17 MANFAAT MENGKONSUMSI KUBIS ( SAYURAN ANTI KANKER ) LENGKAP SERTA EFEK NEGATIFNYA BAGI KESEHATAN – Kubis ini sering juga disebut dengan kol. Banyak sekali varietas kubis yang dijual dipasaran seperti kubis putih, hijau, keriting dan ungu yang baru tersedia di swalayan. Kubis tersebut memiliki kelebihan masing – masing.

Kubis banyak diolah menjadi berbagai macam masakan oriental khas Asia. Sedangkan di Jepang, Cina dan Korea, kubis digunakan sebagai bahan baku asinan. Kubis biasanya disajikan mentah atau dimasak terlebih dahulu, kubis mentah lebih tinggi nilai gizinya dari pada kubis yang telah dimasak. Cara pengolahan yang salah dapat mengakibatkan nilai gizi pada kubis berkurang.

17 MANFAAT MENGKONSUMSI KUBIS ( SAYURAN ANTI KANKER ) LENGKAP SERTA EFEK NEGATIFNYA BAGI KESEHATAN

GIZI DAN MANFAAT KUBIS BAGI KESEHATAN

1. MERUPAKAN SAYURAN SUMBER FOLAT DAN ANTIOKSIDAN
Kubis hijau dan putih kaya akan kandungan folat ( Vitamin B9 ), tetapi tidak memiliki kandungan antosianin. Sedangkan kubis ungu kandungan folatnya lebih rendah, namun tinggi kandungan antosianin.

Antosianin adalah antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari oksidasi radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

2. RENDAH KALORI
Kubis memiliki kandungan karbohidrat yang sangat rendah, begitu juga kandungan lemak dan kolesterol. Sehingga kalori yang disumbangkannya juga sangat rendah.

Itulah karenanya sayuran kubis ini menjadi menu favorit bagi seseorang yang sedang menjalankan diet rendah kalori. Bahkan ahli nutrisi di negara – negara  barat juga menganjurkan pasien mereka yang ingin menurunkan berat badan untuk mengkonsumsi kubis.

3. KAYA MINERAL
Kubis kaya akan mineral, namun kandungan mineral yang paling tinggi adalah kalium dan fosfor, selain itu kubis juga tinggi kandungan sulfur. Sulfur merupakan komponen dari asam amino.

Sulfur sangat diperlukan untuk pembentukan kulit, kuku dan rambut. Jika dibandingkan dengan kubis putih dan hijau, kandungan sulfur dan zat besi pada kubis merah lebih tinggi. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa kubis merah memiliki kemampuan membersihkan lambung lebih efektif dari pada kubis putih dan hijau.

Selain itu kubis merah mengandung senyawa fenol yang dapat menstimulir kerja liver dan jaringan disekitarnya.

4. SUMBER VITAMIN C DAN E
Semua jenis kubis merupakan sumber vitamin C yang baik. Kandungan vitamin C nya termasuk tinggi, namun lebih tinggi jika konsumsi kubis dalam keadaan mentah.

Selain kubis tinggi kandungan vitamin C, kubis juga tinggi kandungan vitamin E. Kandungan vitamin E banyak terdapat pada bagian krop luar.

5. MENJAGA KESEHATAN PENCERNAAN
Kubis mentah memiliki kemampuan sebagai detoksifikasi, terutama pada bagian perut atas. Dengan mengkonsumsi kol akan memperlancar proses pembuangan sampah.

Kubis dapat membuat suasana lambung menjadi alkali, menstimulir sistem imun, membunuh bakteri dan virus. Selain itu, kubis dapat mencegah dan mengobati borok diperut, mencegah kanker dan mencerahkan kulit. Sungguh luar biasa sekali bukan..?

6. MENINGKATKAN NAFSU MAKAN
Dalam naturophaty Barat, kubis biasa digunakan untuk meningkatkan nafsu makan. Nafsu makan seseorang sering hilang akibat stress, emosi yang tidak terkendali, cemas, merokok, dan minuman beralkohol.

Dengan adanya unsur sulfur dan kalium yang cukup dalam sayuran ini, menyebabkan peningkatan produksi hormon yang memerintahkan otak untuk mengeluarkan sinyal rasa lapar.

7. MENCEGAH PINGSAN  DAN KEJANG
Seseorang yang sering menderita kejang dan pingsan dapat diobat dengan megkonsumsi jus kubis. Pingsan dapat disebabkan oleh adanya kesalahan dalam fungsi kelenjer yang menyebabkan penyempitan pembuluh nadi, sehingga pasokan darah bersih yang mengandung oksigen dari jantung keotak berkurang. Hal ini menyebabkan keseimbangan tubuh hilang karena aliran darah tidak normal.


8. MENGHILANGKAN RACUN ALKOHOL
Seseorang yang sakit perut karena keracunan alkohol dapat mengkonsumsi jus kubis.  Kandungan sulfur dan vitamin yang terdapat pada kubis dapat menghilangkan pengaruh buruk alkohol yang masuk dalam tubuh. sehingga perut kembali sehat.

Hasil penelitan yang dilakukan di Canberra, Australia menyebutkan bahwa dalam penyembuhan racun alkohol, unsur yang paling berperan adalah glutation. selain menghilangkan racun alkohol, kubis juga dapat mengikis racun berupa logam berat.

9. MENJAGA KESEHATAN DAN FUNGSI USUS
Bila Anda sering mengalami nyeri perut atau ada masalah pada usus, cobalah dengan banyak mengkonsumsi kubis. Menurut Profesor Garnett Cheney, MD dari Stanford University, seorang yang rutin minum ¼ liter jus kubis akan terbebas dari nyeri perut dan radang pada usu dua belas jari. Cukup menjalani terapi ini selama 2 – 5 hari maka rasa nyeri yang Anda rasakan selama ini akan hilang hingga 95 %.  Menakjubkan sekali bukan..?

