13 Rahasia Agar Berat Badan Turun Dengan Cepat Secara Alami - Apakah Anda merasa memiliki berat badan berlebih? Jika iya, Anda tidak usah khawatir, karena ini merupakan salah satu masalah yang sangat umum sekarang ini terjadi. Mengingat banyak orang memiliki perubahan gaya hidup yang lebih cenderung modern. Semua hal serba mudah dan praktis, termasuk dalam soal makanan. Karena itulah banyak orang yang mengalami masalah penyakit berhubungan dengan kelebihan berat badan. Kesadaran untuk melindungi tubuh dari beberapa penyakit kritis seperti serangan jantung, stroke, diabetes, darah tinggi dan jenis penyakit berbahaya lainnya yang semakin tinggi. Untuk itu, pasti Anda akan browsing kesana kemari mencari informasi untuk mengatasi keluhan Anda terkait dengan tips menurunkan berat badan secara alami, karena dengan melakukan cara alami Anda akan terhindar dari efek samping di kemudian hari. Berikut adalah  cara menurunkan berat badan secara alami, yaitu :



1.  Pilih Jenis Makanan Mengandung Karbohidrat Rendah

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan yang paling sering dilakukan adalah mengurangi konsumsi karbohidrat. Karbohidrat menyumbang jumlah kalori yang sangat tinggi dan bisa menyebabkan kenaikan berat badan dengan cepat. Selain itu karbohidrat sulit dibakar dalam tubuh sehingga cenderung menjadi zat yang menumpuk dalam tubuh. Jika Anda mencoba untuk mengurangi konsumsi karbohidrat dan lebih memilih jenis karbohidrat yang lembut maka bisa membuat kebutuhan untuk makan menjadi lebih sedikit. Karbohidrat tinggi berarti ada banyak pati dan gula yang masuk ke tubuh. Gula dan pati akan membuat Anda merasa lebih lapar. Diet rendah karbohidrat akan membuat tubuh membutuhkan makanan lebih sedikit dan membuat pembakaran dalam tubuh menjadi lebih cepat. Keuntungan diet ini juga bisa membuat tubuh Anda terhindar dari penyakit diabetes tipe 2.

2.  Makan Buah Saat Tidak Terlalu Lapar

Kebiasaan makan hanya ketika lapar akan membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Hal ini menyebabkan tubuh Anda menerima makanan secara teratur dan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Disisi lain kebiasaan hanya makan ketika lapar akan membantu Anda mengurangi camilan dan keinginan makan berlebihan. Kebiasaan ini akan lebih bagus jika Anda juga memilih jenis makanan seperti protein, sayuran dan buah-buahan. Anda bisa makan buah untuk mencoba menenangkan perut.

3.  Jangan Makan Buah dengan Gula

Apakah Anda terbiasa minum jus dengan tambahan gula? Banyak orang menganggap  bahwa minum jus buah sangat menyehatkan. Namun jika buah dimakan bersama dengan gula maka kandungan gula dalam minuman tersebut akan menjadi semakin tinggi. Gula yang ditambahkan dalam  jus buah akan menambah kandungan gula alami dalam buah. Bahkan hal ini bisa membuat tubuh memiliki asupan gula yang sangat tinggi. Ketika tubuh Anda memiliki banyak gula maka bisa menyebabkan pembakaran lemak dalam tubuh menjadi lebih lambat. Kebiasaan ini akan sulit membantu menurunkan berat badan. Lebih baik makan buah berserat secara alami tanpa tambahan gula.

13 Rahasia Agar Berat Badan Turun Dengan Cepat Secara Alami

4.  Jalan Kaki 15 Menit Setiap Hari

Setelah Anda menjalankan berbagai program maka jangan lupa untuk berjalan kaki selama 15 menit setiap hari. Jalan kaki memang terlihat sebagai salah satu olahraga yang sangat ringan. Bahkan banyak orang yang menyepelakan jalan kaki dan tidak mau melakukannya. Namun sebenarnya ketika Anda berjalan kaki maka ada banyak kalori yang bisa terbakar. Jalan kaki akan menggerakkan berbagai organ tubuh. Kemudian jalan kaki akan mendorong keseimbangan gerakan yang bisa mendorong proses pembakaran lemak dalam tubuh. Anda bisa mencoba untuk berjalan kaki selama 15 menit setiap hari.

5.  Hindari Makanan Cepat Saji

Cara menurunkan berat badan secara alami yang juga bisa anda coba, yaitu dengan menghindari makanan cepat saji. Makanan cepat saji memang terlihat enak dan Anda tidak perlu repot untuk memasak. Namun biasanya makanan cepat saji banyak mengandung minyak, lemak dan karbohidrat padat. Minyak sawit yang digunakan untuk memasak membuat kandungan lemak jenuh dalam makanan cepat saji semakin tinggi. Lebih baik jika Anda mencoba untuk memasak sendiri dan mengurangi konsumsi makanan yang sudah siap saji

6.  Konsumsi Lebih Banyak Serat

Mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung serat tinggi akan membantu tubuh Anda menjadi lebih sehat. Sayuran dan buah-buah yang mengandung serat tinggi akan membantu mengurangi lemak dalam tubuh. Serat dibutuhkan oleh tubuh untuk mendorong gerakan peristaltik usus menjadi lebih baik. Bahkan tumpukan sari makanan di usus besar akan lebih cepat keluar. Serat juga bisa membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh secara alami. Beberapa jenis makanan yang mengandung serat tinggi seperti kacang-kacangan, biji-bijian, wortel, jagung manis, bayam, brokoli, kembang kol, tomat, stroberi, raspberi, anggur, alpukat, dan jenis makanan yang lain.

