Hati – Hati Keracunan Sianida Akibat Rebung ! Namun, Adakah Manfaat dari Rebung ? – Tunas bambu yang baru tumbuh disebut juga dengan rebung. Tidak semua jenis bambu yang dapat dimakan tunasnya, beberapa jenis ada yang memiliki rasa yang pahit. Rebung yang biasanya dikonsumsi berasal dari bambu betung atau jenis bambu besar. Biasanya rebung diolah bersama campuran gulai tunjang atau gulai kapau.

Namun, adakah manfaat dari mengkonsumsi rebung bagi kesehatan ? berikut penjelasannya di bawah ini :

Hati – Hati Keracunan Sianida Akibat Rebung ! Namun, Adakah Manfaat dari Rebung ?


1. Menu Diet Rendah Kalori

Rebung tergolong sayuran rendah energi, sayuran ini hanya menyumbang kalori sebesar 20 gram/ 100 gram. Komponen terbanyaknya adalah air yaitu 68,7 gram/100 gram. Semakin muda rebung semakin tinggi kandungan airnya, itu artinya kalorinya semakin sedikit. Namun sayuran ini cukup mengandung serat, yang sangat cocok bagi mereka yang sedang menjalani diet rendah kalori.

2. Sumber Mineral Yang Seimbang

Walaupun rendah kalori, rebung mengandung sejumlah mineral penting yaitu kalsium, fosfor, dan kalium. Mineral ini sangat diperlukan dalam penyusunan tulang. Kalsium juga diperlukan untuk mengatur kontraksi otot dan mengatur konduksi saraf. Jika tangan dan kaki Anda sering mengalami kram, kemungkinan besar Anda kekurangan kalsium.

3. Mencegah Peningkatan Tekanan Darah

Kadar kalium pada rebung termasuk tinggi dari pada jenis sayuran lainnya. Kadar kaliumnya yaitu sebesar 402 mg/ 100 gram. Kalium sangat diperlukan untuk membuang sejumlah garam yang ada pada tubuh agar tekanan darah tidak cepat meningkat.

4. Pembersih Darah Yang Ampuh

Kalium dalam rebung juga berfungsi untuk membersihkan darah, dengan darah yang bersih maka aliran oksigen akan lancar. Ini sangat diperlukan bagi mereka yang sering mengalami sesak nafas.


1. Menyebabkan Keracunan Sianida

Rebung yang telah direbus sering kali rasanya pahit, oleh karena itu jika Anda merasakan rebung tersebut pahit, jangan dimakan lagi karena itu sangat berbahaya bagi kesehatan. Rasa pahit yang terdapat pada rebung merupakan akibat racun yang bernama sianida. Mungkin jika Anda mengkonsumsi dalam jumlah sedikit tidak berbahaya, tapi jika Anda mengkonsumsi dalam jumlah banyak akan sangat mengganggu kesehatan.

Keracunan sianida dapat menyebabkan mual, sakit kepala, gatal dan penyempitan kerongkongan. Pada individu tertentu yang peka terhadap sianida dapat menyebabkan kematian.

Sebaiknya kulit yang keras dibuang sebelum merebus, hingga yang tersisa bagian dalam yang lunak berwarna putih, kemudian rebus rebung tersebut dengan air mendidih yang dicampur garam.

2. Meningkatkan Kadar Asam Urat

Rebung mengandung purin yang tinggi, bagi Anda yang menderita asam urat sebaiknya menghindari makanan ini.

3. Menyebabkan Sulit Buang Angin

Bagi Anda yang sering mengalami perut kembung, sebaiknya jangan mengkonsumsi sayuran ini, karena dapat memperburuk keadaan. Anda akan merasa kesulitan untuk buang angin.

Sumber : AgroMedia

0 komentar

Post a Comment