3 DAFTAR OBJEK WISATA YANG TERDAPAT DI SUMATERA SELATAN YANG WAJIB ANDA KUNJUNGI – Jika suatu saat Anda melakukan perjalanan wisata ke Kota Palembang, tentu tidak lengkap jika Anda tidak mengunjungi semua objek wisata yang terdapat di sana. Daftar objek wisata di bawah ini, mungkin dapat menjadi rekomendasi buat  Anda yang tengah melakukan perjalanan wisata ke Kota Palembang. Berikut daftarnya di bawah ini :

1. HUTAN WISATA  PUNTI KAYU

3 Daftar Objek Wisata Yang Terdapat Di Kota Palembang Sumatera Selatan

Hutan seluas 50 ha ini terletak di Jalan H. Burlian km 7 yang merupakan jalan utama antara Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II dan Kota Palembang. Hutan wisata Punti Kayu dapat di tempuh dengan kendaraan umum trayek km 12 yang terletak 7 km dari pusat kota. Dan semenjak tahun 1998 telah di tetapkan sebagai hutan lindung. 

Taman Hutan Wisata Punti Kayu dibagi atas 4 wilayah yaitu wilayah taman rekreasi, wilayah hutan lindung, wilayah perkemahan, dan wilayah danau serta rawa. Hutan tersebut juga banyak dihuni oleh sekelompok monyet dan didalamnya juga terdapat telaga mungil yang membuat keindahan taman ini terlihat asri.

Selain itu berbagai fasilitas rekreasi juga terdapat ditaman hutan ini seperti kolam renang, kebun binatang mini, kolam pancing, sarana olah raga, arena permainan anak, area berkemah dan masih banyak fasilitas lainnya.

2. OBJEK WISATA PULAU KEMARO

3 Daftar Objek Wisata Yang Terdapat Di Kota Palembang Sumatera Selatan

Pulau Kemaro merupakan sebuah delta di Sungai Musi, sekitar 5 km sebelah hilir Jembatan Ampera. Di pulau ini terdapat sebuah vihara. Dalam perayaan Cap Go Meh ribuan masyarakat Cina termasuk yang datang dari berbagai kota bahkan dari luar negeri berkunjung ke Pulau Kemaro untuk melakukan sembahyang atau berziarah. Biasanya perayaan ini berlangsung 2 – 3 hari. 

Dari Pulau Kemaro dapat juga disaksikan kilang minyak Pertamina di Plaju dan Sungai Gerong serta pabrik pupuk PT Pusri disamping berbagai kegiatan di Sungai Musi. Pulau Kemaro sampai saat ini menjadi tempat ritual warga etnis Tionghio dari berbagai daerah dan mancanegara. Sehingga, hampir dipastikan mereka akan mendatangi pulau itu secara rutin terutama saat Imlek dan Cap Go Meh setiap tahunnya. 




Apalagi di Pulau Kemaro ini terdapat Kelenteng terkenal serta makan yang dipercayai sebagai makan Tan Bun An ( Pangeran asal Tiongkok ) dan Siti Fatimah ( Putri Raja Palembang ), yang dikenal dengan legenda Cinta Sejati antara dua bangsa  dan budaya besar pada jaman dahulu.

Akses menuju Pulau Kemaro dapat ditempuh dengan dua rute yaitu dengan mengarungi sungai Musi dengan naik kapal wisata atau perahu getek dari Dermaga Benteng Kuto Besak, disamping Jembatan Ampera. Tarif berkisar antara Rp 20.000 – Rp 50.000, lama perjalanan sekitar  30 menit. Kedua melalui jalan darat ke Dermaga Intirub di Kelurahan Sungai Lais, Kecamatan Kalidoni, Palembang. Jaraknya sekitar 2 km dari PT PUSRI. Didermaga telah menunggu perahu getek dengan biaya sekitar Rp 30.000 – Rp 50.000

3. JEMBATAN AMPERA DAN SUNGAI MUSI

3 Daftar Objek Wisata Yang Terdapat Di Kota Palembang Sumatera Selatan

Kota Palembang dibelah oleh Sungai Musi yang memiliki jembatan bernama Jembatan Ampera.  Dalam perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus dan peringatan Hari jadi Kota Palembang 17 Juni, acap digelar lomba bidar atau bidar mini yang cukup populer serta pertunjukan air lainnya.
Jembatan Ampera di bangun pada tahun 1962 – 1965 melintasi sungai Musi dan menghubungkan Palembang bagian Ilir dan Ulu. Sungai Musi merupakan sungai terpanjang dan terbesar di Provinsi Sumatera Selatan, dengan panjang 406 km.

Untuk menikmati keindahan Sungai Musi, Anda dapat menggunakan speed boat untuk rombongan dalam jumlah besar dan getek . dari sana juga tampak Benteng Kuto Besak atau Benteng Kota Besar, Masjid Agung, kapal dan perahu yang lalu lalang di Sungai Musi. Dipinggir sungai juga terdapat restoran terapung, tempat orang biasa menikmati makanan khas Sumatera Selatan.

Demikianlah, 3 daftar objek wisata yang terdapat di Provinsi Sumatera Selatan yang tidak boleh Anda lewatkan. Selamat menikmati perjalanan wisata Anda, semoga Anda terhibur.

0 komentar

Post a Comment