7.  Makan dengan Porsi yang Lebih Kecil

Jika Anda terbiasa makan dalam jumlah yang besar dalam sekali waktu, maka Anda bisa mencoba untuk mengurangi mulai saat ini. Anda bisa mencoba untuk makan dalam porsi yang lebih kecil. Mengkonsumsi makanan dalam porsi yang lebih kecil akan membantu tubuh Anda menerima makanan dengan jumlah yang lebih kecil juga. Anda bisa meletakkan setiap makanan dalam satu piring namun dalam jumlah yang lebih sedikit dari kebiasaan Anda. Cara ini juga bisa membantu pencernaan terbiasa mengolah makanan yang lebih sedikit.

8.  Makan Kacang-Kacangan

Kebiasan mengkonsumsi kacang-kacangan juga bisa membantu menurunkan berat badan. Kacang-kacangan bisa menjadi camilan yang sangat menyehatkan. Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi kacang almond, kacang mete, kacang pecans, kacang pistachio dan jenis kacang lain. Semua jenis kacang-kacangan ini mengandung protein nabati dan serat yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi ini bisa membantu tubuh Anda mempertahankan rasa lapar yang berlebihan. Bahkan sumber nutrisi ini sangat penting untuk mendukung sistem metabolisme yang lebih baik.

9.  Batasi Konsumsi Makanan Berlemak

Tubuh Anda memang membutuhkan lemak yang bisa menjadi sumber kalori. Tubuh membutuhkan sumber kalori untuk sumber energi yang bisa membuat tubuh tetap bisa beraktifitas. Namun jika Anda ingin menurunkan berat badan maka hendaknya kurangi semua jenis makanan yang mengandung lemak tinggi. Ada beberapa jenis lemak yang berbahaya untuk tubuh seperti jenis lemak jenuh. Anda bisa menghindari semua jenis makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi seperti lemak pada daging merah, lemak dari kulit unggas dan lemak dari minyak sawit.

10. Gantikan Minyak Sawit dengan Minyak Zaitun

Jika Anda masih menggoreng atau memasak makanan dengan menggunakan minyak sawit, maka cobalah untuk menggantikan dengan minyak zaitun. Minyak sawit mengandung jumlah lemak jenuh dan lemak trans yang lebih tinggi. Lemak jenuh yang masuk ke dalam tubuh lewat makanan bisa mengendap dalam darah dan bisa membuat potensi kolesterol yang lebih besar.  Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mencoba menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun merupakan sumber lemak sehat seperti omega dan mengandung senyawa esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Minyak zaitun bahkan bisa dimakan secara langsung seperti untuk tambahan rasa pada salad.

11. Konsumsi Ikan Salmon

Jika Anda sangat suka dengan makanan yang terdiri dari daging merah, maka sekarang waktunya untuk makan ikan. Beberapa jenis ikan yang berlemak seperti ikan salmon bisa membantu menurunkan berat badan. Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang bisa membantu memecah lemak dan kolesterol dalam tubuh. Konsumsi setidaknya 200 gram ikan salmon selama satu minggu bisa membuat kolesterol turun. Cara ini juga sangat ampuh dalam menurunkan berat badan.

12. Minum Susu Rendah Lemak

Apakah Anda suka minum susu? Susu memang salah satu jenis minuman yang dibutuhkan oleh tubuh. Susu mengandung sumber nutrisi seperti protein, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan berbagai jenis nutrisi lain. Kalsium dalam susu bisa membantu membuat pertumbuhan tulang lebih baik dan mencegah pengeroposan tulang. Namun untuk menurunkan berat badan maka Anda bisa memulai untuk minum susu rendah lemak. Susu rendah lemak memiliki rasa yang lebih tawar dan cenderung kurang nikmat. Namun susu rendah lemak sangat baik untuk menurunkan berat badan karena tidak mengandung lemak jenuh.

13. Makan Yogurt Tanpa Gula

Mengkonsumsi yogurt menjadi salah satu rahasia untuk tetap sehat dan langsing. Yogurt mengandung probiotik alami dari bakteri yang di tanam di dalamnya. Bakteri yang menyehatkan ini akan membantu pekerjaan bakteri dalam usus. Proses pencernaan akan menjadi lebih baik dan membuat potensi penurunan berat badan menjadi lebih cepat. Namun perhatikan untuk tetap memilih jenis yogurt tanpa gula atau rendah lemak. Anda bisa melihat kandungan nutrisinya pada setiap kemasan.

Itulah, 13 rahasia agar berat badan turun dengan cepat secara alami. Jika Anda bersungguh – sungguh dalam melakukan hal diatas, dipastikan berat badan Anda akan turun dengan cepat. Dan hindari semua hal yang akan memicu kenaikan berat badan Anda. Selamat mencoba, semoga berhasil, dan yang lebih penting lagi dari semua itu adalah kesehatan. 

0 komentar

Post a Comment