AWAS... !!!  WADAH KEMASAN PADA MAKANAN INI MERUPAKAN PENCETUS KANKER – Mungkin Anda berpikir telah memasak makanan dengan baik dengan bahan – bahan alami. Tetapi jika salah dalam menempatkannya maka makanan tersebut akan tercemar dari bahan kimia yang terdapat pada wadah atau kemasan tersebut. Jika makanan tersebut telah tercemar, akan sangat berbahaya jika dikonsumsi dan akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan nantinya. Jadi sebelum hal itu terjadi, sebaiknya kenali wadah atau kemasan yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius nantinya. Wadah atau kemasan ini sering kali kita jumpai dalam kehidupan sehari – hari. Berikut daftarnya :

1. PLASTIK
Plastik paling sering kita lihat digunakan untuk mengolah, menyimpan dan mengemas makanan dibandingkan dengan daun seperti daun pisang. Menggunakan plastik memang lebih tahan lama dan mudah didapatkan di perkotaan. Namun demikian, plastik memiliki kekurangan yaitu tidak tahan panas. Jika salah dalam menggunakannya maka material atau zat yang dipanaskan tersebut akan mengeluarkan zat beracun yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu dapat mengurangi kekebalan tubuh seseorang.

AWAS... !!!  WADAH KEMASAN PADA MAKANAN INI MERUPAKAN PENCETUS KANKER

Agar plastik yang kita gunakan tetap aman sebagai pembungkus makanan adalah dengan menjaga agar permukaan plastik tidak berubah selama dalam pengemasan sehingga komponen dan zat kimia berbahaya yang terdapat pada plastik tidak larut dan mencemari makanan. Dan gunakan plastik yang tidak berbau dan berwarna untuk membungkus makanan.

Selain itu, jangan gunakan plastik kresek hitam untuk membungkus makanan, dan jangan menempatkan air panas mendidih kedalam gelas plastik serta jangan menggunakan platik untuk membungkus ketupat karena dikhawatirkan akan terjadi perpindahan zat kimia dari plastik kedalam makanan.

2. KALENG

Di perkotaan banyak sekali kita jumpai makanan kaleng, seperti ikan, daging, buah,saus dan lain sebagainya yang dikemas dalam kaleng. Namun yang harus diwaspadai adalah pengemasan yang tidak sempurna dapat menyebabkan keracunan yang ditandai dengan tenggorokan menjadi kaku, mata berkunang – kunang, kejang – kejang hingga sukar untuk bernafas.




Agar kita semua tetap aman dalam mengkonsumsi makanan dalam kaleng, berikut tips untuk memilih makanan kaleng yang baik :
  • Pilih kemasan kaleng yang masih bagus, tidak penyok
  • Pilih makanan kaleng yang masih bersegel
  • Dalam membeli makanan kaleng, jika tanggal kadaluarsa tinggal 3 bulan lagi, jangan dikonsumsi lagi.
  • Perhatikan tutup bagian atas kaleng, jika tutup bagian atas kaleng telah menggelembung, sebaiknya jangan dibeli. Penggelembungan ini terjadi akibat mikroorganisme yang didalam makanan kaleng tersebut.
Demikianlah yang harus Anda perhatikan sebelum membeli makanan kaleng, agar terhindar dari keracunan dan zat berbahaya yang terdapat pada makanan tersebut.

3. STYROFOAM

Kemasan makanan yang satu ini cukup populer digunakan untuk membungkus makanan. Banyak sekali penjual makanan yang menggunakan styrofoam untuk mengemas makanan yang mereka jual. Selain dapat mempertahankan panas dan dingin makanan, kemasan ini juga nyaman dipegang karena ringan dan lebih murah.

Mulai saat ini Anda harus berhati – hati dalam menggunakan kemasan ini. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa semakin lama makanan dikemas menggunakan styrofoam ini maka semakin besar pula terjadinya perpindahan zat – zat yang bersifat toksin kedalam makanan. Sama halnya dengan plastik, sebaiknya jangan gunakan kemasan ini untuk membungkus makanan yang panas dan terpapar sinar matahari langsung.

4. KERTAS

Mulai saat ini Anda harus waspada akan bahaya makanan yang dibungkus dengan kertas atau koran, seperti pada gorengan. Kertas koran atau majalah yang sering digunakan untuk membungkus gorengan ternyata mengandung timbal melebihi batas yang ditentukan. Makanan panas dan berlemak akan memudahkan perpindahan timbal pada makanan. Jika dimakan akan masuk kedalam aliran darah dan merusak jaringan tubuh seperti ginjal, hati, otak, syaraf dan tulang.

5. MELAMIN

Wadah yang terbuat dari melamim ini banyak sekali seperti piring, gelas, mangkuk dan lain sebagainya. Bahan ini disukai karena lebih ringan, tidak mudah pecah dan ditambahkan wana warni yang cantik.

Namun mulai saat ini, Anda harus waspada akan bahaya yang dapat timbul di kemudian hari. Menurut YLKI bahan melamin yang dijual dengan harga murah, terbuat dari bahan – bahan yang membahayakan kesehatan. Bahanya tersebut disebabkan karena bahan yang terdapat didalam melamin tersebut yaitu formalin.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa formalin merupakan suatu zat pencetus kanker bagi manusia. Uap yang ditimbulkan dapat menyebabkan radang pada mata, hidung, saluran pernafasan atas, batuk, bronkitis, pneumonia dan asma. Kulit yang terpapar juga akan perih dan kemerahan seperti terbakar.

Demikianlah beberapa wadah kemasan makanan yang harus Anda hindari untuk digunakan untuk membungkus dan mengemas makanan Anda. Karena sangat membahayakan kesehatan Anda nantinya. Silahkan dibagikan jika bermanfaat.

0 komentar

Post a Comment