15 DAFTAR MAKANAN MENGANDUNG KOLESTEROL TINGGI YANG HARUS ANDA HINDARIKolesterol merupakan metabolit yang mengandung lemak sterol yang disirkulasikan dalam plasma darah. Kolesterol terbagi menjadi dua yaitu kolesterol baik ( HDL ) dan kolesterol jahat ( LDL ). Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160 mg – 200 mg. Jika melebihi dari angka tersebut berarti telah termasuk kolesterol tinggi. Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat memicu penyakit berbahaya, seperti stroke dan serangan jantung.

Gaya hidup kebanyakan orang jaman sekarang yang salah dapat memicu berbagai penyakit berbahaya, salah satunya adalah kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi dapat terjadi karena kegemukan, tapi tidak menutup kemungkinan orang yang badannya kurus juga terkena kolesterol. Makanan cepat saji, lemak trans, santan dan makanan yang digoreng dapat menyumbang kolesterol tinggi dalam darah.

Untuk Anda yang beresiko terkena kolestrol tinggi, harus mewaspadai makanan daftar makanan dibawah ini, sebenarnya masih banyak lagi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, dibawah ini adalah diantaranya ;
  
15 DAFTAR MAKANAN MENGANDUNG KOLESTEROL TINGGI YANG HARUS ANDA HINDARI


1.  DAGING UNGGAS
daging unggas seperti ayam mengandung kolesterol yang cukup tinggi, terutama daging ayam yang pertumbuhannya tergantung dari obat. Pemberian obat dimaksud agar ayam tersebut dapat tumbuh besar dngan cepat, namun ini tidak saja mengandung kolesterol tinggi tapi berbahaya bagi kesehatan jangka panjang.

2.     SANTAN
Santan yang dimasak lama sehingga mengeluarkan minyak, sangat tinggi kandungan kolesterolnya. Bagi yang hobi makan makanan yang menggunakan santan seperti gulai, rendang untuk membatasi konsumsinya agar tidak terjadi kenaikan kadar kolesterol bagi Anda yang menderita kolesterol tinggi.

3.     PIZZA
Pizza salah satu makanan cepat sajik yang mengandung kolesterol tinggi yang harus dihindari bagi Anda penderita kolesterol.

4.     ES KRIM
Es krim sangat enak dinikmati, tapi es krim merupakan penyumbang kolesterol yang cukup tinggi, sebaiknya membatasi konsumsi es krim jika masih ingin menikmatinya.

5.     KEJU
5. keju mengandung kalsium dan protein yang sangat baik bagi tubuh, namun hati – hati bagi Anda yang menderita kolesterol tinggi. Kandungan kolesterolnya adalah 123 mg/100 gram

6.     MAKANAN CEPAT SAJI
Makanan cepat saji sudah pasti mengandung kolesterol tinggi karena biasanya menambahkan keju atau mayonaise yang sangat tinggi kandungan lemaknya, terutama lemak jahat. Kandungan kolesterolnya yaitu sekitar 172 mg/ 100 gram

7.     GORENGAN
Gorengan yang dijual di tepi – tepi jalan, sangat diragukan kualitas bahan maupun minyak yang digunakan. Bisa saja minyak yang digunakan telah berkali – kali. Hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan Anda, saat ini maupun jangka panjang. Namun yang sudah pasti, minyak goreng yang telah digunakan berkali – kali akan menyebabkan makanan atau gorengan tersebut mengandung kolesterol tinggi.

8.     OTAK SAPI
Otak sapi selain mengandung gizi yang tinggi, kandungan kolesterolnya juga tinggi. Sebaiknya dihindari bagi Anda yang memiliki penyakit kolesterol tinggi, kandungan kolesterolnya sekitar  2500 mg/ 100 gram. Angka yang sangat tinggi.

9.     KUNING TELUR
Kuning telur  mengandung kolesterol yang sangat tinggi yaitu sekitar 1200/ 100 gram. Bagi Anda yang menderita kolesterol sebaiknya menghindari untuk mengkonsumsi kuning telur. Jika masih ingin mengkonsumsi telur, ambil yang bagian putihnya saja. Tapi Anda harus berhati – hati juga dengan makanan yang mengandung banyak telur seperti martabak telur, martabak mesir, roti maupun kue yang dibuat dengan menambahkan banyak telur.

10.   HATI DARI DAGING
Hati dari daging sapi, kerbau maupun kambing mengandung kolesterol  yang cukup tinggi yaitu 564mg/ 100 gram.

11.   BUTTER
Butter memang jarang sekali dimakan langsung, namun butter banyak sekali terdapat pada makanan seperti cake, kue dan biskuit, kandungan kolesterolnya lumayan tinggi yaitu sekitar 215 mg/ 100 gram

12.   UDANG
Udang termasuk makanan laut yang mengandung kolesterol tinggi yaitu sekitar 195 mg/ 100gram, jika Anda terlalu banyak mengkonsumsinya maka kolesterol Anda akan melonjak naik.

13.   KERANG
Kerang merupakan makanan laut yang sangat nikmat, apalagi jika di sup, dibuat sate maupun ditumis. Kadang tanpa sadar kita telah mengkonsumsi kerang dalam jumlah yang berlebihan. Hal itu dapat memacu kenaikan kadar kolesterol dengan begitu cepat, kandungan kolesterolnya per 100 gram adalah 105 mg.

14.   MINYAK IKAN
Minyak ikan, katanya sangat baik dikonsumsi. Namun ternyata dapat menyumbang kenaikan kolesteol dalam darah sekitar  142 mg/100 gram.

15.   SNACK
Snack merupakan makanan ringan yang banyak sekali disajikan dengan digoreng, ditambahkan bumbu – bumbu yang banyak sehingga membuat orang ketagihan untuk menikmatinya. Tapi tahukah Anda..? ternyata snack yang biasa Anda konsumsi banyak mengandung lemak trans yang tanpa Anda sadari dapat memicu kenaikan kolesterol dalam darah dengan cepat.

Demikianlah daftar makanan yang harus Anda hindari atau kurangi yang dapat menyebabkan kadar kolesterol dalam darah Anda tinggi.

Sumber : http://Grosiramazonplus.com/ wikipedia

0 komentar

Post a Comment