March 27, 2018

Ini Loh Manfaat Daun Sirih Merah Yang Tidak Anda Tahu Selama Ini, Ternyata Tidak Kalah Dengan Sirih Hijau

Ini Loh Manfaat Daun Sirih Merah Yang Tidak Anda Tahu Selama Ini, Ternyata Tidak Kalah Dengan Sirih Hijau -Karakteristik atau ciri-ciri tanaman tropis ini berbatang bulat, keunguan, hijau dan berbunga. Permukaan daun  sirih merah mengkilap serta  tidak rata, dan menghasilkan warna  merah hati, daun sirih bertangkai, berbentuk jantung hati, serta ujungnya  meruncing atas. Daun sirih memiliki banyak sekali manfaat dan khasiatnya, terutama manfaatnya  untuk kesehatan dan kecantikan . Beberapa zat yang sangat penting terkandung dan ada dalamnya, minyak essential hasil dari daun sirih ini adalah minyak terbang (betiephenol), seskuiterpen, pati, diastase, gula, zat tanin dan kavikol yang memiliki  fungsi utama mematikan kuman, aktioksidasi dan fungisida, anti jamur. Karena zat-zat tersebut memiliki  fungsi mematikan kuman  dan anti jamur oleh sebab itu sangat juga sangat berguna untuk mengobati masalah-masalah kewanitaan seperti keputihan.

Penelitian tentang tanaman sirih merah saat ini masih kurang memadai, terutama dalam memanfaatkannya sebagai bahan baku untuk bio-farmaka atau obat-obatan. Sampai saat ini pemanfaatan sirih merah pada masyarakat  hanya didasarkan pada pengalaman secara turun-temurun yang dibuat oleh nenek moyang jaman dahulu pada para orang tua, untuk anak-anak atau keluarga dekat  atau kerabat serta masih disampaikan secara lisan.

Ini Loh Manfaat Daun Sirih Merah Yang Tidak Anda Tahu Selama Ini, Ternyata Tidak Kalah Dengan Sirih Hijau

Di Jawa, terutama di Kraton Yogyakarta, tanaman sirih merah telah dikonsumsi serta digunakan sejak lama untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit serta masalah kaum wanita. Selain tanaman sirih merah memiliki manfaat untuk menyembuhkan wasir, keputihan, jerawat  dan dapat digunakan pula sebagai obat kumur, karena kandungan alkaloid dalam sirih merah yang berfungsi sebagai anti mikroba dan membunuh bakteri yang ada dimulut Kita. Bahkan khasiat daun sirih merah tersebut sudah benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat  yogyakarta dari generasi ke generasi berikutnya. Untuk mengkonsumsi daun sirih merah sangat mudah, caranya dengan merebus air, masukkan beberapa lembar  daun sirih merah, tunggu sampai mendidih, lalu air disisakan menjadi beberapa gelas, kemudian meminumnya secara teratur setiap hari. Itulah beberapa kegunaan dan fungsi daun sirih merah yang sangat membantu menyembuhkan berbagai penyakit serta baik untuk kesehatan tubuh kita. Meskipun daun sirih merah yang  diseduh hanya satu lembar, tetapi rasanya sangat pahit sekali, airnya juga akan berwarna hitam.

Kandungan Didalam Daun Sirih Merah
Dalam daun sirih merah mengandung senyawa fitokimia alkoloid, saponin, tanin dan flavonoid. Dikutip dari buku "A review produk alami dan tanaman sebagai potensi antidiabetes, dan senyawa koloid alkoholisme dan flavonoid memiliki aktivitas hipoglikemik atau menurunkan kadar glukosa darah. Kandungan kimia lain yang terkandung dalam daun sirih merah adalah minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, carvacrol, eugenol, p-cymene, cineole, caryofelen, kadimen estragol, ter-penena, serta fenil propada. Dengan banyaknya jumlah zat yang dikandungnya, daun sirih merah memiliki manfaat yang sangat banyak sekali sebagai bahan obat. Eugenol-nya dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit, sedang tanin dapat digunakan untuk mengobati sakit perut.




Khasiat, Manfaat dari Daun Sirih Merah serta Cara Penggunaannya

Obat penyakit keputihan dan menjaga organ k3wanitaan
Caranya : Ambil 7 sampai 11 lembar daun sirih merah, cuci bersih lalu rebus sampai mendidih kemudian menggunakan air rebusan untuk mencuci atau membersihkan organ k3wanitaan.

Untuk mengobati  penyakit Diabetes
caranya: Ambil 3 sampai 5 lembar daun sirih merah, cuci bersih kemudian diiris-iris menjadi potongan kecil-kecil. Lalu rebus sampai mendidih  potongan daun sirih merah tadi bersama 3 gelas air +- (600 ml), hingga tersisa airnya kurang lebih menjadi  1,5 gelas. Kemudian minum 3 kali sehari sebelum makan, minumnya hanya  setengah gelas.

Bisa juga dicampur dengan tanaman obat lainya yaitu: Ambil 3 lembar daun sirih merah, tambahkan kulit gayam yang sudah dibersihkan sebanyak 40 gram, tambahkan pula kulit jamblang kering 30 gram. Kemudian ketiga bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air, hingga airnya  tersisa  kurang lebih menjadi  1 gelas. lalu saring air rebusan tadi, minum airnya setengah gelas setiap pagi dan sore hari (2 x sehari). Bila ini dilakukan secara rutin setiap hari akan menurunkan kadar gula darah ke tingkat normal.

