Manfaat Dan Gizi Mengkonsumsi Sayur Genjer Serta Efek Sampingnya Yang Harus Anda Ketahui – Sayuran genjer merupakan sayuran yang biasa tumbuh di lahan yang basah seperti rawa – rawa dan  area persawahan. Biasanya genjer ini di daerah saya di anggap rumput yang mengganggu tanaman padi. Namun ternyata di daerah lain sayuran genjer ini di jual dan di olah menjadi berbagai aneka sayuran. Walaupun sampai saat ini saya belum pernah mencoba mencicipi rasanya. Biasanya bagian yang di jual adalah bagian batang dan bunga genjer yang berwarna hijau.

Jika Anda lebih peduli dengan khasiat dan manfaat mengkonsumsi genjer, cobalah sayuran ini. Umumnya, genjer tumbuh liar sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan efek buruk pestisida kimiawi  yang biasa terdapat pada sayuran lain. Dan tanaman genjer ini hanya dapat tumbuh di tanah yang subur dan lembab, jadi Anda tidak perlu khawatir terhadap limbah kimiawi saat genjer di konsumsi.

Sayuran genjer ini memiliki manfaat yang tidak sedikit untuk kesehatan tubuh. Mungkin setelah Anda membaca artikel ini akan tertarik mengkonsumsi sayur genjer dengan segudang kandungan gizinya. Untuk lebih jelasnya dapat Anda simak penjelasan di bawah ini :


1) Cocok Untuk Penderita Hiperglikemia

Bagi Anda yang menderita hiperglikemia cobalah mengkonsumsi sayuran ini. Genjer termasuk kedalam kategori sayur dengan jumlah kalori rendah yaitu hanya 33 kcal/ 100 gram genjer. Kandungan karbohidratnya relatif kecil sehingga sangat baik bagi Anda yang menghindari kenaikan indeks glikemik.

2) Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan air pada sayuran genjer terbilang sangat tinggi, yaitu sekitar 90 gram/ 100 gram genjer segar. Genjer juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan karena tinggi serat, yaitu serat yang larut dalam air.

Bagi Anda yang sering mengalami sembelit, cobalah untuk mengkonsumsi genjer agar perut Anda terasa nyaman. Selain dapat membuang limbah dalam pencernaan, genjer juga bersifat karminatif, sehingga gas dalam perut Anda akan mudah keluar dan Anda akan terbebas dari kembung yang sangat mengganggu.

Baca Juga : 6 Ramuan Herbal Tradisional Atasi Kolesterol Tinggi

3) Kaya Beta-karoten

Selain itu sayuran genjer kaya akan kandungan beta-karoten, didalam tubuh pigmen alami ini akan di ubah menjadi vitamin A ( retinol ). Tubuh sangat memerlukan vitamin A dalam jumlah yang banyak, karena vitamin A memiliki fungsi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Karena itu, Anda sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi sayuran hijau seperti genjer yang kaya akan kandungan beta-karoten. Jadi untuk mendapatkan manfaat dari vitamin A, Anda tidak perlu harus mengkonsumsi wortel, sayuran lainpun banyak yang mengandung vitamin A. Walaupun tidak memberikan sumbangan energi, beta-karoten sangat di perlukan untuk menjaga imunitas tubuh.
Kekurangan vitamin A membuat penglihatan tidak sempurna dan beresiko terkena katarak.

Manfaat Dan Gizi Mengkonsumsi Sayur Genjer Serta Efek Sampingnya Yang Harus Anda Ketahui

Kekurangan vitamin A juga membuat seseorang mudah terkena infeksi virus. Jika kulit Anda tampak kusam dan kurang bercahaya itu berarti tubuh Anda mengalami kekurangan vitamin A.
Beta-karoten merupakan penangkal radikal bebas yang sangat baik. Bagi Anda yang hidup di daerah Perkotaan yang di penuhi polusi udara di mana – mana, perbanyaklah konsumsi sayuran hijau untuk menghindari efek buruk polusi yang setiap saat dapat masuk kedalam tubuh.

4) Menjaga Kesehatan Kulit

Bagi Anda yang bekerja di luar ruangan dan terpapar sinar matahari, sebaiknya perbanyak konsumsi sayuran hijau untuk menghindari kulit Anda dari kerusakan kulit seperti kanker kulit. Bukan hanya sinar matahari, radikal bebas yang berasal dari bahan kimiawi yang berasal dari udara juga termasuk salah satu yang harus Anda hindari.

Baca Juga : Ternyata Mengkosumsi Buah Duku Dapat Mencegah Kanker Kolon

Saat ini pemanasan global telah terjadi dan mengancam dunia, radiasi sinar matahari sudah sangat berbahaya bagi kulit. Salah satu yang mudah terlihat yaitu hiperpigmentasi ( penuaan dini ). Untuk mengatasi hal tersebut sayuran genjer merupakan solusi  bagi Anda karena kandungan beta-karotennya yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Selain itu sayuran ini harganya relatif murah tidak sebanding dengan manfaat dan gizinya yang tinggi.

