12 Khasiat dan Kandungan Gizi Sayur Kembang Kol Serta Efek Sampingnya – Kembang kol ( brasicca oleracea ) termasuk kedalam jenis sayuran kubis – kubisan yang rendah kandungan zat hijau daunnya. 

Dipasaran terdapat dua jenis kembang kol yang di perjual belikan yaitu kembang kol putih dan kembang kol kuning. Sedangkan di luar negeri terdapat kembang kol yang berwarna hijau dan ungu selain kembang kol putih dan kuning.

Dalam hal kandungan gizi, tentu saja kembang kol yang memiliki warna jauh lebih tinggi kandungan gizinya, di bandingkan dengan kandungan gizi kembang kol putih. Warna dari kembang kol menunjukan tingginya kadar karotenoid yang berguna bagi kesehatan.

A. MANFAAT DAN KANDUNGAN GIZI KEMBANG KOL

a. Rendah Kalori

Kandungan gizi yang paling tinggi di temukan dalam kembang kol adalah kandungan airnya, yaitu sekitar 90 %. Hal ini menyebabkan kembang kol mudah rusak dan busuk, jika di simpan di udara terbuka. Kandungan karbohidratnya tidak ada sama sekali, sedangkan kandungan lemaknya sangat minim.

Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa sayuran kembang kol merupakan sayuran dengan kandungan kalori yang rendah. Jika Anda sedang mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan kalorinya dapat mengimbangi dengan mengkonsumsi sayuran ini.

b. Kaya Serat

Kembang kol rendah kalori namun kaya kandungan serat untuk melancarkan pencernaan. Bagi penderita diabetes melitus, mereka sangat membutuhkan makanan yang tinggi serat untuk menjaga kestabilan kadar gula dalam darah. Serat akan memperpanjang waktu penyerapan karbohidrat, sehingga kadar gula dalam darah tidak cepat melonjak drastis.

c. Menjaga Kestabilan Tekanan Darah

Sayur kembang kol mengandung kalsium dan magnesium. Kedua mineral ini sangat membantu untuk menjaga kestabilan gula darah, dan meminimalkan pengaruh buruk makanan yang kadar garamnya tinggi.

Makanan yang mengadung garam tinggi dapat memacu kenaikan tekanan darah. Karena itu sayur kembang kol baik untuk menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi.

d. Sumber Vitamin C

Kembang kol tinggi kandungan vitamin C. Tubuh memerlukan vitamin C utnuk berbagai macam fungsi fisiologi, terutama sebagai anti-oksidan. Setiap saat tubuh sangat memerlukan anti-oksidan agar terhindar dari penyakit.

Saat imunitas menurun, tubuh memerlukan asupan vitamin C lebih banyak agar mampu melawan virus maupun bakteri yang menyerang tubuh. Salah satunya dengan mengkonsumsi sayuran kembang kol ini.

12 Khasiat dan Kandungan Gizi Sayur Kembang Kol Serta Efek Sampingnya

Dengan makan kembang kol, kita akan mendapatkan manfaat ganda, tidak hanya mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin C, tetapi dapat mencukupi kebutuhan tubuh akan fitokimia yang juga berperan sebagai anti oksidan. Seperti sayuran kubis – kubisan yang lain, kembang kol merupakan jenis sayuran yang memiliki anti oksidan berkategori unggul.

e. Sumber Vitamin K

Selain tinggi kandungan vitamin C, kembang kol juga kaya akan vitamin K yang berfungsi untuk membekukan darah jika terluka. Tanpa adanya vitamin K, maka darah sulit menggumpal, akan mengalir terus. Hal ini juga dapat di manfaatkan oleh orang pasca melahirkan dan operasi agar lukanya cepat mengering dan sembuh.

f. Kaya Asam Folat

Kembang kol juga mengandung sejumlah folat yang sangat bermanfaat bagi wanita hamil untuk membentuk jaringan tubuh yang normal pada janin. Kekurangan asam folat bagi Ibu hamil dapat menyebabkan keguguran dan resiko bayi lahir cacat, karena penyerapan makanan ke tali pusar janin kurang.

Kekurangan folat bagi Ibu hamil juga sangat membahayakan, akan menyebabkan nafas pendek yang sangat berbahaya bagi janin.  Bagi penderita anemia juga membutuhkan folat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh untuk menyusun butiran darah merah yang lebih banyak

g. Anti Kanker

Kembang kol termasuk sayuran anti kanker yang telah terbukti, sama seperti kerabatnya kubis – kubisan yang lain. Sayuran ini mampu membersihkan racun di hati yang menyebabkan kerusakan membran sel dan DNA yang ada di bagian inti sel. Dalam detoksifikasi tersebut terjadi aktivitas enzimatis.

