Tips Menumbuhkan Rambut Yang Terlanjur Rontok Dengan Bahan Alami - Tampil cantik merupakan idaman setiap wanita di seluruh dunia. Setiap detail yang ada pada tubuhnya tak pernah luput dari perhatian. Rambut ialah hal yang dianggap penting tidak hanya oleh wanita namun pria. Bagi wanita rambut adalah salah satu bagian tubuh yang dapat menunjang penampilan. Masalah yang dikeluhkan sebagian besar orang adalah kerontokan. Masalah ini cukup menyita perhatian khususnya para wanita, maka dari itu tidak heran banyak sekali produk-produk shampo yang menawarkan perawatan rambut untuk mengatasi rambut rontok. Lalu, bagaimana cara mengatasi rambut rontok?

Masalah ini tidak hanya terjadi pada wanita tetapi juga dialami oleh kaum pria. Kerontokan masih dianggap wajar apabila jumlahnya kurang dari 100 helai per hari. Namun bagi wanita hal tersebut dapat menjadi masalah yang cukup besar karena dapat membuat rasa percaya diri berkurang. Agar hal itu tidak terjadi ada sebaiknya kita mengetahui lebih awal penyebab rambut rontok dan cara mengatasi rambut rontok tersebut.

Penyebab Rambut Rontok, Yaitu :

1.  Gangguan Hormon

Ada beberapa hormon yang dapat penyebabkan rambut rontok, yaitu Hormon Alopesia Androgenetik, Hormon Dihydro Testosterone (DHT), dan Hormon Alopesia Areata. Rambut rontok bisa terjadi karena gangguan hormon Alopesia Androgenetik. Hormon ini merupakan penyebab kebotakan yang paling banyak terjadi, dengan persentase sebesar 70% pada pria dan 40% pada wanita. Kebotakan karena hormon ini merupakan salah satu penyakit keturunan yang disebabkan oleh peningkatan sensitivitas genetik dari folikel rambut terhadap dihydrotestosterone (DHT).

Sedangkan Hormon Alopesia Areata adalah gangguan hormon yang mengakibtkan rambut menjadi pitak. Hormon ini diakibatan oleh penyakit yang disebut autonium. Pada kondisi ini, umumnya terjadi pada kalangan remaja dan dewasa muda. Namun kerontontokan jenis ini tidak bersifat permanen yang artinya rambut akan tumbuh kembali setelah satu tahun. Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan alopesia areata ini seperti diabetes, anemia penyakit tiroid, vitiligo dan persinius. Selain itu penyebab kerontokan pada wanita biasanya pada saat memasuki masa monopouse, masa kehamilan serta pengaruh penggunaan alat kontrasepsi.

2.  Penggunaan Bahan Kimia
Perawatan rambut yang terlalu berlebih dengan menggunakan bahan kimia menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Pewarnaan rambut yang terlalu sering dan menggunakan dosis yang berlebihan dapat memicu kerusakan rambut. Oleh sebab itu, telitilah sebelum melakukan pewarnaan pada rambut. Selain itu zat kimia yang digunakan pada proses pelurusan rambut atau rebounding. Proses pendiaman rambut selama 30 menit pada pelurusan rambut ini memperparah kerontokan yang akan dialami oleh rambut.

3.  Efek Samping Obat

Ada beberapa obat yang memiliki efek samping membuat rambut rontok. Diantarnya ialah obat yang digunakan untuk menangani depresi, obat pengencer darah, obat kemoterapi, dan kontrasepsi. Kerontokan akan berkurang apabila penggunaan obat dihentikan.

4.  Penyakit

Ada beberapa penyakit yang dapat membuat rambut menjadi rontok cukup parah. Penyakit kronis tersebut diantaranya ialah lupus dan diabetes. Selain itu pengaruh dari kemoterapi yang berdampak secara menyeluruh pada kulit kepala, wajah, dan tubuh. Kemoterapi ini tidak bersifat permanen dan rambut dapat tumbuh normal kembali setelah beberapa bulan berhenti menjalani kemoterapi.

5. Kehamilan

Banyak wanita yang mengalami kerontokan rambut pada saat hamil atau setelah melahirkan. Penyebab kerontokan rambut pada wanita ini terjadi secara alami dan akan pulih kembali umumnya setelah 3 bulan pasca melahirkan. Adapula wanita yang masih mengalami kerontokan setelah masa tersebut namun jumlah sudah berkurang.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan rambut menjadi rontok. Jumlah yang sedikit terkadang sering diabaikan, padahal jika terus didiamkan maka kepala akan menjadi botak. Sebelum hal itu terjadi lebih baik menghindari. Selalu perhatikan kandungan gizi yang kamu makan dan kurangi stres jika tidak ingin botak.

Setelah kamu tahu apa penyebab rambut rontok, sekarang kamu tidak perlu khawatir karena kita akan membahas cara mengatasi rambut rontok secara alami.

