8 DAFTAR OBJEK WISATA PROVINSI BANTEN DENGAN KEINDAHAN TAMAN NASIONAL, PANTAI DAN GUNUNG – Provinsi Banten termasuk kaya dengan Objek Wisata. Baik itu Objek Wisata dengan keindahan Taman Nasional, Pantai, Masjid, Rawadano dan Gunung. Di saat musim liburan kali ini, mungkin objek wisata kali ini dapat menjadi rekomendasi buat perjalanan Anda. Berikut daftar Objek Wisata yang terdapat di Provinsi Banten :

1. TAMAN NASIONAL UJUNG KULON

8 Daftar Objek Wisata Provinsi Banten Dengan Keindahan Taman Nasional, Pantai dan Gunung

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan salah satu daerah konservasi alam dunia yang dicanangkan oleh Badan Dunia UNESCO sebagai Situs Warisan Alam Dunia pada 1991. UNESCO telah memberikan bentuk dukungannya dengan memberikan bantuan teknis serta pendanaan. Tempat ini dikelilingi oleh pulau – pulau indah disekitarnya yang sangat cocok untuk olahraga diving. Di lokasi ini Anda dapat juga menyaksikan keindahan hutan tropis, badak bercula satu yang merupakan primadona daya tarik dari lokasi ini.

Saranan pariwisata seperti penginapan, pusat informasi, pemandu wisata, dan saranan transportasi juga telah tersedia. Objek wisata yang terdapat di Taman Nasional Ujung Kulon ini  berupa sungai – sungai dengan jeramnya, air terjun, pantai pasir putih, sumber air panas, taman laut dan peninggalan Budaya/ Sejarah ( Arca Ganesha di Gunung Raksa Pulau Panaitan.

Lokasinya berada di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.  Akses menuju kesana, Anda dapat menggunakan sarana jalan tol Jakarta – Serang kira – kira 1,5 jam perjalanan, Serang – Pandeglang – Labuan kira – kira 1,5 jam perjalanan, Jakarta – Cilegon kira – kira 2 jam perjalanan tol, Cilegon – Labuan ( 1 jam ), atau Bogor – Rangkasbitung – Pandeglang – Labuan ( 4 jam ), Labuan – Sumur ( 2 jam ), Sumur – Pulau Peucang ( 1 jam dengan kapal motor nelayan ) atau Labuan – Pulau Peucang ( 4 jam dengan kapal motor nelayan).

2. MASJID AGUNG BANTEN

8 Daftar Objek Wisata Provinsi Banten Dengan Keindahan Taman Nasional, Pantai dan Gunung

Masjid ini di bangun oleh Sultan Maulana Yusuf pada 1566, sebagai pusat pengembangan Islam di Banten. Menara masjid memiliki tinggi kurang lebih 23 meter dengan bentuk seperti mercusuar. Di kawasan ini juga terdapat paviliun yang merupakan bangunan tambahan yang berbentuk empat persegi panjang dan bertingkat. Selain itu terdapat juga makam – makam para Sultan Banten dan keluarganya.

Lokasinya terletak di Desa Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Provinsi Banten. Pengunjung dapat kesana dengan kendaraan pribadi atau naik bus. Dari Terminal Pakupatan, Serang, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan bus jurusan Banten Lama denan tarif terjangkau, dengan waktu perjalanan sekitar setengah jam.

3. PANTAI ANYER

8 Daftar Objek Wisata Provinsi Banten Dengan Keindahan Taman Nasional, Pantai dan Gunung

Pantai Anyer ini merupakan salah satu objek wisata pantai yang sangat terkenal yang terdapat di Laut Banten. Beberapa olah raga air dapat dilakukan disini, seperti wind surfing, jetsky, banana speed boating, traditional boating dan lain sebagainya. Daya tarik lain dari pantai ini adalah adanya mercusuar yang terletak di tepi jalan raya yang menghubungkan berbagai kawasan wisata pantai.

Bagi wisatawan yang berasal dari Luar Kota dapat menginap di Pantai ini, banyak sekali terdapat hotel berbintang maupun yang tidak berbintang, penginapan rumahan, restoran, ataupun fasilitas lainnya guna memenuhi kebutuhan wisatawan.

Lokasinya terdapat di Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Untuk menuju kesana, jika Anda dari Jakarta, lewat jalan tol Jakarta – Merak kemudian keluar di pintu tol Cilegon Barat dan dilanjutkan ke Anyer. Dapat menggunakan kendaraan pribadi atau bus umum, selain itu jika ingin menggunakan kereta api juga bisa.
4. PANTAI SAWARNA

8 Daftar Objek Wisata Provinsi Banten Dengan Keindahan Taman Nasional, Pantai dan Gunung

Pantai ini memiliki keunikan di bandingkan dengan pantai – pantai lainnya di Banten, yaitu suasana pantai yang masih alami, permukaan pantai dengan pasir yang landai dan air yang jernih. Ombak di pantai ini juga tergolong besar dan tempat ini kerap sekali didatangi oleh perselancar lokal. Namun belum banyak disinggahi oleh perselancar nasional maupun internasional. 