5) Sumber Vitamin C Yang Baik

Kandungan vitamin C Genjer sangat tinggi, yaitu sekitar 54 mg/ 100 gram daun segar. Dengan makan satu porsi sayuran genjer, maka itu telah dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda. Dengan catatan Anda harus mengolah sayuran ini dengan benar agar zat gizi yang terkandung di dalamnya tidak hilang selama proses memasak.

Perlu Anda ketahui, kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan sariawan, kulit bersisik dan daya tahan tubuh menurun. Bagi Anda pekerja berat dan harus bekerja di luar ruangan untuk memperbanyak konsumsi sayur –sayuran dan buah – buahan yang kaya kandungan vitamin C.
Vitamin C adalah antioksidan yang menjaga tubuh dari pengaruh buruk radikal bebas yang ada dilingkungan sekitar kita. Bagi Anda para Atlit juga sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C. Selain itu aktivitas yang dilakukan dengan menguras cukup banyak tenaga memerlukan asupan vitamin yang cukup untuk kekuatan tulang dan menjaga tubuh agar tahan dari infeksi patogen.

6) Membuang Lemak Berbahaya

Bagi Anda yang mengalami hiperlipemia, sangat baik jika Anda mengkonsumsi sayur genjer. Dengan kandungan vitamin C yang cukup, lemak berbahaya atau lebih di kenal lemak jenuh akan di ikat dan segera di buang bersama limbah tubuh.

7) Menjaga Tulang Tumbuh Normal

Selain kandungan di atas, ternyata sayuran ini mengandung kalsium, fosfor dan zat besi. Kalsium dan fosfor adalah dua unsur makro yang paling banyak di butuhkan tubuh. Keduanya diperlukan untuk pembentukan tulang.

Bagi anak – anak dalam masa pertumbuhan , perbanyaklah makanan yang kaya kandungan fosfor dan kalsium agar tulang tumbuh dengan normal. Selain karena faktor genetis dan hormonal, pertumbuhan tulang yang kerdil dapat terjadi jika kekurangan fosfor dan kalsium.
Selain dari susu banyak jenis sayuran yang mengandung kalsium. Dengan demikian, Anda dapat mengkombinasikan aneka menu yang kaya kalsium dan fosfor untuk buah hati tercinta agar kebutuhan gizi yang di perlukan tubuh terpenuhi.

Baca Juga : Kismis Merupakan Pengawet Makanan Alami

8) Sumber Fosfor Dan Kalsium Bagi Wanita Menopouse

Bagi para wanita yang telah memasuki masa menopouse, mengkonsumsi genjer merupakan pilihan yang tepat untuk menyumbang kalsium dan fosfor yang di butuhkan tubuh. Selain itu sumber fosfor dan kalsium dapat Anda peroleh dari berbagai macam makan termasuk hewani. Namun, pasti jauh lebih sehat mengkonsumsi sayur dan buah karena tidak mengandung lemak dan kolesterol.

9) Mencegah Anemia
Bagi Anda yang mengalami anemia, cobalah mengkonsumsi sayuran genjer secara rutin. Dengan itu kandungan hemoglobin dalam darah Anda akan meningkat. Dengan hal ini zat besi dan vitamin A pada sayuran genjer akan membantu Anda memenuhi produksi sel darah merah sehingga terhindar dari anemia.



1. Hati – Hati Bagi Penderita Asam Urat

Sayuran Genjer mengandung purin, jika Anda menderita asam urat lalu mengkonsumsi genjer dapat mengakibatkan kadar asam urat anda tinggi. Jika Anda tetap ingin mengkonsumsi genjer maka di batasi seperlunya saja.

Baca Juga : Rahasia Mengatasi Kulit Kering, Kusam Dengan Bahan Alami

2. Telor Parasit Masih Menempel

Karena genjer tumbuh di lahan lembab, basah dan rawa – rawa maka di khawatirkan parasit masih menempel  pada sayuran. Ketika akan di masak cuci bersih genjer dengan air mengalir beberapa kali agar tidak ada kotoran, telor atau parasit yang menempel. Selain itu jika Anda memiliki sabun pencuci buah dan sayur dapat menggunakannya.

Berikut ini adalah Tabel kandungan nutrisi dari 100 gram genjer :


Komponen Gizi
Jumlah
Energi
Protein
Lemak
Karbohidrat
Kalsium
Fosfor
Kalium
Zat Besi
Vitamin A
Vitamin B1
Vitamin C
Air
BDD
33 kcal
2,2 g
0,1 g
7,4 g
7 mg
100 mg
0,5 mg
200 mg
0,08 mg
8 mg
8 mg
89,5 mg
100 %

Sumber : Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI (1992)
Sumber Info : Agro Media

0 komentar

Post a Comment