Kemampuan kubis ini dalam mengobati masalah pada usus dapat disejajarkan dengan obat modren yang biasa diresepkan oleh Dokter. Penelitian lain yang dilakukan oleh Jim Duke dari USDA menyatakan bahwa hanya dengan makan satu mangkuk sup kubis setiap minggu, resiko kanker kolon dapat turun hingga 66 %.

Bagi Anda hobi makanan pedas, hati – hati dengan tukak lambung serta luka pada usus besar dan usus halus. Jika gejala penyakit ini Anda rasakan, maka rajinlah mengkonsumsi jus kubis mentah.

10. MENURUNKAN RESIKO KANKER PARU – PARU
Semua tanaman kubis – kubisan memiliki khasiat sebagai anti kanker yang handal. Menurut Dr. Donal R. Germann MD meneliti bahwa kandungan sulfurlah yang berperan sebagai anti kanker. Sulfur pada kubis terbukti efektif untuk mencegah mutasi sel sehat menjadi tumor atau kanker.

Oleh sebab itu, orang yang rajin mengkonsumsi sayuran ini akan memiliki resiko tumor atau kanker lebih rendah dari pada yang tidak mengkonsumsi sayuran ini. Sebuah penelitian di Cina membuktikan bahwa pria perokok yang rajin mengkonsumsi sayuran ini memiliki resiko kanker paru – paru lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi kubis.

11. MENURUNKAN RESIKO KANKER PAYUDARA
Penelitian yang dilakukan oleh Cancer Research Instute menyebutkan bahwa kubis mampu menurunkan produksi estrogen yang dapat meningkatkan resiko kanker payudara pasca menopause. Kubis memiliki kemampuan untuk melakukan de-aktifasi estrogen. Untuk mendapatkan manfaat dari kubis tersebut sebaiknya kubis dikonsumsi mentah, karena jika dimasak akan merusak zat anti-estrogen yang diperlukan.

12. MENURUNKAN RESIKO KANKER MULUT RAHIM
Dalam penelitian yang dilakukan oleh Charles Batheword MD dari University of Alabama, menyatakan bahwa kubis memiliki kemampuan untuk menangkal kanker serviks, dalam hal ini kubis mencegah terjadinya peradangan pada serviks.

Kandungan anti kanker pada kubis tidak hanya karena kandungan sulfur yang terdapat didalamnya. Masih banyak terdapat senyawa lain  anti kanker yang ampuh, seperti beta-karoten, antosianin ( khusus kubis merah ), glucobrassicin, glucoraphanin, dan lain – lain. Senyawa tersebut akan meningkatkan kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi antibodi.

13. MEMILIKI SINERGI DENGAN OBAT – OBATAN
Senyawa yang terdapat pada kubis, ternyata memiliki sinergis yang tinggi dengan obat – obatan kimiawi. Jadi tidak usah khawatir jika mengkonsumsi kubis saat menjalankan terapi obat – obatan kimia.

14. MEMBAKAR LEMAK
Kubis tidak hanya sebagai antikanker, masih banyak khasiat kubis yang lain. Ahli nutrisi mengatakan bahwa kubis merupakan sayuran yang dapat menghancurkan lemak pada tubuh. Para wanita yang memiliki kelebihan berat badan sangat dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi kubis agar lemak pada tubuhnya dapat hilang.

15. MENYEMBUHKAN PENYAKIT MAAG
Hal ini pasti sangat bertolak belakang dengan mitos yang selama ini beredar bahwa dengan mengkonsumsi kubis malah dapat memperparah penyakit maag Anda. Ternyata semua itu salah, malah dengan mengkonsumsi jus kubis dapat menyembuhkan gejala maag. Dalam sebuah studi klinis membuktikan bahwa seseorang yang rutin mengkonsumsi satu gelas jus kubis setiap hari selama 10 hari, penyakit yang mereka derita dapat sembuh.

Kubis memiliki asam amino glutamine yang memberi nutrisi pada lambung dan usus halus, sehingga gejala maag dapat hilang. Suasana lambung yang basa juga berperan dalam penyembuhan maag.

16. MENCEGAH KENAIKAN GULA DARAH
Penelitian menyebutkan bahwa kandungan sulfur, memiliki aktivitas serupa dengan insulin. Unsur ini mampu memperpanjang jalur penyerapan dektrosa atau bahkan menghambat asupan gula oleh tubuh yang dapat menyebabkan kenaikan gula darah.

17. MENJAGA KESEHATAN JANTUNG
Seseorang yang rajin mengkonsumsi kubis memiliki kadar kolesterol dalam plasma lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya. Seperti yang semua kita tahu, bahwa kolesterol tinggi adalah penyebab utama dari jantung koroner.

EFEK NEGATIF MENGKONSUMSI KUBIS

1. MENYEBABKAN PERUT KEMBUNG
Dengan terlalu banyak mengkonsumsi kubis dapat menyebabkan perut menjadi kembung, mungkin Anda dapat mengkonsumsi kubis tidak secara berlebihan.

2. MENURUNKAN PRODUKSI HORMON PERTUMBUHAN
Bagi orang yang rawan gondok sebaiknya jangan mengkonsumsi kubis terlalu banyak. Untuk menghindari efek buruk penurunan produksi hormon pertumbuhan tersebut, jangan memberikan sayuran kubis ini pada anak – anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang. Hormon pertumbuhan ini hanya diproduksi oleh kelenjer tiroid.
Demikianlah segudang manfaat dari kubis dengan lengkap telah dijelaskan beserta efek negatifnya bagi tubuh dan kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda.

Sumber : Agro Media

0 komentar

Post a Comment