atau memasak sayur, buah dan herbal tersebut secara bertahap, tidak langsung habis dalam satu waktu.

7. BELI ATAU TANAM SAYURAN, BUAH DAN HERBAL ORGANIK 
Ini merupakan cara yang paling ampuh agar kita dapat terhindari dari bahaya racun yang terdapat pada buah, sayur dan hebal. Dengan menanam sendiri di rumah sayur, buah dan herbal yang dapat dipastikan tanpa pestisida, terjaga kebersihannya.

Itulah beberapa tips sederhana agar kita dapat terhindar dari keracunan sayur, buah dan herbal. Semoga bermanfaat ya, dan kita dapat terhindar dari semua hal yang akan menyebabkan kita sakit.

Sumber : TIP

0 komentar

Post a Comment