Segudang Manfaat Mengkonsumsi Labu Kuning Yang Harus Anda Ketahui – Labu kuning memiliki nama latin yaitu Cucurbita moschata Duch EX Poiret, sedangkan nama labu kuning pada tiap – tiap daerah berbeda seperti labu parang ( Melayu ) atau Waluh ( Jawa Tengah ).  Buah labu kuning ini merupakan tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Penanamanya tidak membutuhkan perawatan khusus seperti tanaman lain. Tanaman ini dapat tumbuh menyesuaikan dengan keadaan alam sekitar, seperti saat musim hujan atau panas, tanaman ini dapat hidup dengan baik.  

Labu kuning disebut –sebut sebagai rajanya betakaroten. Betakaroten sangat berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah penyakit jantung dan kanker. Kandungan karoten membantu tubuh dengan menetralkan molekul oksigen jahat yang disebut juga dengan radikal bebas.

Selain kaya akan kandungan betakaroten, labu kuning juga kaya akan serat makanan dan zat besi. Kandungan zat besi paling banyak terdapat pada biji labu kuning. Biji labu kuning juga sangat ampuh mencegah dan mengatasi pembengkakan kelenjer prostat. Biasanya biji labu kuning yang sering kita jumpai, diolah menjadi cemilan seperti kuaci, namun ada juga yang mengolah biji labu kuning menjadi selai.

Selain daging buah, dan biji labu kuning yang bermanfaat untuk tubuh, ternyata kulit labu kuning juga kaya akan manfaat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Korea Selatan, kulit buah labu kuning mengandung protein yang sangat efektif untuk mengobati penyakit jamur.

Namun, meski buah labu kuning memiliki segudang manfaat, tingkat konsumsi labu kuning di Indonesia masih sangat rendah. Labu kuning hanya diolah pada saat bulan puasa, sedangkan di Negara Jepang dan Korea mereka mengolah labu kuning menjadi berbagai macam makanan pengganti nasi dengan menambahkan saus dan omelet telor.

Olahan labu kuning sangat baik dikonsumsi oleh semua usia, baik itu oleh anak – anak maupun orang tua. Melalui sejumlah penelitan yang dilakukan, dengan mengkonsumsi buah labu kuning dapat mencegah terjadinya penyakit degeneratif seperti diabetes melitus ( kencing manis ), arteroklorosis ( penyempitan pembuluh darah ), jantung koroner, tekanan darah tinggi, bahkan kanker.

Segudang Manfaat Mengkonsumsi Labu Kuning Yang Harus Anda Ketahui

MANFAAT BUAH LABU KUNING BAGI KESEHATAN 

1. Mencegah Terjadinya Stroke

Labu kuning kaya akan anti oksidan betakaroten yang dapat dijadikan sebagai anti-inflamasi. Jadi dengan makan buah labu kuning secara teratur dapat mencegah pemgendapan kolesterol pada dinding arteri yang dapat menurunkan resiko stroke,
2. Mencegah Penuaan Dini

Senyawa alpha-karoten, vitamin A, vitamin C, zinc pada labu kuning bertindak sebagai obat alami untuk memperlambat proses penuaan, mencegah keriput dan menghaluskan kulit.

3. Mencegah Terjadinya Katarak

Labu kuning mengandung senyawa alpha-karoten, antioksidan, lutein, dan zeaxanthin. Senyawa tersebutlah yang  berperan penting dalam mencegah terjadinya penuaan dini, memelihara kesehatan mata, mencegah terjadinya katarak dan degenerasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan.

4. Mencegah Sembelit

Kandungan serat pada labu kuning tergolong tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

5. Mengurangi Resiko Darah Tinggi

Kandungan potassium pada labu kuning dapat membantu mengurangi resiko terjadinya kenaikan tekanan darah, yang biasa disebut sebagai hipertensi.

6. Memperkuat Tulang

Labu kuning mengandung kalsium yang cukup tinggi yaitu 45 gram dari 100 gram. Kalsium berfungsi untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, cukup mengkonsumsi buah labu kuning secara teratur.

7. Mengobati Jerawat

Labu kuning kaya akan anti-oksidan yang dapat menyembuhkan jerawat serta membersihkan kotoran dan residu dari permukaan kulit dan pori – pori. Caranya dengan menghaluskan labu kuning, ditambah dengan putih telor, lalu aplikasikan pada wajah yang berjerawat. Diamkan hingga mengering lalu bilas dengan air hingga bersih.

Pembaca yang Smart, demikian segudang manfaat mengkonsumsi  labu kuning yang wajib sekali untuk Anda ketahui, dengan begitu mulai hari ini tambahkan labu kuning pada daftar makanan harian Anda untuk memperoleh manfaatnya. 

Sumber ; RP

0 komentar

Post a Comment