Cara Menulis Postingan, Menambahkan Gambar dan Label Pada Blog Blogspot Bagi Pemula – Setelah Anda terdapftar menjadi Blogger, langkah selanjutnya tentu saja yang Anda lakukan adalah menulis postingan pertama Anda. Dalam menulis postingan, usahakan untuk menulis kalimat dengan bahasa yang jelas. Agar ketika di translate, artinya jelas, karena yang membaca artikel yang telah kita publish, bukan saja seluruh rakyat Indonesia, melainkan seluruh Dunia dapat membaca artikel kita. Ini dapat di lihat pada bagian statistik pengunjung, di sana akan terlihat, negara mana yang paling banyak membuka artikel kita.

CARA MENULIS POSTINGAN

Mengenai isi dari artikel yang akan kita buat, pastinya Anda telah rencanakan sebelumnya saat membuat alamat Url blog. Karena alamat Url dan judul blog merupakan hal yang saling berkaitan. Misalnya jika Anda membuat alamat Url http://myreseppraktis.blogspot.com dengan judul “ Resep Praktis “ maka isi artikel pasti berhubungan dengan resep masakan, dan jika alamat Url blog Anda tentang “ Belajar Blog “ seperti “ http://qubelajarblog.blogspot.com “ maka isilah artikel tentang itu, begitulah seterusnya.

MENAMBAHKAN GAMBAR PADA BLOGSPOT

Mungkin itu saja sedikit penjelasan tentang cara menulis postingan, Anda dapat menulis postingan sama seperti mengetikkan tulisan biasa. Sedangkan untuk menambahkan gambar pada postingan, tidak sulit, bahkan sangat mudah. Gambar pada postingan fungsi agar blog kita terlihat lebih menarik, dengan menyajikan gambar – gambar yang mendukung isi dari artikel yang kita buat. Untuk mengambil gambar yang tersedia pada google, agar berhati – hati karena gambar tersebut bisa saja memiliki hak cipta. Jika kita mengambil gambar tanpa permisi, bisa saja ini akan menjadi masalah di kemudian hari.

Usahakan dalam mengambil gambar, hasil jepretan sendiri atau mengambil gambar pada penyedia gambar gratis di flickr.com dan penyedia gambar gratis yang lain. Selain itu, ada cara lain untuk mengambil gambar di Google dengan aman yaitu dengan srcreenshoot. Setelah Anda memiliki gambar yang hendak di unduh pada artikel, silahkan Anda lihat pada tab bagian atas blog, klik yang bertanda seperti gambar di bawah ini :

Cara Menulis Postingan, Menambahkan Gambar dan Label Pada Blog Blogspot Bagi Pemula

Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini,

Cara Menulis Postingan, Menambahkan Gambar dan Label Pada Blog Blogspot Bagi Pemula

klik yang diberi lingkaran merah nomor 1 untuk mengunggah gambar dari penyimpanan. Selanjutnya klik “ Add Selected “. Maka dengan begitu, artikel Anda telah memiliki gambar dan akan terlihat lebih profesional.

MEMBUAT LABEL PADA BLOG

Label/ kategori pada blog termasuk elemen penting, untuk mengetahui dari sekian banyak artikel yang telah kita publish agar ada kelompok – kelompoknya.  Contohnya sepeti artikel tentang resep masakan, pasti terdapat banyak aneka resep dari bahan – bahan yang berbeda ( ayam, daging, ikan, cake, minuman dan lain – lain ). 

Maka dari contoh di atas, kita dapat membuat kategori/ label seperti ayam, nanti semua resep masakan tentang ayam akan tersaji di sana, begitu juga daging, ikan dan seterusnya. Untuk membuat label/ kategori ini, sangat mudah. Jika saat ini Anda berada pada halaman postingan, maka lihat kebagian sisi sebelah kiri bagian atas, terdapat label, klik  label maka isikan kategori yang Anda inginkan seperti contoh gambar di bawah ini.

Cara Menulis Postingan, Menambahkan Gambar dan Label Pada Blog Blogspot Bagi Pemula

Lakukan hal di atas setiap kali Anda menulis postingan. Agar artikel Anda , memiliki kelompok  - kelompok sesuai kategori, apalagi jika Anda telah memiliki banyak artikel yang telah di posting. Jadi pengunjung Anda semakin mudah untuk melihat semua isi artikel Anda.

Demikianlah, cara menulis postingan, menambahkan gambar dan label pada blog blogspot bagi pemula. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, happy blogging.. 

0 komentar

Post a Comment