Disekitar pantai juga terdapat desa wisata dan rumah – rumah penginapan yang bernuansa alami. Lokasi pantai ini terdapat di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak. Untuk menuju lokasi dapat melalui Kota Rangkasbitung, Lebak atau Sukabumi. Bila dari Jakarta, kita dapat menempuh salah satu jalur transportasi yaitu Jakarta – Serang -  Malingping- Bayah – Sawarna atau Jakarta – Balaraja – Maja – Rangkasbitung – Malingping – Bayah – Sawarna. 

5. PANTAI TANJUNG LESUNG

8 Daftar Objek Wisata Provinsi Banten Dengan Keindahan Taman Nasional, Pantai dan Gunung

Pantai ini memiliki panorama yang indah, alami, dengan pasir putih dan karang yang unik . kondisi ini cocok sekali untuk olahraga air seperti snorkling, diving dan jetsky. Disini juga terdapat bagian laut yang menjorok ke pantai dan membentuk seperti danau seluas 12 ha dengan kedalaman 5 meter dengan air yang tenang.

Lokasinya berada di Kabupaten Pandeglang. Untuk akses menuju kesana dapat melalui jalan negara dan jalan provinsi dengan bus atau transportasi pribadi.

6. PULAU UMANG
8 Daftar Objek Wisata Provinsi Banten Dengan Keindahan Taman Nasional, Pantai dan Gunung

Pulau Umang memiliki luas 5 ha, terletak di kawasan Objek Wisata Pantai Pandeglang, dan berdekatan dengan kawasan wisata Tanjung Lesung. Kawasan wisata ini di kelola oleh perusahaan swasta yang menyediakan berbagai macam fasilitas rekreasi dan hiburan menarik. Pemandangan alamnya sungguh mempesona.

Di pulau ini terdapat resort yang ditata dengan sentuhan artistik alami, dilengkapi dengan ruangan pertemuan, kafe, spa, pusat bisnis, sunset lounge, klub pantai, kolam renang dan sebagainya.  Selain itu, tersedia juga fasilitas olahraga air dan rekreasi air, jogging track, cross country, lapangan tenis, tempat karaoke dan lain – lain.

Pulau ini cocok sekali untuk honeymoon, liburan bersama keluarga atau outing. Bagi yang senang bermain air, Anda dapat bermain jet ski, banana boat, atau snorkling.

Lokasinya terletak di Pulau Panaitan yang membentang di perairan antara Tanjung Lesung sebelah utara dan Ujung Kulon disebelah selatan. Akses menuju Pantai Umang ini tidak sulit, Perusahaan pengelola menyediakan rental mobil dari Jakarta menuju pulau ini, atau dapat dicapai dari kawasan Ujung Kulon.

7. GUNUNG KRAKATAU

8 Daftar Objek Wisata Provinsi Banten Dengan Keindahan Taman Nasional, Pantai dan Gunung

Gunung krakatau merupakan salah satu gunung yang terkenal di dunia karena letusannya yang dahsyat pada tahun 1883. Letusan yang maha dahsyat itu mencatatkan sejarah yang tidak terlupakan. Pada masa itu, sekitar 36.000 jiwa tewas saat tragedi tersebut yang menyebabkan tsunami besar. Ledakan gunung ini diperkirakan 30.000 kali lebih dahsyat dari ledakan bom atom yang terjadi di Hirosyima dan Nagasaki pada saat perang Dunia II. Suara letusannya terdengan hingga ke Australia dan Afrika yang berjarak mencapai 4.653 km. Bahkan awan panasnya menyelimuti Eropa selama 1 minggu. Letusan yang maha dahsyat itu membentuk anak gunung baru yang lebih dikenal dengan Anak Krakatau.

Lokasinya berada di Perairan Selat Sunda. Kawasan wisata alamnya mudah di capai yaitu dari Pantai Anyer – Carita sekitar 1 jam dengan menggunakan perahu motor.

8. RAWADANO

8 Daftar Objek Wisata Provinsi Banten Dengan Keindahan Taman Nasional, Pantai dan Gunung

Pesona Rawadano terletak pada keindahannya dengan hamparan air yang tampak menghijau, disekitarnya juga tumbuh beraneka jenis tumbuhan air.  Danau ini terletak di kaki bukit atau gunung, jika matahari bersinar terang akan tampak rawa di kejauhan. Tetapi, pada saat sore hari yang tampak hanya kabut tipis yang putih menutupi danau tersebut.

Luas kawasan ini sekitar 2.500 ha yang ditumbuhi berbagai jenis pohon dan tempat bersarangnya berbagai jenis aneka reptil seperti ular dan buaya. 250 jenis burung juga bermukim di kawasan ini.

Lokasi Rawadano ini terletak di Kabupaten Serang dan berjarak 101 km dari Jakarta. Akses menuju kesana dapat melalui tiga jalur, yaitu Jakarta – Cilegon – Anyer – Rawadano, Jakarta – Serang – Padarincang – Rawadano, dan Jakarta – Serang – Anyer – Cinangka – Padarincang – Rawadano.

Demikianlah 8 Daftar Objek Wisata yang terdapat di Provinsi Banten yang dapat menjadi pilihan tempat berlibur Anda kali ini. Happy holiday..😊

0 komentar

Post a Comment