Mengobati  masalah jerawat
Caranya: Ambil 9 lembar daun sirih merah, cuci bersih lalu tumbuk  menjadi halus, tambahkan air panas, tunggu beberapa saat sampai airnya terasa hangat kemudian gunakan untuk mencuci muka, lakukan 2 kali sehari  pagi dan sore hari. Bila cara ini dilakukan secara rutin setiap hari disertai dengan menjaga kebersihan wajah, maka masalah jerawat diwajah anda akan hilang serta  wajah akan terlihat bersih.

Selain digunakan sebagai pencuci muka, Anda juga dapat mengkonsumsi  daun sirih merah dengan bahan lainnya untuk mendukung penyembuhan jerawat dari dalam tubuh.
Caranya : Ambil 11 lembar daun sirih merah tambahkan sepotong jahe yang sudah dikupas dan dicuci bersih, masukan kedalam gelas lalu tuang kan air mendidih kemudian setelah agak dingin minum 3 kali sehari. Kedua bahan tersebut sangat bagus untuk menghilangkan jerawat serta bisa menghilangkan bintik-bintik hitam diwajah akibat bekas jerawat.

Mengobati penyakit batuk
Caranya : Ambil 9 lembar daun sirih merah, cuci bersih, lalu rendam kedalam cairan alkohol 70% tunggu sekitar 30 menit, ini berguna  untuk mematikan bakteri dengan segera. Kemudian rebus daun sirih merah dengan 4 gelas air sampai mendidih, bisa juga ditambahkan gula sebanyak 100 gram, setelah selesai  masukkan air rebusan tadi kedalam sebuah wadah gelas. Minum ramuan herbal yang berasal dari daun sirih merah tersebut setiap hari dan rasakan manfaatnya bagi tubuh Anda. Agar ramuan ini lebih maksimal dalam mengobati penyakit batuk , minum ramuan 3 kali sehari secara rutin, insya allah dalam 3 hari udah terasa khasiatnya dan biasanya tidak sampai seminggu.

Daun Sirih merah untuk kecantikan
Ada dua cara untuk mendapatkan khasiat daun sirih merah untuk kecantikan. 
Cara yang pertama : Ambil 3 sampai 5 lembar daun sirih merah, cuci bersih, lalu rebus dengan air sebanyak 3 gelas, rebus sampai mendidih, kemudian minum air rebusan daun sirih tersebut secara teratur setiap hari. Dengan cara ini keindahan tubuh  anda akan selalu terjaga serta tidak perlu lagi memakai kosmetik atau bahan kimia lainnya untuk memberikan perlindungan pada kulit indah. 

Cara yang kedua, Ambil 3 lembar daun sirih merah, bersihkan, lalu tumbuk sampai halus dengan ditambahkan sedikit air. Kemudian oleskan secara merata tumbukan daun sirih merah kewajah, tunggu beberapa saat (kurang lebih 15 sampai 30 menit) setelah itu bilas atau cuci wajah anda dengan air. Biasanya banyak wanita yang menganggap keindahan bercahaya itu dapat diperoleh dari wajah, untuk itu jangan ragu menerapkan cara ini pada wajah anda agar bisa mendapatkan wajah yang cantik dan juga bersih. Keindahan alami inilah yang akan bisa memberikan daya tarik utama.

Daun sirih merah untuk memperindah bulu mata
Caranya: Siapkan beberapa lembar daun sirih merah dan juga daun  lidah buaya, ambil 1lembar daun sirih lalu sedikit diremas-remas daunnya, selanjutnya ambil daun lidah buaya, belah atau kupas kemudian oleskan pada permukaan daun sirih, setelah itu oleskan daun sirih yang sudah diolesi isi daun lidah buaya tadi ke bulu mata dan biarkan sampai 2 jam. Untuk membersihkannya, ambil daun sirih lainnya, masukkan kedalam air panas kemudian dioleskan pada bulu mata. Bila ini dilakukan secara rutin setiap hari, bulu mata anda akan terlihat indah dan lentik.


Kegunaan daun sirih merah juga hampir sama dengan daun sirih hijau, manfaat lainnya juga bisa untuk mengobati bau mulut, bau badan, keputihan, sariawan. Daun sirih merah juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit lainnya antara lain:
- Berkhasiat untuk mengobati penyakit kulit, seperti gatal-gatal dan luka.
- Berkhasiat untuk mencegah dan mengobati diabetes. 
- Berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit TBC tulang.
- Berkhasiat untuk mencegah dan mengobati kanker, maag, dan batu ginjal.
- Berkhasiat untuk mencegah dan mengobati wasir, keputihan dan bau mulut. 
- Berkhasiat untuk mengobati kerusakan gigi, bau mulut dan meredakan gusi berdarah. 
- Efektif dalam mencegah penyakit jantung. 
- Berkhasiat untuk meredakan demam panas.

Demikianlah manfaat daun sirih merah untuk mengobati berbagai macam penyakit maupun sebagai bahan untuk kecantikan. Ternyata manfaatnya tidak kalah dengan kembarannya yaitu daun sirih hijau yang telah lama kita kenal. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment