5 Ide Usaha Sampingan, Modal Relatif Kecil Dengan Keuntungan Yang Menggiurkan Cocok Bagi Siapa Saja – Peluang usaha yang akan saya bagikan ini sangat cocok bagi Anda seorang karyawan yang ingin memiliki gaji tambahan, ibu rumah tangga, mahasiswa maupun bagi Anda yang sedang menganggur. Pekerjaan ini tidak akan mengganggu pekerjaan tetap Anda, namun bagi Anda yang menganggur tentu saja Anda dapat memberikan semua waktu Anda pada pekerjaan ini. 

Bagi Anda yang memiliki pekerjaan tetap sebagai karyawan, mungkin Anda dapat menjalankan pekerjaan ini setelah pulang dari pekerjaan Anda. Mungkin yang bekerja setengah hari, dapat memanfaatkan setengah harinya lagi untuk menjalankan pekerjaan sampingan ini. Tentu hasil yang didapat berbeda dari Anda yang menjalankan pekerjaan full time. Namun jika, Anda merasa keuntungan yang Anda peroleh telah melebihi dari gaji Anda sebagai karyawan tetap, tentu saja Anda dapat lebih fokus menjalankan pekerjaan sampingan Anda.

Kemungkinan itu selalu ada, asalkan Anda mau berusaha. Namun memang, pada awal – awal banyak sekali rintangan dan hambatan yang harus Anda hadapi. Keuntungan tidak serta merta Anda dapatkan dalam semalam. Perlu kerja keras dan usaha yang maksimal agar pekerjaan Anda dapat berjalan lancar dengan hasil yang memuaskan. 

Dan satu hal lagi, jika ditengah perjalanan apa yang Anda harapkan tidak juga berhasil, jangan mudah menyerah. Itu merupakan fase yang harus Anda lewati untuk menuju kesuksesan Anda. Karena sangat disayangkan usaha yang telah Anda lakukan dari awal harus berhenti ditengah jalan. Fokuslah terus pada tujuan Anda, agar apapun halangan dan rintangan itu dapat Anda singkirkan dengan mudah.

Dibawah ini ada beberapa ide untuk Anda memulai pekerjaan sampingan dengan modal relatif kecil serta keuntungan yang menjanjikan, yang sangat cocok dijalankan oleh siapa saja.

1. MEMBUAT BLOG/ WEBSITE


Sudah tidak diragukan lagi saat ini telah banyak Blogger di seluruh Indonesia dan Dunia memperoleh penghasilan dari pekerjaannya sebagai seorang blogger. Apakah itu blog yang hanya berisi informasi atau berita, blog toko online yang menjual produknya maupun jasa penulis blog.  Untuk Anda yang ingin memulai pekerjaan sampingan sebagai Blogger, hanya butuh modal laptop dan kuota internet, gampang sekali bukan..? waktu untuk update artikel dapat saja Anda lakukan setelah pekerjaan kantor Anda selesai, jam istirahat dan waktu luang. Untuk menulis artikel dapat Anda lakukan melalui smartphone Anda dengan mendownload aplikasi Blogger. Jadi kapanpun dan dimanapun, Anda masih bisa menulis artikel.

Namun, dalam membuat blog, tidak hanya sekedar mendaftar setelah itu menulis artikel. Banyak PR lagi yang harus Anda selesaikan agar artikel tersebut sampai kepada pembaca. Apalagi jika Anda masih pemula, contohnya seperti saya, masih banyak belajar lagi agar artikel saya dapat muncul dihalaman pertama pencarian google.Jika seorang profesional blogger, hal ini pasti sangat mudah untuk menampilkan artikel mereka dihalaman pertama pencarian google.

Secara singkatnya, setelah kita memiliki blog yang harus kita lakukan adalah :

  1. Kita perlu menentukan kata kunci yang tepat untuk judul artikel yang akan kita publish
  2. Submit blog/ website ke berbagai mesin pencari
  3. selalu update informasi dan berita setiap hari jika bisa secara rutin
  4. tentukan jumlah kata dalam setiap artikel, semakin panjang maka akan semakin lebih baik, menurut Master/ Profesional Blogger ini menentukan artikel kita untuk muncul di halaman pertama pencarian google.
  5. Template yang digunakan harus seo friendly dan mobile friendly serta loadingnya cepat.
  6. Telah memiliki pengunjung tetap.
  7. Telah memiliki kelengkapan halaman artikel.

Untuk lebih jelasnya Anda dapat mempelajari cara membuat blog bagi pemula yang saya peroleh dari tutornya Master/ Pro Blogger di Belajar Blog.

Setelah semua hal diatas telah terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah memonetisasi blog Anda untuk memperoleh penghasilan. Yaitu dengan memasang kode iklan adsense pada artikel Anda. 
Bagaimana Anda memperoleh penghasilan dari google adsense adalah setelah Anda memperoleh akun adsense, Anda dapat memasang kode iklan adsense pada blog/ website Anda. Setiap ada yang mengklik iklan yang terpasang pada blog Anda, dari situlah Anda akan memperoleh penghasilan.

Namun untuk pertama kali Anda tentu harus bersabar, apalagi jika pengunjung blog/ website Anda masih sedikit. Google adsense memiliki ketentuan batas pembayaran yang akan ditransfer ke rekening Anda. Jika masih belum cukup dari batas yang ditentukan setiap bulannya maka akan digabungkan kebulan berikutnya.

Itulah kerja sampingan yang dapat dilakukan siapa saja, yang tidak menghabiskan seluruh waktu Anda untuk melakukannya. Selamat mencoba.

2. MEMBUKA USAHA PANGKAS RAMBUT

5 Ide Usaha Sampingan, Modal Relatif Kecil Dengan Keuntungan Yang Menggiurkan Cocok Bagi Siapa Saja

Didaerah perkotaan yang padat penduduknya, ini merupakan peluang bagi Anda untuk membuka jasa pangkas rambut. Apalagi lokasinya tidak jauh dari perkantoran dan mall yang otomatis banyak karyawan laki - lakinya. Pasti mereka membutuhkan jasa tukang pangkas rambut, untuk memotong rambut mereka. Paling tidak sekali dua minggu mereka memangkas rambutnya yang terlihat panjang.

Biasanya, akhir minggu semua pangkas rambut akan dipenuhi orang yang antri ingin memotong rambut mereka.  untuk Anda yang ingin membuka usaha sebagai tukang pangkas rambut, hal – hal yang harus Anda persiapkan adalah :

  1. Modal yang tidak terlalu besar. Untuk sewa tempat dan membeli alat – alat yang dibutuhkan.
  2. Tempat, carilah tempat yang padat penduduknya, dekat perkantoran dan mall. Untuk ukuran ruangan tidak usah terlalu besar, jika Anda masih baru memulai pekerjaan sampingan ini.
  3. Alat – alat yang dibutuhkan seperti gunting, sisir dan kursi tempat duduk serta kelengkapan lainnya seperti bedak, kain penutup badan agar tidak terkena potongan rambut dan kaca.

Dan jika saat ini Anda masih sebagai karyawan tetap, Anda dapat melakukan pekerjaan ini setelah Anda pulang kerja atau pada hari libur. Setelah pekerjaan sampingan ini berjalan sukses dan lancar, bisa saja Anda berhenti menjadi karyawan tetap dan fokus pada pekerjaan sampingan Anda. Bahkan mungkin Anda dapat membuka cabang dimana – mana. Selamat mencoba, semoga sukses.

3. MEMBUKA BENGKEL SEPEDA MOTOR

5 Ide Usaha Sampingan, Modal Relatif Kecil Dengan Keuntungan Yang Menggiurkan Cocok Bagi Siapa Saja

Kian hari pengguna sepeda motor kian meningkat, jalanan dipenuhi sepeda motor pada jam masuk dan jam pulang kerja. Dengan makin banyaknya pengguna sepeda motor, tentu saja mereka juga membutuhkan tukang servis sepeda motor, atau hanya sekedar ganti oli, tambal ban, tambah angin dan hanya sekedar memasang aksesoris yang tidak dapat dilakukan oleh mereka sendiri.

Memang benar, bengkel sepeda motor telah banyak, namun lebih banyak lagi penggunanya kan..? ini juga dapat menjadi peluang bagi Anda yang sedikit memiliki keahlian dibidang perbaikan sepeda motor. Atau mungkin selama ini Anda bekerja sebagai karyawan pada sebuah Bengkel Perusahaan besar. Di sela waktu Anda dirumah, Anda dapat membuka bengkel kecil – kecilan yang tidak banyak makan tempat dan ruangan. Dan yang terpenting lagi, dengan modal yang minim tapi jika sukses dapat saja bengkel Anda berkembang pesat menjadi bengkel yang besar.

