Tips dan Trik Sederhana Untuk Mengatasi Masalah Pada Smartphone Seperti Macet, Lemot, Tidak merespon – Sebagian orang telah menganggap smartphone itu seperti pakaiannya sendiri yang wajib setiap hari digunakan. Penggunaannya tanpa batas waktu, bahkan sampai lupa makan, mandi maupun istirahat. Apalagi jika telah menemukan game kesukaannya, mereka bahkan tidak peduli lagi dengan keadaan disekitarnya.

Memang selain game, banyak sekali terdapat berbagai aplikasi yang menarik, seperti musik, film dan lain sebagainya. Kadang tanpa kita sadari, telah terlalu banyak aplikasi yang terdapat pada smartphone kita yang membuat kinerjanya jadi menurun. Seperti macet, lemot dan tidak merespon. Hal ini tentu saja membuat kita merasa jengkel, kita tengah asyik menggunakan smartphone jadi terhenti karena masalah tersebut.

Tapi tenang saja Sahabat Smart, kali ini saya akan bagikan cara mengatasi masalah yang sering terjadi pada smartphone Anda. Berikut ini merupakan beberapa tips yang saya dapatkan dari Tekno Liputan6, yang dikutipnya dari laman Joy of Android.

Tips dan Trik Sederhana Untuk Mengatasi Masalah Pada Smartphone Anda Seperti Macet, Lemot dan Tidak merespon


1. HAPUS CHACE
Chace merupakan data yang tersimpan selama kita melakukan penelusuran pada sebuah web atau aplikasi, semakin sering kita melakukan penelusuran maka jumlah chace  akan semakin banyak sehingga kinerja smartphone akan menurun seperti macet, tidak bisa dijalankan sama sekali maupun tidak peka terhadap sentuhan. Untuk itu Anda dapat menghapus chache ini menggunakan aplikasi penghapus sampah.

2. MEMBERSIHKAN SMARTPHONE DARI VIRUS
Salah satu penyebab smartphone kita sering hang, bisa jadi karena smartphone terjangkit virus. Namun, virus disini bukan seperti virus flu tapi virus ini sangat mengganggu kita dalam menjalankan aktivitas pada smartphone. Seperti browsing, main game maupun menjalankan aplikasi yang lain. Anda dapat menggunakan aplikasi yang dapat menghapus semua virus yang terdapat pada smartphone Anda.


3.     BEBASKAN RAM
Ini merupakan masalah yang sering di alami oleh pengguna smartphone dengan kapasitas RAM kecil, layar sentuh ponsel sering macet, lelet karena RAM yang sudah terlalu terbebani dan jumlah aplikasi dan game  yang terlalu banyak. Untuk itu RAM ponsel harus dibebaskan.
Sebaiknya, Anda menghapus aplikasi yang tidak digunakan lagi, atau yang tidak penting agar smartphone Anda dapat kembali di gunakan. Selain itu, aplikasi yang tidak terpakai dapat dinonaktifkan di bagian pengaturan.

4.    RESTAR PERANGKAT
Dengan Me-restart perangkat dipercaya dapat mengatasi berbagai macam permasalahan, bahkan tidak hanya di perangkat Android, di Windows dan iOS pun hal tersebut dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan layar sentuh yang macet maupun perangkat yang tidak merespon.

5.    GUNAKAN KALIBRASI
Hal ini ditujukan untuk menyesuaikan layar sentuh dengan sentuhan yang di sediakan oleh developer perangkat. Berhubung setiap sistem operasi memiliki langkah tersendiri untuk melakukan kalibrasi, bagi kamu yang menggunakan Android bisa menemukan fitur kalibrasi ini di pengaturan.

6.    GANTI LAUNCHER
Pertimbangkanlah untuk mengganti launcher Anda, misalnya dengan memasang Apex Launcher, GO Launcher, atau launcher lain yang menurut Anda menarik yang tidak memberatkan perangkat smartphone Anda. 

7.    DINGINKAN PERANGKAT ANDA
Kondisi panas pada perangkat smartphone maupun seperti laptop dan komputer dapat menyebabkan kinerjanya jadi berjalan lambat, menjadi kurang responsif bahkan sama sekali tidak merespon. Coba gunakan aplikasi yang dapat mendinginkan smartphone Anda, jika menggunakan laptop Anda dapat memakai kipas pendingin khusus laptop atau komputer Anda.

Demikianlah 7 hal yang harus Anda lakukan untuk mengatasi masalah pada layar smartphone Anda seperti macet, hang, lelet dan tidak merespon. Semoga bermanfaat ya.😊

0 komentar

Post a Comment