Buah Delima Memiliki Manfaat Mencegah Osteoartritis, Alzheimer, Kanker Prostat, Menjaga Kesehatan Kulit dll - Delima atau dalam bahasa latin bernama punica granatum adalah tanaman buah - buahan yang tumbuh subur dengan ketinggian mencapai 5 - 8 meter. Tanaman buah ini diperkirakan berasal dari daerah dataran Iran, namun saat ini telah banyak dikembangkan didaerah Mediterania. Buah delima dapat tumbuh didaerah subtropis dan tropis dengan ketinggian dibawah 1.000 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini biasanya dibudidayakan dipekarangan atau kebun sebagai tanaman obat, serta buahnya yang dapat dikonsumsi.

Buah delima memiliki 3 jenis varian yang berbeda, yaitu delima merah, delima putih dan delima ungu. Buah delima dalam pemanfaatannya sering kali digunakan sebagai bahan baku pembuatan sirup, rujak buah, salad buah serta digunakan sebagai bahan pembuatan jus, untuk pembuatan jus sebagaiknya juga memasukan biji delima karena dalam biji delima juga banyak mengandung senyawa polifenol yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Buah delima mengandung relatif tinggi kalori mencapai 83 kalori dari 100gram buah, namun tidak mengandung lemak dan kolesterol jenuh. Kandungan lainnya yang cukup tinggi pada buah delima adalah vitamin B kompleks , diantaranya folat, niacin, panthothenic acid, pryidoxine, riboflavin, dan thiamin serta juga mengandung beberapa vitamin pendukung seperti vitamin A, C, E dan K. Tak lupa kandungan kalium pada buah delima yang cukup mencapai 236mg . Dengan demikian, buah delima merupakan buah yang sarat akan nutrisi penting

Buah Delima Memiliki Manfaat Mencegah Osteoartritis, Alzheimer, Kanker Prostat, Menjaga Kesehatan Kulit dll

Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan

1. Mencegah Osteoartritis
Tahukah anda apa yang dimaksud dengan Osteoartritis? Osteoartritis adalah kondisi dimana sendi mengalami nyeri yang sangat mengganggu akibat terjadinya inflamasi ringan yang timbul karena adanya gesekan gesekan tulang penyusun sendi.

Dan menurut penelitian yang telah dilakukan oleh Case Western Reserve University , ekstrak delima menurunkan tingkat bahan kimia yang disebut interleukin-1b dan enzim yang mengikis tulang rawan penyebab terjadinya inflamasi. 

2. Mencegah Penyakit Alzheimer

Dalam studi yang telah dilakukan , buah delima dapat mencegah terjadinya penyakit alzheimer. Seperti yang kita tahu penyakit alzheimer biasanya menyerang orang tua lanjut usia mulai dari 50 tahun ke atas, dengan hilangnya daya ingat serta kosentrasi terhadap lingkungan sekitarnya, bahkan tidak mengenali dirinya sendiri.

3. Baik untuk Pencernaan

Buah delima juga kaya akan kandungan serat larut maupun tidak larut, yaitu sebesar 4g / 100g. Tentunya bila buah delima dikonsumsi secara rutin dapat bermanfaat bagi pencernaan.

4. Mencegah Kanker Prostat

Mengkonsumsi buah delima secara berkelanjutan juga efektif untuk mencegah serta melawan kanker prostat, diabetes dan limfoma.

5. Mencegah Aterosklerosis
Aterosklorosis merupakan suatu gangguan pada pembuluh darah yang diakibatkan oleh arteri yang mengalami penyumbatan karena penumpukan kadar kolesterol dan lemak. Sifat antioksidan pada buah delima dapat menghindari adanya kolesterol jahat. Dengan hal ini menunjukan bahwa buah delima dapat mencegah pengerasan dinding arteri , sehingga membebaskan arteri dari lemak dan mengalirkan darah dengan lancar bersama zat anti-oksidan.

6. Meningkatkan Keseburan dan Seksual
Pada penelitian yang dilakukan oleh lembaga C.P Hutan pada tahun 2007, menyatakan bahwa jus buah delima dapat meningkatkan ereksi pada pria . Hal ini mungkin disebabkan dengan adanya efek jus delima pada oksida nitrat , yaitu zat yang memungkinkan otot - otot pada dinding penis dapat mengalirkan darah.

7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Buah delima juga dapat digunakan sebagai obat alami menurunkan tekanan darah tinggi. Buah delima dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan memanfaatkan kandungan kalium yang sangat berdampak positif pada penderitan hypertensi.

8. Menjaga Kesehatan Kulit
Mengkonsumsi buah delima secara teratur juga dapat menjaga kesehatan kulit akibat paparan sinar matahari. Hal ini akan membantu memperpanjang umur fibroblas yaitu sel - sel yang bertanggung jawab membentuk kolagen dan elastin. Kalogen dan elastin membantu menjaga warna kulit serta fleksibilitas kulit.

 9. Menaikkan Perut Yang Turun Sehabis Melahirkan
Dalam sebuah acara tentang kesehatan, juga menyebutkan bahwa konsumsi buah delima sehabis melahirkan sangat baik untuk menaikan perut yang turun, yang sering terjadi pada Ibu – ibu sehabis melahirkan. Selain itu mengkonsumsi buah delima sehabis melahirkan juga dapat membersihkan darah kotor yang masih tersisa dan mempercepat penyembuhan luka.

Demikianlah, manfaat yang terkandung dalam buah delima uantuk kesehatan, sesuaikanlah konsumsi buah dengan kebutuhan tubuh anda, uantuk mendapatkan manfaat yang optimal. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang membacanya.

0 komentar

Post a Comment