Khasiat, Gizi dan Efek Samping Mengkonsumsi Sayuran Taoge Bagi Tubuh – Taoge merupakan jenis sayuran yang biasa kita konsumsi, yang berasal dari kecambah kacang – kacangan. Kecambah yang biasa kita konsumsi umumnya dari kacang hijau dan kacang kedelai. Kecambah ini ada yang dimakan mentah sebagai lalapan dan ada juga yang di masak terlebih dahulu. Seperti cah kangkung taoge, urap taoge kacang panjang dan lain – lain. Berbeda di Amerika dan negara barat lainnya, mereka membuat kecambah dari biji sayur seperti dari biji brokoli. Semua kecambah tersebut dapat di konsumsi mentah maupun di masak terlebih dahulu. Hal itu tidak mengurangi nilai gizi yang terkandung di dalamnya, untuk lebih jelasnya mari kita simak saja uraian di bawah ini dengan lengkap dan jelas.

A. Gizi dan Manfaat Taoge Lengkap

a) Menyediakan Zat Gizi Yang Mudah Dicerna.
Selama proses perkecambahan berlangsung, karbohidrat, lemak dan protein di ubah menjadi  bentuk yang lebih sederhana. Senyawa sederhana ini lebih mudah dicerna dari pada senyawa utuh. Karena itu, zat gizi kecambah pun lebih mudah dicerna dibandingkan dengan bentuk utuhnya. Cocok dengan semua jenis sayuran, di konsumsi mentah maupun dimasak

Kacang – kacangan utuh kaya protein, tetapi sulit dicerna tubuh karena terikat dengan komponen lain yang menyulitkan tubuh untuk menyerapnya. Adanya zat anti gizi menyebabkan sebagian besar protein tidak dapat diserap tubuh.

Zat antigizi yang di maksud adalah antitripsiin, hemaglutinin, oligosakarida, dan asam fitrat. Melalui perkecambahan, senyawa penghalang tersebut akan di kurangi sehingga zat gizi yang ada bisa menjadi bentuk yang mudah diserap tubuh.

Perkecambahan pada dasarnya merupakan proses hidrolisis, yakni reaksi kimia yang melibatkan air. Perkecambahan merupakan proses perombakan ( katabolis ) yang menyediakan zat gizi untuk pertumbuhan embrio.

b) Menyediakan Karbohidrat Yang Mudah di Serap Tubuh

Karbohidrat yang merupakan cadangan makanan utama yang di rombak menjadi alfa-amilase dan beta-amilase. Alfa-amilase merombak pati menjadi dekstrin yang selanjutnya oleh beta-amilase di ubah menjadi maltosa.

Melalui serangkaian reaksi enzimatis, maltosa diubah menjadi glukosa dan fruktosa yang siap diserap tubuh. Dengan proses ini, kadar glukosa pada kecambah naik sepuluh kali lipat lebih tinggi dibandingkan saat masih berupa kacang.

Sementara itu, kadar fruksota menjadi dua kali lipat lebih tinggi. Karbohidrat yang tak terserap tubuh ( galaktosa ) akan hilang. Dengan demikian perkecambahan akan meningkatkan total gula yang dapat di manfaatkan oleh tubuh.

Mineralnya Tak Mudah Diserap – Kita ketahui bahwa kacang- kacangan adalah pangan yang kaya akan mineral. Namun, mineral yang di milikinya tidak dapat diserap tubuh secara optimal. Hal ini disebabkan adanya zat antigizi berupa asam fitat yang bereaksi dengan protein dan menyebabkan terjadinya ikatan dengan ion Ca, Mg, Fe dan Ze.

Walaupun kadarnya cukup tinggi, mineral dalam kacang – kacangan kerap berada pada kondisi yang tidak dapat di serap oleh tubuh. Jadi sama saja mubazir. Dalam jumlah banyak asam fitat juga akan mengurangi ketersediaan mineral yang telah tersedia dalam tubuh yang berasal dari makanan lain.

Proses perkecambahan akan menonaktifkan kerja asam fitat. Dengan demikian, mineral – mineral yang di butuhkan tubuh pun menjadi tersedia. Karena itu, untuk mendapatkan manfaat yang sebanyak – banyaknya, sebaiknya kita mengkonsumsi kacang – kacangan yang telah di kecambahkan atau di fermentasikan menjadi makanan olahan, seperti tahu dan tempe, bukan dalam bentuk utuh.

Khasiat, Gizi dan Efek Samping Mengkonsumsi Sayur Taoge Bagi Tubuh Yang Wajib Anda Ketahui

c) Kaya Akan Asam Amino

Proses Perkecambahan juga akan meningkatkan kadar asam amino pada kacang – kacangan secara nyata. Sama halnya dengan protein, asam amino, bertugas dalam proses pertumbuhan, mengatur keseimbangan cairan tubuh, dan mengatur segala proses yang berhubungan dengan metabolisme tubuh. Setiap asam amino memiliki peran yang berbeda – beda.