Tips Menumbuhkan Rambut Yang Terlanjur Rontok Dengan Bahan Alami Serta Penyebabnya

Cara Menumbuhkan Rambut Rontok Dengan Bahan Alami, Yaitu :

1.  Menggunakan Minyak Zaitun

Cara menghilangkan rambut rontok yang pertama adalah menggunakan minyak zaitun. Kita semua tahu, olive oil atau minyak zaitun memiliki banyak manfaat mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki bisa dimanfaatkan khasiatnya. Untuk mengobati rambut yang rontok dengan minyak zaitun caranya cukup mudah. Tuangkan minyak zaitun pada 1 sendok makan minimal 30 menit sebelum keramas, oleskan minyak zaitun dari akar sampai ujung rambut sambil memijat selama kurang lebih 2-4 menit secara perlahan. Setelah itu lakukan keramas seperti biasa menggunakan shampoo hingga bersih.

2.  Masker Buah - Buahan

Sebagain besar wanita pasti pernah melakukan perawatan creambath entah itu di salon atau melakukan sendiri dirumah. Masker yang biasa digunakan untuk creambath ini bisa kamu buat sendiri dirumah dengan beberapa jenis buah seperti pisang, alpukat, semangka dan melon. Membuat masker dari beberapa macam buah, cukup ampuh untuk mengatasi rambut rontok. Cara membuatnya sangat mudah. Blender sampai halus ke 3 macam buah tersebut lalu tambahakan 1 sendok yoghurt tanpa rasa aduk sampai merata. Setelah itu oleskan keseluruh rambut, tunggu sekitar 10-15 menit lalu bilas hingga bersih.

Tahukah kamu jenis buah diatas mengandung asam sitrat dan antioksidan yang baik untuk rambut kita. Pada buah alpukat dan yoghurt berkhasiat sebagai pelembab untuk rambut. Sedangkan buah pisang, semangka dan melon bisa membuat rambut kamu menjadi lebih berkilau dan sehat.

3.  Menggunakan Minyak Kemiri

Menggunakan minyak kemiri untuk mengatasi rambut rontok bukanlah hal yang baru, sejak jaman dahulu kemiri sudah dimanfaatkan untuk membantu menyuburkan rambut. Pada biji kemiri mengandung 60-66% minyak. Minyak inilah yang dimanfaatkan untuk mengatasi rambut rontok pada jaman dahulu hingga sekarang. Namun pada jaman sekarang, kita tidak perlu lagi ribet untuk mendapatkan minyak kemiri seperti dahulu. Kini kita sangat mudah untuk mendapatkan minyak kemiri di toko-toko sekitar obat herbal di sekitar rumah kita.

Untuk penggunaanya tidak sulit kamu cukup beberapa tetesan minyak kemiri ketelapak tangan, selanjutkan usapkan kepada seluruh rambut hingga akar rambut secara merata. Dan diamkan sekitar 1-2 jam sambil memberikan pijatan secara perlahan dikulit kepala. Setelah itu, bersihkan rambut (keramas) hingga bersih dengan shampo.


4. Menggunakan Lidah Buaya
Tanaman yang satu ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Lidah buaya sudah sangat terkenal sekali manfaatnya untuk mengatasi rambut rontok. Cara penggunanya pun sangat mudah. Kamu cukup mengambil 1 potong lidah buaya dan gunakan bagian dalamnya atau daging lidah buaya lalu oleskan pada rambut hingga merata. Diamkan sekitar 15-25 menit lalu kamu bisa membersihkan rambut dengan shampo dengan air bersih. Pada saat keramas sangat disarankan untuk menggunakan air yang mengalir.

5.  Menggunakan Santan

Selain untuk mengkilaukan rambut santan juga mampu untuk mengatasi rambut rontok. Cara penggunanya kamu hanya perlu menyiapakan segelas atau bisa disesuaikan dengan kondisi ketebalan rambut kamu. Lalu oleskan keseluruh permukaan rambut hingga mengenai kulit kepala hingga merata. Setelah 30 menit kamu bisa langsung bilas dengan shampo dan air bersih. Setelah menggunakan santan, hasil yang dapat dirasaan langsung adalah rambut kamu akan terasa licin dan mudah diatur serta berkilau. Untuk hasil yang maksimal gunakan santan ini minimal 2 kali dalam seminggu.

Demikianlah, beberapa hal yang menyebabkan rambut rontok dan cara menumbuhkan rambut rontok menggunakan bahan - bahan alami yang ada disekitar kita. Anda dapat mencoba salah satunya untuk mengatasi keluhan anda.  Jangan lupa sebelum Anda mencoba tips di atas, untuk mencuci rambut sampai bersih agar bahan – bahan alami tersebut dapat bekerja dengan optimal. Selamat mencoba...


0 komentar

Post a Comment