Manfaat Stroberi Untuk Kesehatan Jantung, Menurunkan Resiko Kanker, Sebagai Anti Penuaan – Tanaman Buah Herba ini pertama kali di temukan di Chilli, Amerika dan menyebar ke berbagai negara Amerika, Eropa, dan Asia. Sedangkan buah stroberi ini baru di kenal di Indonesia sejak pertengahan tahun 1990-an. Terdapat sekitar 600 jenis stroberi, spesies stroberi F.vesca L merupakan jenis stroberi yang pertama kali masuk ke Indonesia. Stroberi memerlukan udara yang sejuk agar dapat tumbuh dengan subur.

Buah stroberi dengan warna merah terang, menunjukan bahwa buah ini kaya akan pigmen warna antosianin dan mengandung antioksidan tinggi. Kandungan antioksidan yang tinggi tersebutlah yang menjadikan buah stroberi sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan gizi yang terdapat pada buah stroberi adalah vitamin C, serat, rendah kalori, folat, pottassium dan asam ellagik. Dengan mengkonsumsi 8 buah stroberi setiap hari, mampu memenuhi kebutuhan vitamin C dan serat orang dewasa tercukupi. Buah stroberi memiliki kandungan vitamin C sebanyak 56,7 mg per 100 gram. Dengan kandungan vitamin C tersebut di nyatakan bahwa stroberi mampu mengurangi resiko terserang kanker hingga 37 % seperti yang di rilis The lowa Women’s Health Study. Stroberi juga di percaya mampu mencegah kanker payudara dan kanker leher rahim.

Potassium dan serat pada buah stroberi diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan otak. Stroberi juga mengandung senyawa fitokimia yang bermanfaat, yaitu asam ellagik, kuersetin, kaempferol, asam fenolat, dan antosianin. Senyawa – senyawa tersebut sangat bermanfaat untuk mencegah penggumpalan darah, yang merupakan salah satu penyebab serangan jantung dan stroke. Makan satu hingga tiga cangkir stroberi sehari mampu meningkatkan kekuatan otak dan menjaga penglihatan.

Manfaat Stroberi Untuk Kesehatan Jantung, Menurunkan Resiko Kanker, Sebagai Anti Penuaan

MANFAAT STROBERI BAGI KESEHATAN

1. Menurunkan Resiko Kanker

Kandungan nutrisi yang tinggi pada buah stroberi, menjadikan stroberi sebagai buah anti kanker. Manfaat tersebut telah terbukti pada kanker payudara, kanker serviks, kanker kolon dan kanker tenggorokan. Diantara phytonutrients, asam ellagik dan ellagitannins pada stroberi  merupakan zat anti kanker yang mendapatkan perhatian khusus.  Kemampuan tersebut di hubungkan dengan kemampuannya mendorong aktivitas enzim antioksidan seperti catalase atau superoxide dismustase, kemampuan untuk mengurangi aktivitas enzim pro-inflamasi seperti cyclo-oxygenase 2 COX-2 atau kemampuan untuk mengurangi kemunculan enzim inducible nitric oxide synthase (Inos).

Dari berbagai buah yang telah di teliti kandungan antioksidannya, buah stroberi mencatat skor paling tinggi. Baik zat – zat yang terdapat di dalam stroberi maupun stroberi itu sendiri merupakan buah yang bersifat anti kanker.

Departemen Pertanian Amerika Serikat meneliti ekstrak stroberi dan menemukan adanya daya hambat yang besar terhadap pertumbuhan sel kanker serviks dan sel kanker payudara. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa asam allegik pada buah stroberi dapat menghambat kanker paru – paru, kanker kulilt, kanker hati yang di sebabkan oleh bahan kimia. Dalam uji coba yang dilakukan pada penderita kanker payudara, asam ellagik dapat menghambat pertumbuhan hingga 45 persen. Kandungan kuersetin  pada stroberi juga mampu menghambat pertumbuhan kanker prostat dan kanker payudara.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung dan darah merupakan bagian penting di dalam tubuh manusia yang membutuhkan perlindungan dari oksidasi dan kerusakan akibat pembengkakan. Kandungan antioksidan dan anti bengkak pada buah stroberi sungguh luar biasa. Stroberi bukan saja sumber terbaik vitamin C,namun juga memberikan vitamin C dua kali lebih banyak di bandingkan dengan buah – buahan lain yang juga merupakan sumber vitamin C, seperti rasberries dan anggur, stroberi juga merupakan sumber yang baik untuk mangan. Mangan di nilai sebagai mineral antioksidan penting, selain phytonutrien.

Phytonutrien yang ada pada buah stroberi tidak hanya sebagai antioksidan, tetapi juga sebagai nutrisi anti bengkak. Beberapa penelitian menunjukan bahwa pytonutrien yang berbeda – beda tersebut bekerja sama secara sinergis untuk memberikan manfaat bagi jantung.

3. Mengatur Gula Darah

Beberapa penelitian yang dilakukan belum lama ini menemukan bahwa dengan mengkonsumsi 2 - 3 cangkir stroberi perminggu secara teratur sangat berhubungan dengan berkurangnya risiko DM tipe 2.

Hal ini karena kandungan polyphenol pada buah stroberi yang berperan penting dalam mengatur gula darah. Salah satu polyphenol tertentu pada buah stroberi adalah ellagitannins. Ellagitannins inilah yang menghambat aktivitas enzim alpha-amylase yang bertugas memecah gula pati menjadi glukosa, yang dilepaskan ke dalam aliran darah saat aktivitas enzim alpha-amylase menurun.

MANFAAT STROBERI BAGI KECANTIKAN

Buah stroberi tidak hanya sangat bermanfaat bagi kesehatan, namun ternyata buah stroberi juga bermanfaat bagi kecantikan, apa sajakah manfaatnya? Berikut ulasanya di bawah ini :

1. Memutihkan Gigi

Buah stroberi sudah dikenal sejak dulu dapat memutihkan gigi, caranya dengan mengancurkan buah stroberi, lalu tempelkan pada gigi, kemudian biarkan selama satu hingga dua menit. Setelah itu gosok gigi Anda dengan gosok gigi secara menyeluruh.

2. Anti Penuaan

Buah lambang cinta ini ternyata memiliki konsetrasi tujuh zat antioksidan yang lebih tinggi di bandingkan dengan buah atau sayuran lain, sehingga buah stroberi merupakan buah yang efektif mencegah proses oksidasi pada tubuh karena radikal bebas. Kandungan vitamin B1, B2, C dan Provitamin A pada stroberi dapat menghaluskan kulit dan membuat warna kulit lebih cerah, bersih, serta dapat mencegah kulit keriput.

3. Mengencangkan Kulit

Mengkonsumsi buah stroberi secara teratur  dapat mengencangkan, menghaluskan serta membuat warna kulit lebih cerah dan bersih. Selain dengan cara di konsumsi, Anda juga dapat membuat lulur stroberi agar kulit lebih bersinar. Untuk membuat lulur stroberi bahan – bahan yang perlu di persiapkan adalah : siapkan 3 buah stroberi segar, 3 senok makan madu, dan 3 sendok makan baking soda. Haluskan semua bahan tersebut dengan menambahkan sedikit air. Stroberi akan membuat kulit Anda halus dan wangi, madu di percaya mengandung banyak vitamin E, sedangkan baking soda akan membantu membersihkan kulit dan membantu mengangkat tumpukan sel – sel kulit mati pada kulit Anda.

Demikianlah, manfaat stroberi bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Semoga bermanfaat.

Sumber ; RP

0 komentar

Post a Comment