Taoge sangat kaya akan berbagai macam kandungan asam amino esensial. Karena itu, mengkonsumsi taoge akan membantu memenuhi kebutuhan asam amino yang tidak dapat di produksi oleh tubuh.
Kandungan Vitamin C Meningkat – Secara alami, kacang – kacangan kering tidak mengandung vitamin C. Namun, karena proses perkecambahan, akan menghasilkan vitamin C meskipun kadarnya tidak terlalu besar. Kedelai yang di kecambahkan dalam waktu 48 jam akan menghasilkan vitamin C sebesar 12 mg/ 100g.

Pada kacang hijau, peningkatan kadar vitamin C terjadi setelah 36 jam di kecambahkan, namun akan turun dengan sendirinya seiring dengan pertumbuhan embrio yang biasa kita sebut dengan kecambah.
Menurut Peneliti dari University of Pennsylyvania menyatakan bahwa kacang hijau yang baru berkecambah mengalami peningkatan kadar vitamin C yang sangat drastis, yakni dari 108 mg/ 100 g menjadi 706 mg/ 100 gr. Dengan kata lain kandungan vitamin C meningkat sebesar tujuh kali lipat dari kandungan vitamin C asal.

Proses perkecambahan juga akan meningkatkan kadar vitamin B1, B2, B3, B6, B9 dan vitamin E. Peningkatan kadar vitamin B berkisar 25 – 30 %, sedangkan vitamin E meningkat 3-5 kali dari semula.

Dengan melihat penjelasan di atas, sebaiknya biji –bijian yang dikecambahkan dimakan setelah cukup umur, yakni setelah ukurannya cukup panjang. Hal ini adalah untuk mendapatkan gizi yang lebih optimal.

d) Menjaga Kesehatan Jantung

Selain kaya zat gizi yang lebih baik dibandingkan dengan bentuk utuhnya, kecambah juga memiliki beberapa manfaat lain yang berguna bagi kesehatan. Mengkonsumsi kecambah berguna untuk menjaga kesehatan jantung, sebab dapat menurunkan kadar kolesterol yang berpotensi menyumbat pembuluh darah yang berakibat pada jantung koroner.

e) Mencegah Kenaikan Tekanan Darah

Adanya senyawa peptida pada embrio yang baru tumbuh akan menghambat aktivitas angiostin I converting ( ACE ) sehingga menghambat perubahan angiosten I menjadi angiosten II. Hal ini sangat perlu untuk mencegah kenaikan tekanan darah. Proses ini sangat berarti bagi para penderita hipertensi. Karena itu, taoge baik dikonsumsi bagi penderita hiper-kolesterol dan penderita hipertensi.

B. Efek Negatif Taoge 

Selain kelebihan -  kelebihan diatas mengkonsumsi sayur taoge, terdapat juga kekurangan maupun efek samping. Terutama bagi Anda yang menderita penyakit  tertentu. Bagi Anda yang masih sehat sangat baik mengkonsumsi semua jenis sayuran karena sayuran memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi yang aman bagi Anda. Efek negatif mengkonsumsi taoge tidak banyak, berikut penjelasannya dibawah ini :

1. Vitaminnya Mudah Hilang

Taoge mengandung banyak vitamin yang larut dalam air. Saat di rebus, vitamin tersebut banyak yang hilang, apalagi jika proses memasak yang lama dan penguapan. Untuk itu di sarankan jika memasak taoge cukup dalam waktu yang singkat kira – kira satu menit. Atau jika tidak direbus, maka taoge cukup di kukus atau diseduh dengan air panas dan segera di tiriskan untuk meminimalisir vitamin yang terbuang. Selain itu hanya  untuk menghilangkan bau langu yang sebagian orang tidak menyukainya, serta agar taoge mudah dicerna.

2. Meningkatkan Kadar Asam Urat

Kandungan purin taoge termasuk dalam kategori sedang atau jika di kelompokkan termasuk kelompok B. Karena itu, bagi Anda yang memiliki penyakit asam urat kronis sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi taoge bahkan tidak sama sekali dari pada Anda harus menahan rasa sakit setelah mengkonsumsi sayuran ini. Namun jika Anda tetap ingin mendapatkan manfaat dari taoge, sebaiknya sayuran ini jangan di konsumsi bersama makanan yang tinggi kandungan purinnya.

Tabel Kandungan Nutrisi Pada 100 gram Taoge Kacang Hijau dan Taoge kacang kedelai, berikut ini :


Komponen Gizi
Taoge Kacang Hijau
Taoge Kedelai
Energi
Protein
Lemak
Karbohidrat
Kalsium
Fosfor
Zat Besi
Vitamin A
Vitamin B1
Vitamin C
23 kcal
2,9 g
0,2 g
4,1 g
29 g
69 mg
1,0 mg
10 mg
0,07 mg
15 mg
67 kcal
9,0 g
2,6 g
6,4 g
50 g
65 mg
1,0 mg
110 mg
0,23 mg
15 mg


Sumber : Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI ( 1992 )
Sumber Info : AgroMedia

0 komentar

Post a Comment