HATI- HATI 4 KANDUNGAN RACUN YANG TERDAPAT PADA BUAH, SAYUR DAN TANAMAN HERBAL - Sebelumnya saya telah banyak share tentang manfaat dari buah, sayur dan tanaman herbal yang sangat baik bagi kesehatan. Tidak hanya itu, kandungan yang terdapat pada buah, sayur dan tanaman herbal tersebut mengandung sejumlah zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Namun, selain manfaat yang telah saya jelaskan tersebut, saya juga telah menjelaskan tentang efek samping atau efek negatif karena mengkonsumsi buah, sayur dan tanaman herbal tersebut. Mungkin efek samping atau efek negatif yang telah saya jelaskan sebelumnya hanya menyebabkan timbulnya berbagai penyakit bagi penderita tertentu.

Bagaimana jika, didalam sayur, buah dan tanaman herbal yang Anda konsumsi terdapat racun yang sangat berbahaya..? Memang ada ya, racun yang terdapat didalam buah, sayur dan tanaman herbal yang notabene sangat bermanfaat untuk kesehatan, bahkan khasiatnya setara dengan obat modren..? Jawabannya " ada racun yang terdapat pada buah, sayur dan tanaman herbal yang kita konsumsi.

Ih..serem gak tuh.? kita yang ingin sehat malah keracunan. Untuk lebih jelasnya, mari disimak artikel dibawah ini yaitu tentang kandungan racun yang terdapat pada buah, sayur dan tanaman herbal yang biasa kita konsumsi.

Waspadai 4  Kandungan Racun Yang Terdapat Pada Buah, Sayur dan Tanaman Herbal

KANDUNGAN RACUN YANG TERDAPAT PADA BUAH, SAYUR DAN TANAMAN HERBAL

1. PESTISIDA

Pasti Anda sudah tidak asing lagi kan mendengar kata pestisida. Pestisida merupakan zat kimia yang digunakan oleh petani untuk memusnahkan hama yang menyerang tanaman. Jika mereka tidak menggunakan pestisida maka tanaman - tanaman tersebut akan mudah terserang hama maupun dimakan serangga lain. Padahal pestisida tersebut mengandung racun yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Bahkan jika pestisida ikut termakan oleh kita bersama buah, sayur dan tanaman herbal maka dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh serta dapat mengganggu sistem hormon.

Sebenarnya kandungan pestisida dengan jumlah sedikit masih aman dan dapat dikonsumsi. Namun, kebanyakan petani tersebut tidak tahu takaran dalam menggunakan pestisida. Petani lebih sering menggunakan pestisida secara berlebihan agar hama pada tanaman cepat mati dan menjauh.

Padahal penggunaan pestisida melebihi batas takaran  yang ditentukan akan merusak nilai gizi pada buah, sayur maupun tanaman herbal tersebut, bahkan mengandung racun berbahaya bagi kesehatan. Memang efek racun pada pestisida tersebut tidak langsung dirasakan, namun jika terus menerus Anda mengkonsumsi buah, sayur dan tanaman herbal yang mengandung pestisida lama kelamaan Anda akan menderita penyakit berbahaya.

Untuk mengurangi resiko bahaya dari pestisida yang terdapat pada buah, sayur dan tanaman herbal, maka cucilah dan buang kulitnya sebelum dimasak atau dikonsumsi sampai benar - benar bersih dengan air mengalir. Mudah - mudahan dengan cara ini akan dapat mengurangi dan menghilangkan zat pestisida yang menempel pada buah, sayur dan tanaman herbal.

2. JAMUR

Selain dari bahaya pestisida, bahaya lain yang terdapat pada buah, sayur dan tanaman herbal yang lain adalah jamur. Jamur disini bukan jamur yang untuk dikonsumsi ya..! tapi jamur yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Jika tanpa sadar kita konsumsi dapat menyebabkan gangguan saraf, pencernaan, jantung maupun liver. Oleh sebab itu, jika Anda telah mendapati sayur, buah maupun tanaman herbal yang telah berjamur maka segeralah untuk membuangnya dan jangan pernah mencoba untuk mengkonsumsinya.


Jika kita tidak terlalu memperhatikan, jamur pada buah, sayur ini tidak begitu terlihat. Mungkin warna pada buah, sayur dan tanaman herbal tersebut telah berubah warna menjadi kusam, pucat dan berbintik - bintik hitam. Selain itu, buah, sayur dan tanaman herbal yang telah mengandung jamur akan memiliki rasa yang berbeda dengan yang masih segar. Hal yang menyebabkan buah, sayur dan tanaman herbal tersebut ditumbuhi oleh jamur adalah pengaruh cuaca dan kelembapan, sehingga jamur akan mudah berkembang biak.

3. BAKTERI PATOGEN

Buah dan sayur rentan sekali terkena bakteri patogen. Biasanya kita lihat di tempat orang memanen buah dan sayur, mereka tidak memperhatikan tempat untuk menaruh sayur dan buah. Belum lagi, yang di jual dipasar, mereka meletakan buah dan sayur pada karung - karung besar tanpa mempedulikan kebersihan tempatnya. Dan yang telah dijual, dibiarkan terbuka sehingga orang - orang dengan bebas dapat memegangnya.

Oleh karena itu, Anda harus hati - hati membeli buah, sayur dan tanaman herbal yang dijual di swalayan, apalagi di pasar yang bebas dipegang siapapun. Siapa tahu dari mereka ada yang membawa virus dan bakteri yang kemudian menempel pada buah dan sayur yang kita beli.

Selain itu, yang lebih berbahaya lagi, bakteri patogen tersebut dapat ditularkan melalui udara. Mungkin untuk meminimalisir dampaknya, Anda dapat membeli sayur, buah dan tanaman herbal yang dijual diswalayan yang telah dibungkus dengan plastik bening khusus untuk buah, sayur dan tanaman herbal.

4. REAKSI ALERGI

Pada orang - orang tertentu yang sensitif terhadap buah, sayur dan tanaman herbal dapat menyebabkan alergi seperti muntah - muntah dan gatal dimulut. Hal ini biasanya dikarenakan mereka memiliki sindrom iritasi usus besar.

Demikianlah 4 kandungan racun berbahaya yang terdapat pada buah, sayur dan tanaman herbal yang harus Anda waspadai. Semoga artikel ini bermanfaat ya buat Anda 😊

Sumber : TIP

0 komentar

Post a Comment