Tahukah Anda..? Ternyata Petai Merupakan Tanaman Herbal Untuk Atasi Berbagai Macam Penyakit ! – Petai dalam bahasa latinnya disebut Parkia speciosa L dari keluarga Leguminosae. Petai biasanya dinikmati mentah, direbus dan dibuat sambal. Walaupun baunya yang tidak begitu sedap, namun petai ini banyak disukai oleh sebagian orang. Ada yang mengatakan dengan mengkonsumsi petai dapat menambah selera makan, apakah hanya itu saja..? Adakah manfaat mengkonsumsi petai untuk kesehatan tubuh kita..? Berikut ini penjelasan dari Para Ahli :

petai merupakan herbal alami untuk atasi berbagai macam penyakit


1. SUMBER ENERGI
Ternyata makan petai dapat menyumbangkan energi yang cukup besar bagi tubuh karena petai memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Kalori tersebut didapatkan dari kandungan gula yang terdapat didalam. Itulah sebabnya jika tubuh Anda sedang lelah, lalu mengkonsumsi petai maka Anda akan bertenaga kembali.

2. MELANCARKAN PENCERNAAN
Dengan kandungan gulanya yang tinggi, tidak berarti penderita diabetes harus menghindarinya. Dengan mengkonsumsi petai dalam batas dan jumlah yang wajar tidak akan membuat gula darah Anda akan naik. Selain itu petai mengandung vitamin B6 yang cukup besar yang sangat berperan dalam melancarkan pencernaan makanan dengan membentuk asam hidroklorat.

Dengan pencernaan yang lancar sehingga gula yang diserap tubuh tidak terlalu besar. Otomatis gula darah Anda tidak serta merta naik dengan mengkonsumsi petai.

3. TINGGI VITAMIN C
Ternyata petai juga tinggi kandungan vitamin C sama seperti buah – buahan lainnya. Tubuh sangat membutuhkan asupan vitamin C yang sering kali tidak terpenuhi dari makanan karena berbagai hal. Misalnya pengolahan makanan yang salah mengakibatkan vitamin C hilang pada makanan tersebut atau dengan kondisi setelah sembuh dari penyakit tertentu.

4. SUMBER MINERAL FOSFOR
Sebenarnya petai mengandung banyak mineral, namun mineral yang jumlahnya cukup besar adalah fosfor, zat besi dan kalium. Fosfor merupakan unsur makro penting yang harus tersedia bagi tubuh karena bertugas menyusun DNA dan RNA

5. TINGGI KANDUNGAN ZAT BESI
Bagi yang menderita darah rendah, jangan langsung minum obat penambah darah. Cobalah makan makanan yang kaya zat besi seperti petai. Dengan mengkonsumsi petai maka jumlah zat besi akan meningkat. Zat besi diperlukan tubuh untuk menyusun butir darah merah.

6. PEMBERSIH DARAH ALAMI
Pembersih darah pada petai didapatkan dari kandungan vitamin K yang terdapat di dalamnya. Dengan darah yang bersih maka kesehatan organ pernafasan akan terjaga. Bagi pendertia atheroklerosis dan jantung koroner yang takut terjadi stroke maka perbanyaklah mengkonsumsi petai yang tinggi kandungan vitamin K.

7. MENGATASI MUAL DAN MABUK
Mungkin bagi sebagian orang yang tidak menyukai aroma petai akan mual ketika mencium oramanya, namun sebaliknya dengan mengkonsumsi petai bagi yang tengah merasa mual akan lenyap rasa mualnya.

Hal ini karena penurunan temperatur suhu tubuh akibat peningkatan kadar gula darah, selain itu petai juga mengandung senyawa yang memiliki efek sebagai antacid sehingga suasana lambung akan menjadi basa.

8. MENGATASI BAD MOOD
Petai mengandung asam amino  tryptophan yang akan memacu suasana hati akan menjadi nyaman. Perubahan suasana hati sangat diperlukan bagi penderita tekanan darah tinggi, jantung koronerd dan wanita yang sedang mengalami PMS. Untuk memperoleh manfaatnya tersebut maka konsumsilah petai.

9. PETAI HERBAL UNTUK BERBAGAI MACAM PENYAKIT
Dalam traditional chinese medicine ( TCM ), petai digunakan sebagai herbal yang dapat menyembuhkan gangguan lever, eudema, radang ginjal, diabetes melitus dan peluruh cacing.
Herbal petai bersifat dingin , sehingga aman dikonsumsi bagi orang yang menderita gangguan lambung. Bagi penderita maag, konsumsilah petai  karena petai akan membuat suasana lambung  yang asam akan menjadi netral atau alkali. Dengan begitu rasanya nyeri Anda akan hilang.


1. ADRENALIN MENINGKAT
Kandungan asam amino yang terdapat pada petai mampu mempengaruhi aktivitas hormon di otak. Makan petai akan meningkatkan kadar serotin di otak, sehingga muncul euforia yang baik, selain itu akan meningkatkan hormon adrenalin.
Adrenalin merupakan hormon yang terdapat diotak yang mengatur otak mengendalikan motorik tubuh. Pada orang – orang tertentu yang memiliki kadar hormon adrenalin  yang tinggi akan menjadi sangat aktif. Bagi anak – anak yang hiperaktif, jangan diberikan petai.

2. MENINGKATKAN KADAR GULA DARAH
Petai mengandung gula yang cukup tinggi, jika dimakan bersama makanan yang mengandung gula tinggi seperti nasi maka kadar gula dalam darah akan cepat naik. Ini sangat tidak baik bagi penderita diabetes mellitus. Jika ingin mengkonsumsi petai juga, jangan terlalu banyak dan membatasi jumlah konsumsi karbohidrat.

KANDUNGAN NUTRISI DALAM 100 GRAM PETAI

KOMPONEN GIZI
JUMLAH
Energi
Air
Protein
Karbohidrat
Lemak Total
Fosfor
Kalsium
Kalium
Zat besi
Vitamin A
Vitamin B1
Vitamin C
142 kcal
60,5 g
10,4 g
22,0 g
2,0 g
115 g
95 mg
140 mg
1,2 mg
200 IU
0,17 mg
36 mg

Sumber : Ministry of Agricultural – Malaysia ( 2002 )
Sumber : AgroMedia

0 komentar

Post a Comment