Enzim yang sangat berperan adalah glukothiotransferase, glucoranosyl, transferase dan quinine reductase. Detoksifikasi sangat berguna untuk mencegah kanker, ini merupakan tahap awal agar sel normal tidak berubah menjadi sel kanker.

h. Menjaga Kesehatan Fungsi Hati

Isothiocyanate juga melakukan detoksifikasi karsinogen yang ada pada hati. Detoksifikasi pada hati sangat penting, karena hati merupakan organ penting untuk menyaring racun. Semua racun tubuh, bermuara dari hati, jika racun dari hati di singkirkan maka risiko penyakitpun akan berkurang.

Sebuah studi dilakukan oleh American Health Foundation di Cina menyatakan bahwa kadar isothiocyanate berkaitan dengan kanker. Seseorang dengan kadar isothiocyanate rendah maka akan memiliki kecendrungan penyakit paru – paru 36 % lebih tinggi di bandingkan dengan mereka yang memiliki kadar isothiocyanate tinggi.

Selain kanker paru – paru, isothiocyanate juga terbukti mampu menghambat kanker payudara. Efek kanker payudara di lakukan melalui beberap tahap sebagai berikut :

Mencegah proriferasi sel yang berlebihan sehingga sel kanker dpat di hambat pertumbuhannya.
Menginduksi apotopsis, yakni meningkatkan sel penyerang ( T-cel ) untuk melawan sel kanker.
Menginduksi produksi enzim tahap dua di hati, sehingga karsinogen yang ada di buang.
Mempengaruhi hormon steroid, termasuk estrogen yang akan di metabolisme dan mempengaruhi reseptor estrogen yang merespon hormon tersebut. 

Selain itu, kembang kol juga memiliki anti kanker yang lain yakni sulforaphane. Fitokimia ini aktif menghambat aktifitas enzim kinase di hati. Uji laboratorium membuktikan bahwa sulforaphane yang ada pada kembang kol mampu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, kanker kolon dan kanker ovarium.

i. Menurunkan Resiko Kanker Prostat

Sebuah penelitian yang di adakan di Texas University menyatakan bahwa mengkonsumsi sayuran kubis – kubisan secara rutin akan menurunkan resiko kanker prostat sebesar 290%. Kanker prostat merupakan jenis kanker yang menyerang pada usia tua, diatas 60 tahun. 

Dalam hal ini isothiocyanate bekerja aktif menghambat sel kanker untuk tumbuh ke kelenjer prostat dan setelah itu akan di buang melalui urin. Kirsh VA dan Peter U. Dari California menyatakan bahwa pria yang makan kembang kol dan kubisan - kubisan secara rutin dalam sebulan, setelah di uji risiko kanker prostat yang mereka alami turun 49 % lebih rendah di bandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi sama sekali.

j. Menurunkan Resiko Kanker Kolon

Dalam sebuah penelitian yang diadakan di Netherland Cohort Study On Diet And Cancer, di ungkapkan bahwa anti kanker pada sayuran kubis – kubisan lebih efektif dari pada sayuran lain.

Dalam pengamatan yang dilakukan selama enam tahun terhadap 100.000 orang yang rutin 
mengkonsumsi sayuran, terbukti bahwa mereka yang mengkonsumsi sayuran selain kubis –kubisan hanya menurunkan resiko kanker kolon sebesar 25 %, sedangkan yang makan kubis – kubisan turun hingga 49 %.

Banyak sekali jenis kubis – kubisan yang dapat kita pilih sebagai menu harian yang dapat di selang selingi, seperti kembang kol, brokoli, kubis merah, pakchoy, sawi hijau, sawi putih dan masih banyak lagi yang lainnya. Akan lebih baik lagi jika sayuran tersebut di kombinasikan dengan sayuran lain.

k. Menurunkan Gejala Rematik

Kembang kol sangat baik di konsumsi bagi orang yang menderia rematik arthritis. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi mampu mengurangi  tingkat peradangan yang terjadi pada penderita rematik artritis.

l. Menrunkan Kadar Kolesterol

Bagi penderita kolestrol tinggi, sayuran ini merupakan pilihan yang tepat untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi Anda. Dalam sebuah penelitian yang di adakan di University of Hawai disimpulkan bahwa dalam jumlah sedikit, senyawa indole-3-carbinol pada kembang kol mempu menurunkan sekresi kolesterol dan apolipoprotein B-100 hingga 56 %.

Apolipoprotein adalah pembawa kolesterol jahat ( LDL ) yang menyebabkan plak di pembuluh darah. Dalam penelitian lain disebutkan indole-3-carbinol juga secara nyata menghambat sintesis lemak, termasuk trigliserida dan kolesterol ester. Ulasan diatas sangat jelas bahwa kubis – kubisan dlam hal kembang kol dapat menurunkan kadar kolesterol total, LDL, dan trigliserida.

B. Efek Samping Mengkonsumsi Sayur Kembang Kol

Efek samping sayur kembang kol, tidak sebanding dengan manfaatnya yang sangat banyak, namun bagi anda penderita asam urat tinggi sebaiknya menghindari sayuran ini. Karena sayur kembang kol tinggi kandungan purin yang sangat berbahaya bagi yang memiliki kadar asam urat diatas normal.

Sumber : USDA Nutrient Database
Sumber Info : AgroMedia

0 komentar

Post a Comment