KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT JANTUNG PISANG BAGI KESEHATAN SERTA EFEK SAMPINGNYA – Sebagian dari Anda mungkin ada yang tidak tahu bahwa jantung pisang dapat dijadikan sayur. Biasanya orang mengolah jantung pisang dikampung – kampung yang banyak terdapat tanaman pisang. Jantung pisang diolah menjadi sayur putih yang dimasak dengan santan. Jika tidak diolah, pasti jantung pisang dibuang begitu saja. Tapi tahukah Anda, sayur jantung pisang memiliki sejumlah kandungan gizi dan manfaat bagi kesehatan, apa sajakah manfaat dan kandungan gizinya, berikut penjelasannya :

KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT JANTUNG PISANG BAGI KESEHATAN SERTA EFEK SAMPINGNYA



1. MENJAGA PENCERNAAN

Sayur jantung pisang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Bagi penderita hiperglikemia yang sering mengalami sembelit dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan seratnya, seperti jantung pisang.

2. SUMBER MINERAL PENTING

Kandungan mineral yang terdapat pada jantung pisang adalah fosfor, kalsium, dan kalium. Ketiga mineral tersebut sangat diperlukan untuk pembentukan tulang secara normal. Sedangkan untuk meningkatkan kandungan protein pada sayur jantung pisang, Anda dapat menambahkan santan. Selain meningkatkan kadar protein, jantung pisang yang diolah menjadi sayur akan terasa lebih gurih.

3. SEBAGAI PEMBERSIH DARAH

Sudah sejak lama sayur jantung pisang dijadikan sebagai pembersih darah. Beberapa herbalis dan ahli pengobatan tradisional menyatakan bahwa jantung pisang merupakan pembersih darah yang baik. Penyakit yang dapat diobati adalah yang berhubungan dengan darah kotor dan gatal – gatal pada kulit.

Secara kimiawi jantung pisang banyak mengandung kalium. Dalam beberapa studi menyatakan bahwa kalium mempunyai kemampuan untuk mengencerkan darah dan membuang darah kotor. Dalam farmasi modren kalium digunakan dalam pembuatan obat penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi.

EFEK SAMPING JANTUNG PISANG BAGI KESEHATAN

1. MEMICU ASAM URAT

Jantung pisang mengandung purin yang tinggi, purin adalah (protein pada inti sel ) semua bahan makanan hewani dan nabati yang dapat memicu kenaikan kadar asam urat dalam darah dan menyebabkan penyakit asam urat (gout ).

2. MEMICU BUANG ANGIN

Dengan mengkonsumsi sayur jantung pisang, Anda akan terus buang angin. Namun hal ini tidak berbahaya, hanya mungkin jika Anda sedang berada ditempat keramaian akan membuat tidak nyaman.

Demikianlah kandungan gizi dan manfaat sayur jantung pisang bagi kesehatan serta efek sampingnya. Semoga artikel ini bermanfaat buat Anda.

Sumber : AgroMedia

0 komentar

Post a Comment