Untuk Anda yang ingin memulai pekerjaan sampingan dengan membuka bengkel sepeda motor didekat tempat tinggal Anda, berikut hal – hal yang harus Anda persiapkan :

  1. Modal untuk membeli spare part dan alat – alat lainnya. Tidak usah menstock terlalu banyak, mungkin cukup satu atau dua untuk spare part. Spare partnya dapat Anda peroleh di toko – toko tempat menjual spare part resmi di kota Anda.
  2. Untuk ukuran tempat juga tidak usah terlalu besar, mungkin jika disekitar tempat tinggal Anda masih tersisa sedikit tanah, dapat Anda buat bengkel kecil – kecilan dengan semi permanen atau kayu juga cukup.
  3. Rak bertingkat untuk memanjang spare part atau aksesoris lainnya.

Hal yang terpenting lagi dari semua itu adalah Anda memiliki keahlian dalam memperbaiki sepeda motor agar pelanggan Anda puas dengan hasil kerja Anda. Jika mereka puas dengan hasil kerja Anda, otomatis mereka akan terus berlangganan untuk memperbaiki sepeda motornya kepada Anda. Selamat mencoba.

4. MEMBUKA JASA CUCI SEPEDA MOTOR DAN KARPET

5 Ide Usaha Sampingan, Modal Relatif Kecil Dengan Keuntungan Yang Menggiurkan Cocok Bagi Siapa Saja

Seperti diatas tadi telah dijelaskan bahwa semakin banyaknya pengguna sepeda motor akhir – akhir ini, merupakan salah satu peluang bagi Anda untuk membuka usaha jasa cuci sepeda motor, sekaligus karpet. Mungkin jika Anda hanya memiliki modal dan ukuran tempat yang tidak terlalu besar, Anda hanya bisa membuka usaha cuci sepeda motor dan karpet. Tapi nanti jika Anda telah mempunyai modal yang besar, dapat saja Anda menambah sebagai jasa pencuci mobil dengan lokasi dan tempat yang lebih besar juga.

Sebagai seorang karyawan tetap yang memiliki pekerjaan dan ingin membuka usahan sebagai sampingan menambah pundi – pundi rupiah kekantong Anda terutama dalam jasa mencuci sepeda motor dan karpet. Apa sajakah yang perlu Anda persiapkan, berikut penjelasannya di bawah ini :

1) Modal untuk sewa tempat, membeli peralatan dan gaji karyawan
2) Fasilitas listrik dan air yang memadai, sabun dan kain lap.
3) Tempat duduk untuk orang yang menunggu sepeda motornya di cuci.
4) Tempat jemuran karpet

Mungkin itu saja hal terpenting yang perlu Anda persiapkan jika ingin memulai usaha sebagai jasa tukang cuci sepeda motor atau karpet, hal lainnya dapat menyusul dikemudian hari. Selamat mencoba usaha Anda, semoga berhasil.

5. MENJADI SEORANG MAKELAR

5 Ide Usaha Sampingan, Modal Relatif Kecil Dengan Keuntungan Yang Menggiurkan Cocok Bagi Siapa Saja

Menjadi makelar merupakan pekerjaan yang sangat menggiurkan, pekerjaan ini boleh dibilang tanpa modal sama sekali. Dan ini juga tidak mengganggu pekerjaan Anda sebagai karyawan tetap, tidak menyita waktu dan tidak membutuhkan tempat.

Namun, Anda harus mampu menangkap peluang dari orang – orang yang ingin menjual barang – barang kepunyaan mereka seperti rumah, tanah atau mobil dan motor milik mereka. dari sana Anda akan mencari konsumen yang mau membeli barang – barang, rumah maupun mobil dan motor  milik teman Anda tersebut dengan harga jual dan keuntungan yang telah Anda sepakati.

Selain itu, Anda juga harus memiliki kemampuan dalam bernegosiasi, serta memiliki kesabaran dan keuletan yang ekstra, memiliki teman dan relasi yang banyak.

Dengan semakin canggihnya teknologi saat ini, Anda dapat memanfaatkan akun media sosial milik Anda untuk mempromosikan barang maupun properti yang akan Anda jual. Peluang untuk memperoleh konsumen akan semakin besar pula.

Demikianlah 5 ide usaha atau pekerjaan sampingan yang dapat Anda lakukan jika Anda seorang karyawan, ibu rumah tangga, mahasiswa dan terlebih lagi pengangguran. Semua pekerjaan tersebut membutuhkan kesabaran, keuletan dan rela berkorban agar dapat memperoleh hasil seperti yang Anda inginkan. Selamat mencoba dan semoga sukses.

0 komentar

Post a Comment